Langsung ke konten utama

Cara Merubah Ukuran Ikon di Windows 10

Terdapat 3 perubahan ukuran ikon di Windows 10 yang akan Anda lakukan menggunakan panduan ini yaitu mengubah ukuran ikon pada Desktop, ikon di Taskbar, dan juga di Windows Explorer.

Pengaturan ukuran ini sebenarnya sesekali saya lakukan. Ibaratnya untuk ganti suasana saja. Misalnya kalau ikon di desktop besar, tentu akan memerlukan ruang yang lebih dibanding ikon berukuran kecil. Mengubah ukurannya dari besar ke kecil ini cukup terasa menyenangkan mata dan perasaan. Jadi sedikit lega karena ruang desktop untuk penempatan ikonnya menjadi lebih luas.

1. Cara merubah ukuran ikon di layar Desktop

Salah satu cara mengakses aplikasi hasil instalasi adalah melalui ikon pintasan yang disematkan di desktop. Jika tertarik untuk mengganti ukuran ikon aplikasi dan software yang ada, cukup klik kanan pada bagian kosong di desktop lalu pilih View.

Cara merubah ukuran ikon aplikasi di Desktop

Mengenai pilihan ukuran ikon ini, Anda bisa memilih Large icons (Besar), Medium (Sedang) atau Small (Kecil).

2. Merubah ukuran ikon di Taskbar

Untuk taskbar, tentu akan memiliki pengaturan tersendiri. Klik kanan pada taskbar lalu klik Taskbar Settings. Setelah itu, aktifkan opsi Use small taskbar buttons.

Cara merubah ukuran ikon taskbar di Windows 10

Menggunakan cara ini berarti hanya akan ada 2 ukuran yang bisa diterapkan yaitu ukuran bawaan dari Windows 10 dan juga ukuran kecil sebagaimana langkah diatas.

3. Merubah ukuran ikon di Windows Explorer

Nah kalau di Windows Explorer untuk ikonnya ada segala macam. Mulai dari folder hingga detail ke berbagai jenis format file yang berbeda-beda.

Untuk mengganti ukuran tampilannya saat berada di explorer, bisa diakses melalui menu View. Setelah itu akan muncul berbagai pilihan ukuran seperti gambar berikut.

Mengganti tampilan ukuran ikon dan file di Windows Explorer

Tepatnya ada 8 ukuran tampilan yang bisa dipilih. Silahkan mau menggunakan yang mana sesuai keinginan Anda.

Baca juga: 21 Tips dan Trik Menggunakan Google Chrome

Sekian panduan dasar ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merubah Ekstensi File di Windows 10

Format atau ekstensi file di laptop Anda pasti akan sangat beragam. File dokumen bisa memiliki ekstensi .docx jika menggunakan WPS Office ataupun Microsoft Office Word, .txt, .pdf, .xlsx untuk dokumen Excel dan masih banyak lagi. Begitu juga foto/gambar dengan format .jpeg, .jpg, .png, maupun .gif dan sebagainya.

Sangat variatif karena banyaknya jenis file yang ada.

5 Elemen Dasar Desain Eksterior Rumah atau Bangunan

Jika anda ingin mengetahui lebih dalam mengenai apa itu desain eksterior untuk menciptakan rumah yang indah dan elegan tentunya harus memahami elemen-elemen yang menjadi dasar pembentuk sebuah bangunan tersebut. Elemen-elemen ini memiliki peran yang signifikan dalam mewujudkan keindahan dan fungsi yang tepat sehingga suatu bangunan menjadi seimbang sesuai dengan penggunaan material yang akan digunakan serta model dan gaya yang diinginkan.

Cara Agar Ikon Folder Tidak Menampilkan Thumbnail File Didalamnya

Di Windows 10 dan versi sebelumnya, ketika menampilkan ikon folder dalam ukuran yang besar (large) biasanya juga akan menjadikan isi folder tersebut sebagai bagian dari bagaimana folder ditampilkan ke pengguna. Misalnya isi folder Anda adalah beberapa foto. Maka salah satu diantara foto tersebut akan menjadi thumbnail dari tampilan folder. Ikon folder yang awalnya seperti hanya terdiri dari 1 warna kemudian bercampur dengan berbagai warna bahkan foto yang ada didalamnya.