Semoga Tetap Semangat Untuk Berbagi Lewat Artikel di Blog

Semoga Tetap Semangat Untuk Berbagi Lewat Artikel di Blog

Horeeee! Blog ini akhirnya telah memiliki lebih dari 100 artikel yang dipublikasikan. Bagi saya ini sangatlah spesial karena pertama kalinya memiliki 1 blog dengan jumlah postingan yang demikian. Bukan prestasi luar biasa memang. Apalagi jika dibandingkan blogger lain yang bahkan sudah sampai ribuan postingan.
Harapan blog
Namun saya tetap bersyukur.

Hal yang awalnya terasa berat, ternyata saat ini justru sangat memuaskan. Jika di kalkulasi dengan artikel lain pada blog yang berbeda, jumlahnya mungkin belum akan mencapai angka 1 ribuan. Namun hingga saat ini, hanya blog inilah yang artikelnya menyentuh angka seratus-an. Hal inilah yang membuat saya semakin kegirangan secara berlebihan.

Kenapa awalnya terasa berat?

Awal membuat blog ini murni hanyalah sebagai media untuk curhat. Bukan hanya melampiaskan isi perasaan yang melo-melo saja, namun segala hal yang ada di pikiran namun membatasi untuk tidak mempublikasikannya di blog lain.

Sebelum mencapai sekitar 20 artikel yang ada di blog ini, isinya bahkan sangat tidak penting sama sekali menurut saya. Gak ada faedahnya untuk kehidupan. Tapi toh tetap saya publikasikan. Selang waktu berjalan, akhirnya memutuskan untuk tetap menulis.

Terlebih, ingin menantang diri sendiri apakah akan mampu menulis 100 artikel atau tidak hanya dalam 1 blog saja. Dan Alhamdulillah, hingga tanggal 2 April 2018 kemarin pas mencapai target tersebut. Tepat 3 bulan ketika postingan pertama pada tanggal 2 Januari 2018.

Jika diasumsikan bahwa sebulan adalah 30 hari, maka dalam kurun waktu 3 bulan tersebut saya hanya mampu mempublikasikan 1 artikel perhari saja. Lebihnya menjadi draft dan mungkin baru diselesaikan keesokan hari.

Terkadang juga dalam sehari memborong hingga 3 artikel untuk membayar waktu lain yang tidak ter-update.

Tentu saja saya masih memiliki banyak kekurangan, bahkan kelalaian saat mengelola blog. Terlebih sangat jelas masih kurang produktif dalam mengelola blog ini. Mungkin juga karena masih meng-anak tirikan blog ini karena ada beberapa blog lainnya yang terlebih dahulu dibangun dan di-monetisasi.

Dengan memiliki target yang dalam hal ini adalah menulis hingga 100 postingan, saya merasakan betapa pentingnya penetapan tujuan tersebut sebagai "cambuk" bagi diri sendiri. Saya juga sadar bahwa penyebab lambatnya peningkatan jumlah artikel atau cukup lamanya mencapai angka ratusan ini karena tidak adanya langkah-langkah awal yang saya tetapkan bagaimana untuk mencapai target yang telah saya tentukan sendiri.

Yang ada di pikiran saya hanyalah tetap menulis. Apapun itu. Makanya isi blog ini tidak jelas. Meskipun secara diam-diam saya juga tetap berharap ada salah satu atau beberapa isinya yang mungkin bermanfaat bagi pengunjung yang datang.

Berkaca dari pengalaman ini, saya jadi kepikiran pada pengelola atau blogger lainnya yang telah mampu menelurkan hingga ribuan artikel atau yang melibihi apa yang telah saya lakukan. Tidak terbayang betapa susahnya perjuangan mereka dan segala pengorbanan yang telah dikerahkan.

Dengan apa yang telah mereka lalui, terkadang masih ada yang harus merasakan bahwa artikelnya "dicuri" oleh blogger sesamanya tanpa izin sedikitpun. Dan, semoga saya tidak menjadi bagian dari kegiatan yang serupa. Mengingat bahwa menulis itu tidak semudah yang dibayangkan, meskipun juga tidak sesulit yang kita pikirkan.

Tanpa bermaksud mendramatisir, namun pengalaman berhasil membuat 100 artikel ini saja sudah lebih dari cukup untuk belajar lebih menghargai lagi hasil karya orang lain. Dan terkait penghargaan ini sendiri, saya pun masih memiliki banyak kekurangan. Meskipun sejak awal telah memantapkan diri untuk tidak melakukan copy paste.

Waktu 3 bulan untuk blog ini telah terlewati walaupun awalnya terasa mustahil. Namun dengan semangat untuk tetap berbagi, hal tersebut cukup memotivasi dalam pencapaian targetnya. Ada beberapa yang akan masuk dalam evaluasi, terutama untuk diterapkan pada blog-blog utama.

Dan entah akan bagaimana nasib blog ini kedepannya. Namun saya berharap semoga tetap mendapatkan alasan dan motivasi yang cukup untuk tetap membagikan hal-hal yang menurut saya positif.

Begitu juga untuk blogger lainnya semoga tetap bisa semangat.

Mungkin saat ini kita tidak secara langsung bisa melihat manfaat tulisan kita pada diri orang lain (pengunjung).  Tapi, bisa jadi... Lewat ketikkan jari-jemari Anda, ada pengetahuan yang telah mengubah hidup orang lain yang membacanya.

Dan, terima kasih untuk itu.


EmoticonEmoticon