Langsung ke konten utama

21 Tips dan Trik Menggunakan Google Chrome

Ber-Internet ria di dunia maya sepertinya tidak "sah" dan seolah mustahil dilakukan tanpa kehadiran sebuah browser. Saya sendiri kerap kali menggunakan Google Chrome sebagai pilihan utama dibanding yang selainnya. Meskipun harus juga diakui bahwa kita seolah "dipaksa" untuk mengunakan Microsoft Edge di Windows 10. Imbas dari meng-install Sistem Operasi besutan Microsoft ini.

Karena seringnya menggunakan Chrome, ada beberapa tips dan trik yang terkadang saya temukan secara tidak sengaja dan juga hasil mendapatkan informasi dari situs dan blog lainnya. Seidaknya akan ada 21 poin yang akan disampaikan dalam artikel ini terkait hal tersebut.

Silahkan dibaca tuntas dan ambil informasi mana saja yang Anda butuhkan.

1. Menggunakan Incognito Window

Agar tidak ada file history sehingga tidak perlu lagi menghapus riwayat di Google Chrome. Dengan mode ini, browser Anda tidak akan melacak riwayat penelusuran dan penggunaannya, juga tidak akan menyimpan cookies, lokasi dan sebagainya.

Selain itu, Anda juga diberikan pilihan agar riwayat penelusuran Anda selama menggunakannya tidak akan diketahui oleh orang-orang yang menggunakan perangkat yang sama. Apalagi jika pernah mengakses sesuatu yang sifatnya pribadi dan tidak menginginkan siapapun mengetahuinya. Apaan tuh?!

Cukup dengan menuju pengaturan dan pilih New Incognito Window, maka tampilan browser baru akan muncul. Bisa juga dengan menekan Ctrl + Shift + N.

Tapi bukan berarti bahwa mode incognito ini tidak akan memonitor aktivitas Anda ya. Bagaimana pun, pihak Google tetap bisa melakukan pemantauan perilaku penggunanya terutama lewat IP Address.

2. Memindahkan beberapa tab secara bersamaan

Ketika memakai Chrome, kadang juga kita membuka banyak tab dari berbagai situs dan blog. Bahkan, tidak sekali dua-kali kita memindahkan tab-tab tersebut sesuai urutan yang kita inginkan.

Kalau ingin menggeser 5 tab, pasti Anda sebelumnya akan melakukannya 5 kali juga kan? Namun ternyata Anda bisa kok menggesernya secara bersamaan, cukup sekali saja. Caranya adalah tekan dan tahan tombol Ctrl pada keyboard, lalu gunakan mouse Anda untuk memilih (klik 1X) pada masing-masing tab. Setelah itu, Anda bisa langsung menggeser kesemua tab yang telah dipilih sebelumnya ke lokasi lainnya.

3. Mengembalikan atau membuka kembali tab yang tidak sengaja ditutup

Pasti banyak kan yang melakukan ke-tidaksengajaan ini?! Ngaku hayooo. Padahal mungkin tab tersebut sangat penting bagi Anda dan (tentu saja) tidak mengingat URL dari artikel yang ingin Anda baca. Gak perlu khawatir, apalagi sampai harus galau seperti pasangan yang tidak jelas hubungan asmaranya. Cukup tekan Ctrl + Shift + T pada keyboard dan abra kadabra, cling! Tab tersebut langsung bisa ditampilkan kembali seperti semula. Seolah diberi kesempatan kedua oleh pasangan Anda.

Bisa juga melakukan klik kanan pada bagian atas Chrome yang sejajar dengan posisi tab yang ada (bagian kosong) dan pilih Reopen closed tab.

Tapi....

Kedua cara tersebut tidak bisa dilakukan ketika berada dalam mode incognito.

4. Membuka situs di Bookmark pada tab baru

Jika Anda ingin membuka situs tertentu yang telah Anda bookmark sebelumnya pada tab baru tanpa harus menghapus atau berpindah dari tab yang Anda aktif saat ini, silahkan tekan Ctrl dan klik pada website yang ada pada Bookmark bar tersebut. Dan secara otomatis, situs akan terbuka di tab baru. Bisa juga dengan klik kanan pada situs hasil bookmark dan pilih Open in new tab. Dengan cara yang kedua ini, bahkan Anda bisa membukanya pada mode incognito.

5. Berpindah antar tab menggunakan shortcut

Jalan pintas (shortcut) dari beberapa tombol keyboard bisa juga digunakan untuk berpindah antar tab yang satu ke lainnya. Fitur ini dibatasi hanya pada sejumlah (maksimal) pada 9 tab saja. Caranya adalah tekan Ctrl + Angka/Nomor yang ada di keyboard. Misalnya Ctrl + 3, maka nanti Anda akan langsung ditampilkan tab ke-3. Tab yang paling kiri adalah yang nomor 1, setelahnya adalah nomor 2 dan begitu juga seterusnya secara berurutan hingga nomor ke-9.

6. Penelusuran kata dan kalimat pada search engine di tab baru

Pernah gak waktu baca-baca artikel dan didalam konten tersebut terdapat kata atau kalimat yang ingin Anda cari informasi lanjutannya tanpa harus mengetikkannya lagi?

Agar lebih memudahkan, silahkan blok atau seleksi kata dan kalimat tersebut lalu klik kanan dan pilih Search Google for "kata yang telah diblok tadi." Sesaat kemudian, akan muncul tab baru untuk penelusuran dari frasa yang baru saja Anda seleksi sebelumnya.

7. Bookmark link yang terdapat dalam konten artikel

Dalam suatu artikel, sudah hal yang biasa jika terdapat link menuju halaman lain baik di situs atau blog itu sendiri maupun keluar menuju website lainnya. Jika ada diantara link-link tersebut ingin Anda simpan ke Bookmark browser Chrome tanpa harus membuka (klik) link tersebut, ternyata sangat memungkinkan untuk dilakukan.

Caranya adalah dengan melakukan klik + tahan mouse Anda dan arahkan langsung pada Bookmark bar. Setelah itu, lepas mouse Anda dan link yang barusan Anda geser akan otomatis tersimpan.

8. Membuat link situs tertentu berada di Desktop

Tampilan Desktop laptop atau PC biasanya ada yang berupa folder, file tertentu, dan juga aplikasi atau software yang di-install. Siapa sangka bahwa link dan URL situs tertentu juga bisa kita simpan di Desktop. Apalagi jika Anda memiliki situs atau blog favorit namun memutuskan juga untuk tidak hanya menyimpannya sebagai hasil bookmark, namun sebagai shortcut khusus di Desktop.

Caranya yaitu, ketika membuka alamat blog atau artikel tertentu yang ingin disimpan, klik pada bagian atas kanan untuk mengakses pengaturan Chrome (tanda titik 3) lalu pilih More tools > Add to Desktop. Lihat hasilnya.

9. Akses situs tertentu saat pertama kali membuka Google Chrome

Misalnya ketika pertama kali dan setiap kali membuka Google Chrome, Anda ingin langsung menuju blog tertentu secara otomatis. Katakanlah PinkFavor.blogspot.com. Apakah bisa?

Ya iyalah. Google gito lohhhh!

Caranya yaitu dengan membuka menu Settings lalu cari opsi On startup. Aktifkan pada pilihan Open a specific page or set of pages > Add a new page. Setelah itu akan muncul tampilan untuk memasukkan URL situs (site URL). Nah, silahkan diisi dengan alamat blog atau situs yang diinginkan. Dalam contoh ini, saya akan meng-input alamat blog PinkFavor seperti di awal saya jelaskan.

Menuju situs spesifik saat membuka Chrome

10. Manfaatkan Profile/People untuk Anak Anda

Orang tua juga bisa memantau penggunaan Chrome jika ada diantara anak Anda yang sering memakainya. Setidaknya, salah satu fitur yang bisa diaktifkan adalah Safe Search agar pengalaman berselancar bisa lebih aman lagi. Bisa juga kan untuk mencegah akses untuk situs dewasa.

Untuk pembuatan profilenya sendiri ada pada bagian pengaturan. Silahkan diutak-atik. Semoga pada kesempatan lain bisa menulis tentang ini. Ditunggu ya.

11. Halaman terselubung di Chrome

Kalau mau utak-atik dan juga belajar tentang Google Chrome, sudah disediakan halaman khusus untuk itu. Halaman ini sepertinya dikhususkan bagi pengembang dan programmer yang membutuhkan pengalaman dan pengetahuan lebih lanjut. Salah satunya adalah dengan mengakses chrome://chrome-urls. Penasaran apa saja yang ada disana? Langsung saja ketikkan pada address bar Anda.

12. Merubah lokasi folder hasil download

Di laptop saya sendiri, secara default - biasanya lokasi folder penyimpanan hasil download dari Chrome adalah C:\Users\user\Downloads. Mungkin juga akan sama pada kebanyakan pengguna lainnya. Pokoknya, jika belum dilakukan pengaturan maka akan mengikuti pengaturan bawaan dari Google Chrome itu sendiri.

Namun, jika Anda ingin memindahkannya ke drive dan folder lainnya, silahkan buka Settings. Setelah itu, cari opsi Downloads lalu klik pada Change. Kemudian, silahkan tentukan dimana lokasi yang Anda inginkan. Dan seterusnya, setiap melakukan download, hasilnya akan secara otomatis tersimpan di folder dalam drive tersebut.

Folder penyimpanan file download di Chrome

Namun, Anda juga bisa menentukannya secara manual di lokasi yang berbeda-beda. yaitu dengan mengaktifkan fitur Ask where to save file before downloading. Saat Anda akan mulai mengunduh file, akan ada kotak dialog baru yang muncul dan menanyakan kepada Anda dimana file tersebut akan disimpan. Jika fitur ini aktif, maka proses tersebut akan ditanyakan secara terus-menerus.

13. Memperbesar (zoom-in) dan memperkecil (zoom-out) tampilan halaman

Pernah mengakses blog yang tampilan gambar dan teksnya mungkin terlalu kecil atau kebesaran bagi Anda?

Jika iya, Anda bisa memanfaatkan cara melakukan pembesaran dan pengecilan tampilan dengan sangat mudah. Cukup tekan dan tahan tombol Ctrl pada keyboard sambil memutar tombol mouse (scrolling) ke depan untuk memperbesar dan ke belakang untuk memperkecil tampilan halaman yang sedang diakses.

14. Scrolling halaman situs tanpa mouse

Dengan menggunakan keyboard, navigasi halaman di Chrome bisa juga dilakukan dengan mudah. Cara pertama adalah memanfaatkan 4 tombol keyboard yang bersimbol tanda panah ke kanan, kiri, atas dan bawah. Kalau yang ini mungkin sudah diketahui atau dianggap bukan hal baru lagi, kan?!

Namun, ada juga cara kedua yang bisa Anda lakukan yaitu cukup dengan menekan Space bar (tombol spasi). Cobain, deh!

15. Menggunakan beberapa shortcut di keyboard untuk halaman yang kemungkinan akan sering diakses

Karena adanya perbedaan perilaku pengguna dalam menggunakan Chrome, maka halaman-halaman yang diakses pun menjadi lebih beragam. Oleh karena itu, saya hanya akan merinci beberapa saja yang saya anggap mungkin akan sering diakses namun kali ini menggunakan shortcut, yaitu:
  • Menghapus riwayat dengan menekan Ctrl + Shoft + Delete.
  • Membuat tab baru dengan Ctrl + N.
  • Membuka mode Incognito dengan Ctrl + Shift + N.
  • Melihat halaman download menggunakan Ctrl + J.
  • Bookmark halaman dengan Ctrl + D.
  • Akses pengaturan Bookmark (Bookmark Manager) memakai Ctrl + Shift + O.
  • Menyimpan (unduh) halaman situs tertentu dengan Ctrl + S.
  • Close atau menutup (keluar) dari Google Chrome dengan tombol Ctrl + Shift + Q.

16. Memainkan game T-Rex "si Dinosaurus"

Saat halaman yang dimuat error karena tidak terhubung ke internet, biasanya akan ada gambar dinosaurus di halaman Chrome. Si T-Rex tersebut juga merupakan game yang bisa dimainkan oleh pengguna. Bisa juga dimunculkan dengan mengkases chrome://network-error/-106.

Selamat menikmati sambil menunggu koneksi internet hidup kembali. Kali aja bisa sedikit mengusir kebosanan.

17. Menggunakan Task Manager

Tidak hanya sistem operasi Windows 10 saja yang memiliki Task Manager, di Chrome pun tersedia. Untuk membukanya, pilih More tools > Task Manager pada bagian menu untuk membuka pengaturan.

Setelah terbuka, Anda bisa melihat tab yang terbuka, extensions, dan sebagainya dengan berbagai proses yang bisa di monitor. Dari sini, kita juga bisa menutup tab, me-nonaktifkan ekstensi tertentu, dan masih banyak lagi.

18. Menyimpan halaman website dalam bentuk PDF

Tidak hanya menyimpannya dengan format html/htm, namun blog yang sedang Anda baca saat ini bisa juga di-save menjadi PDF. Klik kanan di dalam halaman situs yang ingin Anda simpan lalu pilih Print. Bisa juga dengan menekan tombol Ctrl + P. Pada dialog yang muncul, arahkan pada bagian Destination lalu klik Change. Setelah itu, pilih pada opsi Save as PDF. Untuk mengunduhnya, klik Save lalu tentukan lokasi penyimpanan file tersebut. Beres!

Penyimpanan halaman blog ke file PDF

Mengenai tampilan tentu akan berbeda-beda tiap website. Meskipun dalam fitur ini Anda juga bisa melakukan pengubah-sesuaian tampilan.

19. Memperkecil ukuran tab

Jika Anda membuka banyak tab, tentu fitur ini akan sangat berguna karena ukuran tab menjadi lebih kecil (pendek, tidak memanjang). Anda bisa melakukannya dengan memilih tab yang ingin diubah ukurannya, lalu klik kanan dan pilih Pin tab. Dengan ini maka, tampilan tab hanya akan menunjukkan ikon dari situs yang ada. Dan Anda akan bisa menampilkan lebih banyak tab lagi karena lebih menghemat ruang yang ada.

20. Menampilkan tombol beranda (home)

Katakanlah tombol beranda ketika diklik akan mengarahkan Anda menuju blog pribadi atau situs favorit. Bisa juga dimanfaatkan menuju alamat mesin pencari tertentu seperti Google, Bing, Yandex dan sebagainya.

Dari pada mengetikkannya yang biasanya kita sendiri malas, manfaatkan saja Home yang sudah disediakan. Silahkan buka pengaturan (settings), lalu cari fitur Appearance. Kemudian aktifkan Show Home Button yang ditandai dengan warna pilihan menjadi biru. Setelah itu saudara-saudara, klik pada kotak Enter custom web address lalu ketik alamat situs yang ingin Anda jadikan tujuan ketika menekan tombol home nantinya.

Tombol Home di Chrome dan mengisinya dengan situs tertentu

Untuk tombolnya sendiri, akan ditampilkan pada bagian atas sebelah kiri Google Chrome. Biasanya berada di sebelah kanan refresh/reload dengan ikon seperti sebuah rumah.

21. Melakukan perhitungan matematis di Chrome

Yes. Anda juga tidak perlu lagi membuka aplikasi kalkulator jika menggunakan Chrome dan sudah terkoneksi ke jaringan internet. Cukup masukkan persamaan matematikanya ke dalam address bar yang biasanya digunakan untuk mengetik alamat situs. 4 simbol matematika dasar yang biasa digunakan adalah:

  • Tanda - mewakili pengurangan dan + untuk menambahkan.
  • Tanda / untuk pembagian dan * untuk perkalian.
  • Manfaatkan juga tanda kurung () jika memang diperlukan.
  • Diakhiri dengan tanda = (sama dengan) atau tidak, tidak menjadi persoalan. Namun kalau tidak yakin, silahkan untuk menyertakannya saja.

Mengenai perhitungan yang lebih kompleks, silahkan bereksperimen lebih jauh. Saat memasukkan format perhitungan yang diinginkan, maka jawabannya akan dimunculkan secara otomatis tanpa harus menekan Enter pada keyboard. Contoh, saya menuliskan 100/24 (seratus bagi dua puluh empat). Maka jawaban yang muncul adalah =4.16666667.

Demikian 21 tips dan trik saat menggunakan Google Chrome. Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merubah Ekstensi File di Windows 10

Format atau ekstensi file di laptop Anda pasti akan sangat beragam. File dokumen bisa memiliki ekstensi .docx jika menggunakan WPS Office ataupun Microsoft Office Word, .txt, .pdf, .xlsx untuk dokumen Excel dan masih banyak lagi. Begitu juga foto/gambar dengan format .jpeg, .jpg, .png, maupun .gif dan sebagainya.

Sangat variatif karena banyaknya jenis file yang ada.

5 Elemen Dasar Desain Eksterior Rumah atau Bangunan

Jika anda ingin mengetahui lebih dalam mengenai apa itu desain eksterior untuk menciptakan rumah yang indah dan elegan tentunya harus memahami elemen-elemen yang menjadi dasar pembentuk sebuah bangunan tersebut. Elemen-elemen ini memiliki peran yang signifikan dalam mewujudkan keindahan dan fungsi yang tepat sehingga suatu bangunan menjadi seimbang sesuai dengan penggunaan material yang akan digunakan serta model dan gaya yang diinginkan.

Cara Agar Ikon Folder Tidak Menampilkan Thumbnail File Didalamnya

Di Windows 10 dan versi sebelumnya, ketika menampilkan ikon folder dalam ukuran yang besar (large) biasanya juga akan menjadikan isi folder tersebut sebagai bagian dari bagaimana folder ditampilkan ke pengguna. Misalnya isi folder Anda adalah beberapa foto. Maka salah satu diantara foto tersebut akan menjadi thumbnail dari tampilan folder. Ikon folder yang awalnya seperti hanya terdiri dari 1 warna kemudian bercampur dengan berbagai warna bahkan foto yang ada didalamnya.