5 Alasan Kenapa Anda TIDAK Boleh men-Tato Badan

5 Alasan Kenapa Anda TIDAK Boleh men-Tato Badan

"Terserah saya donk, mau nato badan atau enggak. Urusin aja diri lo sendiri!"

"Emank, elo siapa pake ngurusin orang lain segala?"

Kedua kalimat diatas, memanglah belum pernah saya dapatkan langsung dari teman-teman saya yang memutuskan untuk men-tato badannya. Dan tulisan ini juga tidak sedikitpun bermaksud mendiskreditkan pihak tertentu karena judulnya yang memang menyarankan agar siapapun tidak usah memilih untuk memasang tato.

Secara visual, orang yang mentato dirinya terlihat keren di mata saya pribadi. Baik cewek maupun cowok. Meskipun harus diakui bahwa urusan penampilan, semua orang mungkin saja memiliki preferensi yang berbeda-beda.

Ada 3 alasan yang menurut saya kenapa orang mau "menyablon" badannya sendiri. Pertama adalah sebagai bentuk perlawanannya terhadap suatu hal dan juga apresiasinya yang tinggi terhadap nilai-nilai yang ia terlibat didalamnya. Yang terakhir, bisa jadi karena faktor lingkungan dimana ia kebanyakan menghabiskan waktunya dalam masa tertentu. Narapidana, misalnya. Masuk bui badan masih bersih, tahu-tahu pas keluar sudah ada tato jangkar kapal di lengan atau bagian badannya yang lain.

Jangan memasang tato

Namun saya ingin lebih fokus ke alasan kenapa Anda justru tidak boleh melskukannya dengan beberapa pertimbangan yang menurut saya penting untuk kita cermati bersama.

1. Anda tidak akan bisa melakukan donor darah. Setidaknya demikian hingga saat ini.

Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa mereka yang mentato badannya tidak bisa menjadi pemberi jika berniat untuk mendonorkan darahnya. Hal ini tentu akan mengurangi salah satu peluang Anda untuk bisa membantu orang lain.

Kalaupun saat ini Anda tidak berniat memberikan manfaat dalam aksi donor darah secara langsung, kita tidak pernah tahu bahwa bisa saja hal tersebut berubah di kemudian hari. Jadi sepertinya akan lebih baik untuk membiarkan tubuh kita apa adanya seperti saat ini.

2. Tato bisa mengurangi peluang kerja yang bisa Anda dapatkan.

Jika Anda memiliki target untuk bekerja sebagai PNS (Pegawai Negeri Sipil) atau menjadi Polisi, maka setidaknya berdasarkan aturan yang ada saat ini adalah sangat tidak memungkinkan (langsung ditolak) jika badan Anda bertato. Yah, namanya aturan harus diikuti. Jadi jangan salahkan siapapun jika Anda tidak memiliki kesempatan yang sama dengan yang lainnya.

3. Melukai diri sendiri

Mau bagaimana lagi. Prosesnya memang begitu walaupun pada akhirnya Anda akan merasa puas sendiri. Gini deh. Hp sendiri aja kadang gak tega kalau tergores, masa badan sampai dibuat begitu?!

4. Gak kasihan sama keluarga?

Ok lah orang tua terima kalau Anda bertato, cuma tetap harus diperhatikan juga bahwa bisa jadi ada saja yang ngomongin di belakang dan suatu saat di dengar orang tua kita secara terus-menerus. Masa orang tua kita sendiri yang harus sibuk juga meyakinkan orang lain atau bahkan mereka yang harus mengelus dada terus-terusan.

Dan mungkin akan berpengaruh ke keluarga dari calon istri atau suami kelak. Bisa-bisa hubungan berakhir hanya gara-gara tato di badan.

5. Ngaruh ke ibadah?

Saya bukan seorang alim yang mendalami ibadah atau agama sih. Tapi jelas bahwa keyakinan saya melarang untuk menyakiti diri sendiri. Hal ini terkait juga dengan poin ke-3 sebelumnya. Dalam hal ibadah juga mungkin masih diperdebatkan sepertinya. Namun akan lebih bijak jika tidak mentato badan saja agar kita tidak ragu atau was-was.

Stigma orang bertato memang akan selalu memunculkan 3 pendapat yang berbeda antara yang setuju, tidak setuju dan juga diantaranya. Kalau saya pribadi memang tidak setuju terlepas seperti apa kepribadian yang dimiliki orang tersebut.

Dan saya sendiri memanglah tidak memiliki tato sedikitpun di badan saya meskipun dulu pernah niat untuk memilikinya.

Sekarang terserah Anda. Yang jelas, membuat tato itu butuh biaya yang tidak sedikit. Bahkan untuk menghapusnya pun bisa lebih mahal lagi. Itulah kenapa saya akhirnya memutuskan untuk tidak mentato badan hingga saat ini. Dan jika dipikir kembali, justru lebih banyak hal negatifnya sebenarnya sih dibanding positifnya.

Bagaimana menurut Anda?


EmoticonEmoticon