8 Cara Agar Tetap Bisa Mempublikasikan Konten di Blog

8 Cara Agar Tetap Bisa Mempublikasikan Konten di Blog

Saat awal membuat blog baru, kita kerap begitu bersemangat. Entah karena memikirkan peluang penghasilan yang bisa diperoleh maupun keinginan untuk tetap berbagi lewat tulisan di blog. Namun seiring waktu berjalan, setelah memiliki beberapa artikel, kita terkadang dihinggapi rasa malas atau mungkin kecewa dengan hasil yang tidak sesuai target. Karena itu, dalam artikel ini akan disajikan 8 cara agar tetap mampu mempublikasikan konten di blog. Setidaknya selama seminggu sekali lebih baik daripada tidak sama sekali. Mau harian pun justru akan kebih baik lagi.

Cara agar tetap menulis artikel dan mempublikasikannya ini berdasarkan pemikiran pribadi dan juga pengalaman mengelola beberapa blog.

Publikasi artikel blog terus

Kadang ada blog yang belum saya publikasi 1 artikel pun, ada juga yang sudah hingga ratusan seperti Visible Spectrum Blog ini.

Agar Tetap Bisa Mempublikasikan Artikel di Blog

Untuk awal sebelum mengetahui beberapa cara yang akan diberikan, satu hal yang perlu Anda cegah agar tidak dilakukan sama sekali adalah jangan sekali-kali melakukan copas artikel orang lain tanpa izin dan mempostingnya di blog Anda. Itu saja.

Pokoknya konten orisinal aja ya.

Saya kira jelas ya untuk 1 hal tersebut. Terutama menyangkut keberlangsungan blog Anda kedepannya. Capek-capek nulis, entar malah dilaporkan salah satu postingannya. Jadi, jika ada satu atau beberapa artikel yang Anda rasa pernah "mencurinya" dari pihak lain, silahkan untuk dihapus saat ini juga (secepatnya).

1. Lupakan SEO

Saya paham bahwa optimasi mesin pencari itu juga sangat penting. Namun, tanpa Anda memikirkannya pun sebenarnya blog Anda akan baik-baik saja. Jadi tidak usahlah dulu repot-repot. Karena SEO pun berubah-ubah dan bisa dipelajari secara bertahap.

Oleh karena itu, agar blog Anda tetap update bahkan setiap hari maka lakukan ini:
  • Lupakan riset kata kunci.
  • Gak usah terpaku pada jumlah kata.
  • Gak usah analisis pesaing kata kunci Anda.
Tulis saja apa yang Anda rasa bisa diselesaikan. Kan masih bisa di edit lagi jika memang dibutuhkan.

Apalagi jika itu bermanfaat. Inshaallah akan dapat pahala deh. Jadi jangan sepelekan juga apa yang ada di pikiran Anda saat ini. Karena hal itu bisa jadi membantu pembaca Anda. Sesederhana apapun ide, tetaplah ide namanya.

2. Pasang aplikasi blogger di hp

Tentunya aplikasi yang mendukung. Terutama aplikasi blog terkait platform yang Anda gunakan.

Bisa juga dengan menggunakan browser kala login ke akun blog. Namun jika tampilannya kurang mendukung, silahkan beralih ke aplikasi terkait. Kalau saya pribadi menggunakan kombinasi keduanya.

Adanya dukungan aktivitas ngeblog di hp ini tentu juga akan memberikan Anda peluang untuk tetap menulis kapan saja dan dimana saja karena bisa jadi selalu di bawa setiap saat. Berbeda dengan laptop yang hanya dibawa dan digunakan dalam kondisi tertentu saja (tidak setiap saat).

3. Tulis, edit, publish! No draft

Gak usah mikir lama. Tulis idenya, baca lalu edit jika diperlukan, kemudian publikasikan di blog Anda. Kalau memungkinkan, fitur draft di dasbor blog Anda itu kosong.

Apalagi jika Anda rasa perlu dipublikasikan secepatnya. Kalau bermanfaat tulisannya kan, Anda juga bisa lebih cepat membagikan kebaikan lewat artikel di blog Anda.

4. Lupakan penghasilan dari blog

Tidak dipungkiri bahwa akan sangat menyenangkan mengetahui bahwa Anda dan juga saya bisa menarik penghasilan setiap bulan dari aktivitas ngeblog seperti dari jaringan periklanan Google Adsense. Namun jika hal tersebut belum bisa terwujud, baiknya untuk sejenak tidak memikirkannya.

Fokus pada manfaat kegiatan Anda ini. Dan tetaplah menulis! Karena semakin banyak mempublikasikan artikel, bisa jadi nilai aset online Anda inipun (blog) akan semakin meningkat pula.

5. Gak usah terpaku pada jumlah trafik dan pageview.

Jangan fokus pada kekecewaan terhadap tidak tercapainya fantasi Anda baik dalam hal penghasilan seperti poin sebelumnya diatas maupun jumlah pengunjung dan tayangan artikel. Sekali lagi, fokus Anda tidak boleh teralihkan.

Dengan tetap bisa menulis saja itu sudah sangat bersyukur banget. Minimal bisa mengasah kemampuan menulis Anda. Belum termasuk manfaat ngeblog lainnya yang masih sangat banyak lagi.

6. Logout dulu dari akun sosial media

Notifikasi. Itu yang perlu Anda hindari. Kalaupun tidak menghentikan pesan dari aplikasi pengirim pesan seperti WhatsApp, setidaknya jangan lagi ditambah dengan hadirnya notifikasi dari Facebook, Twitter, Instagram dan akun sosial media lainnya.

Notifikasi yang muncul terkadang sangat menggoda. Padahal kita sudah tahu bahwa hal tersebut tidaklah penting. Namun, tetap saja bisa mengalihkan perhatian Anda. Bahkan bisa membuat Anda melupakan tulisan yang baru saja Anda mulai. Gak selesai-selesai deh.

Pokoknya saat sebelum mulai menulis, pastikan bahwa Anda tidak menggunakan jejaring sosial terlebih dahulu.

7. Buat target pencapaian menulis di blog

Berbicara target, juga terkait dengan jadwal aktivitas blog. Jika dalam sehari belum mampu menghasilkan minimal 1 artikel, buatlah seminggu sekali dan tentukan hari serta jam menulisnya agar disiplin. Konsisten terhadap hal itu dan jangan terlalu banyak berkompromi ketika waktunya telah tiba.

Apalagi untuk hal-hal yang remeh. Pokoknya hindari dan fokus!

Rekomendasi: Cara Membuat Postingan Terjadwal di Blogger

8. Beri hadiah bagi diri Anda sendiri

Menulis memang tidak akan membuat orang berkeringat. Apalagi jika ruangannya ber-AC. Hehehe. Namun, mikir itu tetap saja melelahkan. Apalagi hingga duduk menggarap tulisan selama berjam-jam.

Karena itu, jika setiap target dan jadwal Anda bisa dilaksanakan sesuai rencana, saatnya bagi Anda untuk memberi hadiah bagi diri Anda sendiri.

Misalanya jika seminggu Anda mampu menghasilkan 10 artikel, maka Anda berencana akan mengunjungi pantai atau destinasi wisata tertentu.

Kenapa tidak?

Toh untuk sekedar menyegarkan diri dan menghargai diri Anda sendiri sebelum mulai memasuki jadwal baru pada minggu atau bulan berikutnya.

Untuk itu, saya sih menyarankan bahwa dalam hal ini, Anda boleh kok bermanja-manja ria.

Demikian 8 cara agar tetap menulis dan mempublikasikan konten di blog Anda supaya tetap memiliki konten yang fresh.

Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon