Langsung ke konten utama

5 Alasan Cari Kerja di Kantor yang Tidak Mewajibkan Berpakaian Rapi

Cari kerja bagi lulusan baru itu bisa menjadi prioritas terutama agar ijazahnya tidak kelamaan tersimpan di lemari. Dan menurut saya, cara untuk mengetahui akan senyaman apa nantinya kita bekerja salah satunya adalah dengan mengetahui pakaian seperti apa yang diwajibkan (dress code) oleh kantor yang akan kita masukkan lamaran pekerjaan tersebut.

Kalau bekerja di pemerintahan, sepertinya sudah jelas bahwa yang namanya rapi itu yah harus menggunakan kemeja (pakaian berkerah) yang tidak dari bahan kaos. Didukung dengan celana bukan dari kalangan jeans serta sepatu berbahan kulit yang mengkilapnya ampun-ampunan hingga semut pun bisa terpeleset saking mengkilapnya. Lebay yah.

Kerja dengan berpakaian kaos

Tapi umumnya memang seperti itu, apalagi kalau PNS yang sampai memiliki seragam khusus.

Kalau saya pribadi, salah satu kantor impian untuk bekerja itu tidak hanya di bidang yang saya senangi, tapi kalau bisa pakaiannya pun casual dan bahkan bisa dianggap bebas.

Ada beberapa alasan kenapa saya menginginkan untuk bekerja di kantor yang tidak mewajibkan berpakaian rapi ini. Dan mungkin juga bisa Anda manfaatkan tatkala berburu lowongan pekerjaan kedepannya.

1. Gak perlu repot menyetrika. Yang penting gak bau aja.

Yes, nyetrika pakaian. Jujur, hal ini salah satu hal tersulit yang saya jalani dalam kehidupan keseharian selain melipat baju yang kadang bisa menghabiskan waktu hingga 1-2 jam kalau pakaiannya belasan.

Selain repot, setidaknya juga bisa lebih menghemat energi listrik di rumah kan karena gak perlu menambah penggunaan listrik. Apalagi harus sering-sering laundry, malah tambah boros.

2. Nyaman, nyaman, nyaman.

Ada banyak yang membuat kita nyaman tatkala bekerja di kantor. Dan salah satunya menurut saya adalah dengan berpakaian senyaman mungkin sesuai dengan keinginan kita tanpa perlu diatur sana-sini.

Salah satu pekerjaan yang tidak mewajibkan pakaian rapi seperti yang saya jalani saat ini adalah yang bergerak di bidang Digital Agency. Nyaman banget. Ibaratnya, kalau pakaian saja gak perlu diurusi, berarti bosnya gaul gitu. Jadi, selain nyaman dengan kondisi di kantor secara umum, hubungan dengan atasan pun seolah tidak berjarak. Wong bosnya sering ongkang-ongkang kaki pakai celana pendek dan sendal kok.

Kenyamanan mana lagibyang kau dustakan. Hihihi.

3. Menghemat budget.

Selain hemat listrik seperti diatas, juga bisa menghemat pengeluaran untuk belanja pakaian baru. Terlebih, biasanya pakaian seperti kemeja terkadang harganya bisa sangat mahal ketimbang kaos. Belum lagi sepatu mengkilap tadi. Bisa-bisa dapat pekerjaan baru, tapi yah harus belanja jutaan hanya agar terlihat rapi.

Sedangkan kalau bekerja di kantor yang pakaiannya casual, belanja justru tidak begitu menguras uang. Apalagi saya yakin kalau kebanyakan pakaian kita di lemari adalah rata-rata kaos dan juga celana jeans panjang maupun pendek.

4. Gak perlu ada pikiran "baju ini kayaknya sudah saya pakai 3 hari yang lalu, deh"

Pakaian rapi seperti kemeja itu kadang sangat mudah diingat oleh rekan kerja karena motifnya, jenis bahannya dan sebagainya. Kaos pun memang demikian. Cuman yah lantaran kondisi kantor yang memang nyaman banget, kebanyakan tidak begitu peduli. Yang penting kan bersih. 1 kaos aja bisa digunakan hingga 2 atau 3 kali dalam seminggu. Apalagi jika dibarengi dengan jaket atau dibuat 2 lapis dengan sweater. Makin gak mudah diingat tuh. Hehehe.

Minder pun hilang sehingga gak perlu meluangkan waktu untuk memilih pakaian apa lagi yang harus digunakan hari ini.

5. Gaji yang kompetitif bahkan bisa dibilang sangat tinggi.

Pekerjaan di sektor swasta memang cukup terkenal dengan gajinya yang boleh dibilang sangat lumayan dibanding PNS meskipun baru lulus S1. Bahkan di tempat saya bekerja saat ini bisa 2 kali lipat dari gaji PNS yang baru diterima.

Jadi kalau targetnya adalah penghasilan bulanan, swasta memang bisa dijadikan prioritas. Hanya karena bekerja modal kaos yang dipakai ke kantor, kan bukan berarti bahwa gajinya juga ngasal. Yang penting kita kerjanya juga yah tetap serius.

Kayaknya masih banyak deh alasan untuk bekerja di kantor yang tidak mewajibkan berpakaian rapi, namun yang saya tahu baru 5 itu saja. Jika masih ada alasan lainnya, silahkan menyampaikan via komentar di bawah. Jangan lupa share artikel ini ya. Terima kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merubah Ekstensi File di Windows 10

Format atau ekstensi file di laptop Anda pasti akan sangat beragam. File dokumen bisa memiliki ekstensi .docx jika menggunakan WPS Office ataupun Microsoft Office Word, .txt, .pdf, .xlsx untuk dokumen Excel dan masih banyak lagi. Begitu juga foto/gambar dengan format .jpeg, .jpg, .png, maupun .gif dan sebagainya.

Sangat variatif karena banyaknya jenis file yang ada.

5 Elemen Dasar Desain Eksterior Rumah atau Bangunan

Jika anda ingin mengetahui lebih dalam mengenai apa itu desain eksterior untuk menciptakan rumah yang indah dan elegan tentunya harus memahami elemen-elemen yang menjadi dasar pembentuk sebuah bangunan tersebut. Elemen-elemen ini memiliki peran yang signifikan dalam mewujudkan keindahan dan fungsi yang tepat sehingga suatu bangunan menjadi seimbang sesuai dengan penggunaan material yang akan digunakan serta model dan gaya yang diinginkan.

Cara Agar Ikon Folder Tidak Menampilkan Thumbnail File Didalamnya

Di Windows 10 dan versi sebelumnya, ketika menampilkan ikon folder dalam ukuran yang besar (large) biasanya juga akan menjadikan isi folder tersebut sebagai bagian dari bagaimana folder ditampilkan ke pengguna. Misalnya isi folder Anda adalah beberapa foto. Maka salah satu diantara foto tersebut akan menjadi thumbnail dari tampilan folder. Ikon folder yang awalnya seperti hanya terdiri dari 1 warna kemudian bercampur dengan berbagai warna bahkan foto yang ada didalamnya.