Apa Itu Desain Interior dan Bagaimana Prospek Kerja Kedepannya?

Apa Itu Desain Interior dan Bagaimana Prospek Kerja Kedepannya?

Pada dasarnya, desain interior adalah suatu ilmu dan seni dalam menggabungkan antara imajinasi, kreativitas serta pengetahuan teknis dalam menciptakan suatu ruang interior (terkadang juga melibatkan ruang eksterior) dan pengembangannya mengenai bagaimana kita bereksperimen dengan ruang kehidupan; tinggal, bekerja, berinteraksi dan bahkan sebagai sarana untuk mendapatkan kenyamanan dan kesehatan.

Desain interior dan prospek kerjanya

Contoh sederhananya adalah saat kita akan membangun rumah. Kebanyakan, pasti akan memikirkan bagaimana desain rumah yang menarik bagi anda. Tentunya, selain memikirkan bagian tampak luarnya, anda juga pasti akan banyak menghabiskan waktu untuk merencanakan isi dari rumah tersebut. Jenis sofa dan warna seperti apa yang digunakan dan pada bagian mana akan menempatkannya, serta apa saja yang akan ditaruh disekelilingnya.

Semua objek tersebut memiliki keterkaitan antara yang satu dan lainnya. Saling berinteraksi. Dan, pada akhirnya, anda adalah titik utama berbagai interaksi tersebut dimana akan menetukan apakah berbagai objek, penempatan dan seluruh elemen yang ada mampu membawa kenyamanan saat anda berada dalam ruang tersebut atau tidak.

Tentunya, itu hanyalah contoh sederhana saja.

Secara garis besar, tujuan dari desain interior juga adalah untuk menciptakan lingkungan bagian dalam rumah (bangunan) yang fungsional dalam mendukung kenyamanan dan kesehatan penggunanya saat beraktivitas, dapat diaplikasikan dalam berbagai iklim atau cuaca yang berbeda, serta bag desainer interiornya juga harus memiliki kreativitas yang beragam agar berbagai projeknya tidak monoton yang untuk menghindari kesan membosankan pada ruang.

Apa yang harus dipelajari untuk menjadi seorang desainer interior?

Fokus pada salah satu skill dan pengetahuan tentu saja adalah hal yang baik untuk memulainya. Selain itu juga, dengan menambahkan beberapa ilmu lainnya, akan menjadi lebih baik lagi untuk mendukung karir anda di bidang ini.

Untuk menjadi seorang desainer interior yang baik anda bisa mempertimbangkan beberapa ilmu dan keterampilan berikut ini:
  • Memiliki pengetahuan tentang seni baik terkait dengan estetika maupun skill dalam menggambar (sketsa adalah awal yang baik).
  • Pengetahuan mengenai desain itu sendiri meliputi elemen-elemen dasar dan prinsip keruangan, bagaimana manusia berinteraksi dengan desain, psikologi lingkungan dan sebagainya.
  • Keterampilan menggunakan software untuk membuat desain.
  • Memiliki pengetahuan pendukung lainnya seperti sosial budaya, ekonomi, teknologi bangunan dan material, lingkungan alam dan binaan dan seterusnya.

Dalam melakukan pekerjaannya terkait bidang keahlian diatas, seorang desainer interior juga dapat bertugas dalam pengembangan ide-ide awal mengenai proyek yang akan dikerjakan, identifikasi dan memahami kebutuhan kliennya, pertimbangan penggunaan bahan dan biaya yang akan dikeluarkan, membuat rincian gambar kerja, rencana desain dan model serta pengawasan pada tahap awal pengerjaan.

Selain itu, terkadang juga bertindak sebagai manajer proyek bahkan di seluruh tahap konstruksi untuk memastikan bahwa apa yang sudah direncanakan, benar-benar sesuai dengan yang telah disepakati sebelumnya.

Prospek kerja desainer interior

Sebagai salah satu bidang dengan perkembangan yang cukup pesat dengan tuntutan kemampuan dan kreativitas yang tinggi, maka sangat disarankan untuk selalu uptodate dengan berbagai informasi terkini agar tidak ketinggalan dalam berkompetisi. Bagi lulusan ataupun orang dengan keahlian yang mumpuni, gencarnya perkembangan bisnis properti hingga saat ini membuat keahlian ini semakin gencar pula dicari.

Beberapa tempat untuk mulai menjual keahlian desain interior anda dapat dicoba di berbagai instansi dan perkantoran seperti di pemerintahan baik ada bagian perencanaan bangunan maupun konstruksi dan arsitektur. Menjadi seorang kontraktor atau bisa juga konsultan desain interior maupun properti untuk membantu memenuhi kebutuhan klien yang memerlukan nasehat terkait. Bisa juga menjadi tenaga pengajar bahkan seorang penulis atau wartawan untuk majalah atau website online yang khusus fokus membahas dunia desain dan arsitektur.

Demikian artikel sederhana mengenai pengertian desain interior yang semoga bisa menjadi pengetahuan dasar bagi anda untuk memahami bidang ini dalam rangka membangun karir ataupun pemilihan pendidikan lebih lanjut kedepannya.

Mudah-mudahan bermanfaat bagi sobat/pembaca sekalian. Terima kasih. Jangan lupa share tulisan ini.


EmoticonEmoticon