Langsung ke konten utama

Aplikasi Apa Saja yang Menghabiskan Kuota Internet di HP Kamu?

Dengan mengetahui aplikasi apa saja yang paling banyak menghabiskan kuota internet di hp-mu, maka kedepannya diharapkan bisa lebih menghemat lagi penggunaan data tentunya.

Apalagi jika dirasa bahwa pembelian kuota internet tidaklah murah dan terkadang cukup memberatkan dalam situasi tertentu.

Karena itu, hadirlah artikel sederhana ini. Dan untuk melakukannya, Anda sebenarnya sudah memiliki alatnya. Yaitu dengan memanfaatkan menu Pengaturan (Settings) yang sudah ada. Bahkan, ada pula beberapa aplikasi lainnya terkait dengan hal ini. Namun, bagi saya belumlah begitu dibutuhkan.

Adanya menu pengaturan ini saja sebenarnya sudahlah cukup secara umum.

Untuk melihat aplikasi apa saja dari yang paling banyak hingga yang paling sedikit menggunakan data internet ini, silahkan buka menu pengaturan hp Anda.

Setelah itu, (kalau di hp saya) dengan memilih Data Usage (Penggunaan Data). Setelah terbuka menu selanjutnya, silahkan untuk kemudian memilih Mobile Data Usage (Penggunaan Data Hp).

Penggunaan kuota internet hp

Di telepon genggam saya sendiri, rentang waktu penggunaan data internet adalah bulanan. Biasanya dari tanggal 1 bulan saat ini hingga tanggal 1 bulan berikutnya.

Anda bisa melihat tampilan grafik penggunaan internet dalam sebulan tersebut dan pada bagian bawahnya menampilkan secara otomatis aplikasi apa saja yang paling banyak menggunakan data internet.

Beberapa tampilan aplikasi hp dengan penggunaan data internet terbanyak

Urutan tampilannya di hp saya sendiri adalah berdasarkan aplikasi yang paling banyak menguras kuota hingga yang terkecil.

Dengan mengetahui aplikasi tersebut. Salah satu atau beberapa mungkin akan Anda temui berjalan dan menggunakan kuota bahkan tanpa Anda buka aplikasi tersebut. Atau pernah dibuka lalu ditutup namun tetap berjalan di background (latar belakang).

Baca juga: Kenapa Anda Harus Menggunakan Aplikasi TCash Wallet Telkomsel

Nah baiknya, aplikasi yang demikian dipaksa untuk berhenti berjalan saja apalagi jika tidak diperlukan sama sekali dan tidak mempengaruhi kinerja hp.

Apakah informasi ini bermanfaat?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merubah Ekstensi File di Windows 10

Format atau ekstensi file di laptop Anda pasti akan sangat beragam. File dokumen bisa memiliki ekstensi .docx jika menggunakan WPS Office ataupun Microsoft Office Word, .txt, .pdf, .xlsx untuk dokumen Excel dan masih banyak lagi. Begitu juga foto/gambar dengan format .jpeg, .jpg, .png, maupun .gif dan sebagainya.

Sangat variatif karena banyaknya jenis file yang ada.

5 Elemen Dasar Desain Eksterior Rumah atau Bangunan

Jika anda ingin mengetahui lebih dalam mengenai apa itu desain eksterior untuk menciptakan rumah yang indah dan elegan tentunya harus memahami elemen-elemen yang menjadi dasar pembentuk sebuah bangunan tersebut. Elemen-elemen ini memiliki peran yang signifikan dalam mewujudkan keindahan dan fungsi yang tepat sehingga suatu bangunan menjadi seimbang sesuai dengan penggunaan material yang akan digunakan serta model dan gaya yang diinginkan.

Cara Agar Ikon Folder Tidak Menampilkan Thumbnail File Didalamnya

Di Windows 10 dan versi sebelumnya, ketika menampilkan ikon folder dalam ukuran yang besar (large) biasanya juga akan menjadikan isi folder tersebut sebagai bagian dari bagaimana folder ditampilkan ke pengguna. Misalnya isi folder Anda adalah beberapa foto. Maka salah satu diantara foto tersebut akan menjadi thumbnail dari tampilan folder. Ikon folder yang awalnya seperti hanya terdiri dari 1 warna kemudian bercampur dengan berbagai warna bahkan foto yang ada didalamnya.