Langsung ke konten utama

Bagaimana Cara Menganalisa Kompetitor Bisnis Anda?

Tingkat kompetisi (persaingan) dalam dunia bisnis semakin hari semakin tinggi. Dengan mengetahui siapa saja pesaing dalam bisnis Anda, hal tersebut dapat membantu Anda dalam meningkatkan kesuksesan bisnis Anda kedepannya.

Menganalisis kompetitor bisnis

Pengetahuan tentang kompetitor bisnis Anda merupakan salah satu cara untuk membandingkan dimana posisi Anda dalam dunia bisnis yang berkaitan. Hal ini juga dapat memudahkan Anda mengetahui segala kelebihan dan kekurangan atas apa yang Anda kembangkan. Anda dapat mempelajari kekuatan apa yang digunakan oleh kompetitor yang memungkinkan untuk diimplementasikan dalam bisnis dan juga cara mengatasi setiap kelemahan dan bahkan tantangan terbesar yang menghambat proses pertumbuhan perusahaan Anda.

Menganalisa kompetitor bisnis Anda tidaklah sesulit mengeruk samudra, namun juga tak semudah yang Anda bayangkan. Terdapat beberapa cara dan tindakan sederhana yang bisa Anda terapkan untuk menganalisa kompetitor Anda.

Apa saja cara yang bisa dilakukan untuk menganalisa kompetitor bisnis Anda?

Dibawah ini ada beberapa hal penting yang bisa Anda manfaatkan untuk menganalisa pesaing bisnis Anda. Baca selengkapnya keseluruhan poin-poin tersebut demi tumbuh dan berkembangnya bisnis impian Anda.

Perhatiakan apa yang kompetitor Anda lakukan!

Hal utama yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengetahui setiap tindakan perkembangan yang mereka lakukan. Dengan meng-update informasi tentang inovasi apa yang telah mereka aplikasikan dalam bisnisnya, memungkinkan Anda untuk mengetahui sejauh mana potensi mereka berpengaruh terhadap bisnis Anda. Pengetahuan tentang perkembangan kompetitor bisnis Anda ini akan sangat membantu saat melakukan perbandingan terhadap apa yang sudah Anda lakukan.

Anda akan mendapatkan gambaran seberapa kuat atau lemahnya posisi bisnis mereka dan kemudian membantu Anda dalam mengambil keputusan bisnis apa yang akan diambil kedepannya. Jika pesaing Anda dalam taraf yang biasa-biasa saja atau masih bisa bagi Anda untuk mengendalikannya, asah kembali kekuatan bisnis Anda agar lebih kokoh lagi.

Yang perlu diingat adalah, jangan pernah menganggap remeh strategi bisnis pesaing Anda! Karena bisa jadi hal remeh yang Anda acuhkan tersebut adalah kekuatan terbesar yang pernah mereka miliki dan ampuh untuk diaplikasikan.

Dapatkan pengalaman langsung mengenai bisnis yang mereka kerjakan

Kualiatas suatu bisnis tidak hanya menekankan pada kualitas produk (barang dan jasa) semata. Berbicara tentang kualitas, juga berbicara tentang bagaimana Anda memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan, menciptakan tempat yang nyaman dan sebagainya.

Datangi langsung ke lokasi bisnis mereka. Jika Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan setibanya disana, Anda bisa berpura-pura menjadi seorang calon pembeli dan menanyakan berbagai hal terkait produk yang Anda ingin ketahui. Saat melakukan ini, perhatikan dengan baik bagaimana mereka memberikan pelayanan dan berurusan dengan ketidakpuasan pelanggannya.

Ketahui juga apakah mereka memberikan diskon atau penawaran khusus untuk jenis barang atau jumlah pembelian tertentu. Lihat sekeliling Anda, tempat dimana mereka melakukan bisnisnya apakah membuat Anda merasa nyaman dan betah untuk berlama-lama disana.

Ketahui apa yang pelanggan katakana tentang pesaing Anda

Disaat Anda berada di lokasi bisnis pesaing Anda, lihat dan dengarkan secara langsung setiap kepuasan dan keluhan pelanggan terhadap mereka. Respon pelanggan yang negatif atau sebaliknya adalah hal yang sangat penting untuk Anda ketahui karena dengan setiap pertanyaan dan keluhan tersebut, bisa jadi pelanggan menaruh perhatian dan kepedulian yang besar atas apa yang mereka sampaikan.

Berbagai tanggapan tersebut juga akan bermanfaat bagaimana Anda akan melayani dan mengembangkan kualitas produk Anda. Jika Anda mampu untuk menerjemahkan setiap respon yang diberikan oleh pelanggan dengan baik, maka hal ini akan membantu Anda untuk lebih meningkatkan lagi produktivitas kerja Anda kedepannya.

Cobalah memberikan sedikit tantangan bagi pesaing Anda dengan menjadi seorang pembeli yang mengeluh atau ngotot terhadap produk mereka. Lalu, perhatikan bagaimana mereka menanggapi keluhan Anda tersebut. Ini akan menjadi bagian dari tolok ukur bagi Anda untuk mengetahui bagaimana seharusnya memberikan pelayanan secara baik bagi customer Anda nantinya.

Anda bisa mengetahui lebih jauh lagi mengenai setiap tanggapan atau respon dari pelanggan dengan mengakses setiap testimoni yang mereka tuliskan di website pesaing Anda atau lewat social media yang mereka gunakan.

Teknologi apa yang pesaing Anda gunakan?

Dunia bisnis saat ini hampir tidak bisa dilepaskan dari penggunaan teknologi. Mulai dari penggunaan bahan baku, sistem produksi, dan masih banyak lagi. Tentunya, teknologi yang digunakan juga tidak hanya sebatas pada berkualitasnya produk yang dihasilkan. Tapi, juga pada aksesibilitas atau kemudahan bagi pelanggan untuk menjangkau produk bisnis Anda.

Dengan mengetahui teknologi apa saja yang mereka terapkan dalam bisnisnya, Anda akan mengetahui kemudahan apa saja yang mereka dapatkan dari penggunaan teknologi tersebut. Anda juga akan mendapatkan gambaran sejauh mana teknologi yang mereka miliki mampu menunjang bisnisnya dan mungkin juga bisnis Anda kedepannya.

Pentingnya melakukan analisa terhadap kompetitor Anda dalam dunia bisnis dapat memberikan masukan mengenai kinerja bisnis seperti apa yang sudah seharusnya Anda lakukan. Kompetitor juga adalah salah satu guru terbaik Anda dalam menjalankan bisnis. Lewat mereka, kadang terbuka dan tercipta inovasi atau strategi baru yang tidak terpikirkan sebelumnya.

Sudahkah Anda menerapkan cara sederhana menganalisa kompetitor bisnis demi kesuksesan Anda?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merubah Ekstensi File di Windows 10

Format atau ekstensi file di laptop Anda pasti akan sangat beragam. File dokumen bisa memiliki ekstensi .docx jika menggunakan WPS Office ataupun Microsoft Office Word, .txt, .pdf, .xlsx untuk dokumen Excel dan masih banyak lagi. Begitu juga foto/gambar dengan format .jpeg, .jpg, .png, maupun .gif dan sebagainya.

Sangat variatif karena banyaknya jenis file yang ada.

5 Elemen Dasar Desain Eksterior Rumah atau Bangunan

Jika anda ingin mengetahui lebih dalam mengenai apa itu desain eksterior untuk menciptakan rumah yang indah dan elegan tentunya harus memahami elemen-elemen yang menjadi dasar pembentuk sebuah bangunan tersebut. Elemen-elemen ini memiliki peran yang signifikan dalam mewujudkan keindahan dan fungsi yang tepat sehingga suatu bangunan menjadi seimbang sesuai dengan penggunaan material yang akan digunakan serta model dan gaya yang diinginkan.

Cara Agar Ikon Folder Tidak Menampilkan Thumbnail File Didalamnya

Di Windows 10 dan versi sebelumnya, ketika menampilkan ikon folder dalam ukuran yang besar (large) biasanya juga akan menjadikan isi folder tersebut sebagai bagian dari bagaimana folder ditampilkan ke pengguna. Misalnya isi folder Anda adalah beberapa foto. Maka salah satu diantara foto tersebut akan menjadi thumbnail dari tampilan folder. Ikon folder yang awalnya seperti hanya terdiri dari 1 warna kemudian bercampur dengan berbagai warna bahkan foto yang ada didalamnya.