Langsung ke konten utama

4 Alasan Kenapa Bisnis Anda Harus Memiliki Dana Darurat

Secara sederhana, dana darurat adalah dana yang Anda siapkan untuk menghadapi kondisi tak terduga di masa yang akan datang. Tentu saja, bisnis yang akan Anda jalankan tidak selamanya berada diatas angin.

Alasan memiliki dana darurat bisnis

Krisis moneter, bencana alam, gejolak politik yang tak terkendali, iklim bisnis tak menentu dan sebagainya bisa menjadi penyebab kenapa Anda harus memiliki dana darurat tersebut. Saat Anda berjuang di setiap keadaan tak terduga tersebut, dana darurat yang telah Anda persiapkan sebelumnya bisa menjadi alternatif terakhir untuk membentengi dan mungkin bisa menyelamatkan bisnis Anda.

Dibawah ini, ada beberapa alasan kenapa Anda membutuhkan dana darurat. Simak selengkapnya!

1. Anda Ingin Bisnis Anda Bebas Dari Hutang

Dana darurat yang Anda kumpulkan saat ini akan membantu Anda tidak hanya untuk membayar hutang yang telah Anda lakukan. Tapi, juga bisa bermanfaat untuk mengantisipasi jika bisnis Anda memerlukan dana tambahan dalam pengembangannya.

Dana darurat dapat membantu Anda menutupi pengeluaran tak terduga seperti perbaikan mobil operasional, biaya medis dan lainnya. Anda dapat menggunakan dana darurat ini untuk menangani beberapa hal yang membuat Anda gelisah, dan tetap fokus pada pekerjaan utama Anda.

2. Anggaran Bisnis Anda Saat Ini Meningkat Dibanding Sebelumnya

Saat Anda baru saja memulai membuat dan merencanakan budgeting untuk awal tahun, kebutuhan anggaran yang Anda butuhkan bisa jadi melebihi dari apa yang sebelumnya Anda anggarkan. Bahkan, mungkin tidak bisa lagi mengendalikan kondisi keuangan bisnis tersebut.

Anda tetap dapat menggunakan sebagian dana darurat yang Anda miliki untuk menanganai hal ini.

Entah itu untuk menutupi pembelian hadiah bagi karyawan Anda, pembayaran pajak, ataupun biaya CSR (Corporate Social Responsibility).

3. Anda Memiliki Masalah Medis

Kondisi kesehatan yang menurun dan butuh penanganan tenaga medis yang serius dapat berdampak pada pengeluaran keuangan Anda. Ini akan sangat sulit jika Anda tidak memiliki tabungan, asuransi ataupun dana darurat.

Pegeluaran yang besar pun mungkin terjadi. Belum lagi, bisnis yang sedang Anda kembangkan saat ini memerlukan dana tambahan untuk kepentingan promosi dan lain-lain. Dengan adanya tabungan atau dana darurat, setidaknya akan membantu dan meringankan beban Anda dalam melewati masa-masa kritis seperti ini.

4. Anda Sedang Membesarkan Bisnis

Tidak semua bisnis membutuhkan dana yang besar dalam pengembangannya. Pada tangan yang tepat, terkadang dibutuhkan sedikit dana dalam membesarkan bisnisnya.

Namun, bagaimana jika Anda berpikir untuk menambah anggaran bisnis Anda demi tercapainya tujuan pengembangan bisnis tersebut? Tentunya, dengan adanya dana darurat ini, Anda akan tertolong sebagian atau seluruhnya dalam meningkatkan jenjang bisnis Anda ke level yang lebih tinggi lagi.

Dengan dana darurat ini, Anda semakin efisien menggunakan waktu Anda dan fokus dalam mengejar target pencapaian yang Anda inginkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merubah Ekstensi File di Windows 10

Format atau ekstensi file di laptop Anda pasti akan sangat beragam. File dokumen bisa memiliki ekstensi .docx jika menggunakan WPS Office ataupun Microsoft Office Word, .txt, .pdf, .xlsx untuk dokumen Excel dan masih banyak lagi. Begitu juga foto/gambar dengan format .jpeg, .jpg, .png, maupun .gif dan sebagainya.

Sangat variatif karena banyaknya jenis file yang ada.

5 Elemen Dasar Desain Eksterior Rumah atau Bangunan

Jika anda ingin mengetahui lebih dalam mengenai apa itu desain eksterior untuk menciptakan rumah yang indah dan elegan tentunya harus memahami elemen-elemen yang menjadi dasar pembentuk sebuah bangunan tersebut. Elemen-elemen ini memiliki peran yang signifikan dalam mewujudkan keindahan dan fungsi yang tepat sehingga suatu bangunan menjadi seimbang sesuai dengan penggunaan material yang akan digunakan serta model dan gaya yang diinginkan.

Cara Agar Ikon Folder Tidak Menampilkan Thumbnail File Didalamnya

Di Windows 10 dan versi sebelumnya, ketika menampilkan ikon folder dalam ukuran yang besar (large) biasanya juga akan menjadikan isi folder tersebut sebagai bagian dari bagaimana folder ditampilkan ke pengguna. Misalnya isi folder Anda adalah beberapa foto. Maka salah satu diantara foto tersebut akan menjadi thumbnail dari tampilan folder. Ikon folder yang awalnya seperti hanya terdiri dari 1 warna kemudian bercampur dengan berbagai warna bahkan foto yang ada didalamnya.