Langsung ke konten utama

Cara Compress Gambar Secara Online Untuk Konten Blog

Cara compress gambar secara online ini dikhususkan untuk keperluan penggunaan gambar dalam suatu konten atau artikel di blog Anda. Mengenai penggunaan dalam bentuk lain, tentunya juga sangat bisa dilakukan. Silahkan menyesuaikan saja.


Namanya compress, tentu bisa bermakna dua hal. Yaitu mengurangi kapasitas atau ukuran foto maupun merubah dimensinya (lebar dan tinggi).

Dalam mempublikasikan artikel blog, tentu penggunaan gambar dengan ukuran kapasitas yang kecil akan membantu pembaca dalam meminimalkan waktu muat (loading) artikel yang baru akan dibacanya. Jadi biar memuatnya tidak terlalu lama.

Dan juga akan membantu si bloggernya sendiri dalam menghemat kapasitas hosting yang digunakan. Apalagi jika hostingnya berbayar, tentu ini merupakan langkah yang sangat saya rekomendasikan agar ruang penyimpanan blog tidak cepat habis.

Dan tentu saja merupakan salah satu langkah optimasi blog dan artikel terutama yang menyangkut pengalaman pengguna (User Experience/UX) seperti mempercepat waktu loading yang saya sampaikan diatas.

Untuk mengurangi kapasitas gambar secara online, salah satu situs yang bisa Anda kunjungi adalah CompressJPEG.Com.

Disini Anda hanya akan mengupload file gambar dengan format JPEG dan JPG. Bisa juga PNG namun dengan domain situs yang berbeda. Tapi ketika mau berganti ke .png, syukurnya tidak loading sama sekali. Entah kecepatan internet hp saya yang cepat atau apa, rasanya kok nggak ada loadingnya ya?!

Pokonya tinggal upload, terus secara otomatis melakukan kompresi dan Anda akan memilih tombol download yang telah disediakan. Beres.

Gitu doank.

Situs sejenis sepertinya sangat banyak. Coba saja buka Google lalu ketikkan "compress image online." Hasilnya melimpah ruah.

Penggunaan situs-situs yang demikian akan sangat membantu para blogger seperti saya dimana aktivitas ngeblog pada banyak kesempatan menggunakan hp. Kalau laptop kan banyak aplikasi atau softwarenya seperti jika ingin menggunakan GIMP untuk memperkecil ukuran foto.

Mau menggunakan Photoshop juga, apalagi. Pokonya banyak deh alat yang bisa digunakan.

Aplikasi di hp juga sebenarnya sudah banyak. Tapi pengalaman saat menggunakannya, selain hasil kompresi gambar menjadi berkualitas rendah (pecah), kadang juga malah bertambah kapasitasnya. Bukannya kurang, yang ada malah lebih. Tekor donk!

Di laptop bisa juga mengurangi kapasitas gambar menggunakan Paint, dimana nanti akan kita bahas secara terpisah dalam artikel lain.

Sayangnya, situs yang saya sebutkan diatas belum terdapat fitur untuk mengubah dimensi gambar. Sebagai contoh dari 1.000 px X 1.000 px diubah menjadi 500 px X 500 px. Saya sendiri belum menemukan fiturnya ketika mengaksesnya memakai hp. Gak tahu deh kalau dibuka di laptop. Tapi sepertinya akan sama saja.

Meskipun demikian, saya tetap menggunakannya karena belum begitu juga dibutuhkan. Yang penting kapasitas gambar berkurang dan kualitasnya baik-baik saja. Dan sepertinya memang 2 hal itu saja yang perlu diperhatikan ketika berbicara mengenai hubungannya dengan konten artikel blog.

Demikian yang bisa saya sampaikan mengenai cara compress foto secara online untuk mendukung artikel blog Anda. Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merubah Ekstensi File di Windows 10

Format atau ekstensi file di laptop Anda pasti akan sangat beragam. File dokumen bisa memiliki ekstensi .docx jika menggunakan WPS Office ataupun Microsoft Office Word, .txt, .pdf, .xlsx untuk dokumen Excel dan masih banyak lagi. Begitu juga foto/gambar dengan format .jpeg, .jpg, .png, maupun .gif dan sebagainya.

Sangat variatif karena banyaknya jenis file yang ada.

5 Elemen Dasar Desain Eksterior Rumah atau Bangunan

Jika anda ingin mengetahui lebih dalam mengenai apa itu desain eksterior untuk menciptakan rumah yang indah dan elegan tentunya harus memahami elemen-elemen yang menjadi dasar pembentuk sebuah bangunan tersebut. Elemen-elemen ini memiliki peran yang signifikan dalam mewujudkan keindahan dan fungsi yang tepat sehingga suatu bangunan menjadi seimbang sesuai dengan penggunaan material yang akan digunakan serta model dan gaya yang diinginkan.

Cara Agar Ikon Folder Tidak Menampilkan Thumbnail File Didalamnya

Di Windows 10 dan versi sebelumnya, ketika menampilkan ikon folder dalam ukuran yang besar (large) biasanya juga akan menjadikan isi folder tersebut sebagai bagian dari bagaimana folder ditampilkan ke pengguna. Misalnya isi folder Anda adalah beberapa foto. Maka salah satu diantara foto tersebut akan menjadi thumbnail dari tampilan folder. Ikon folder yang awalnya seperti hanya terdiri dari 1 warna kemudian bercampur dengan berbagai warna bahkan foto yang ada didalamnya.