8 Cara Efisien Untuk Menghemat Listrik di Rumah Anda

8 Cara Efisien Untuk Menghemat Listrik di Rumah Anda

Semakin lama, energi yang dikonsumsi atau digunakan manusia semakin tinggi. Mengingat, selain bertambahnya jumlah penduduk setiap tahun, perkembangan teknologi pun memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap pemakaian energi tersebut.

Disisi lain, sumber-sumber energi yang digunakan saat ini sifatnya terbatas. Sehingga ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini masih berlomba-lomba menemukan alternatif lain yang jumlahnya cukup atau bahkan tidak terbatas.

Hemat listrik secara efisien di rumah

Listrik merupakan salah satu bentuk energi yang sangat dekat dengan kita. Kehadirannya yang tidak gratis karena dibebankan pada biaya sejauh mana dan sebesar apa kita menggunakannya tidak hanya bermanfaat tapi juga bisa menjadi beban tersendiri. Terlebih jika penggunaan listrik anda sangat tinggi yang berbanding lurus dengan tingginya pula biaya yang harus dikeluarkan.

Penggunaan berbagai teknologi pun kebanyakan masih sangat mengharapkan ketersediaan energi listrik yang cukup agar berbagai teknologi tersebut bisa digunakan dengan mudah.

Keadaan demikian, menuntut kita untuk memanfaatkan listrik secara bijak dan tidak menyia-nyiakannya secara percuma.

Didasari oleh berbagai keterbatasan diatas, ada cara yang bisa anda manfaatkan untuk menghemat penggunaan listrik ini agar ketersediaan energi tetap bisa dinikmati dalam jangka panjang, dan tentunya membantu anda untuk tidak terlalu banyak mengeluarkan uang untuk membayarnya.

Lebih tepatnya, terdapat 8 cara sederhana dan efisien yang bisa anda gunakan untuk menghemat listrk di rumah atau dimanapun agar tidak boros dalam pemakaian dan pembayarannya serta mudah untuk menerapkan cara-cara tersebut.

Mari, simak apa saja yang bisa anda lakukan untuk mencapainya.

1. Matikan berbagai peralatan elektronik otomatis yang sudah tidak digunakan

Terdapat banyak peralatan elektronik di rumah yang terkadang luput dari perhatian anda sehingga mengakibatkan pembengkakan penggunaan listrik.

Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Televisi (TV). Ada beberapa hal yang menyebabkan tv di rumah anda selalu menyala bahkan tidak anda tonton sekalipun, mungkin anak anda yang masih balita menginginkannya seperti itu, saat menonton anda kedatangan tamu, atau mungkin anda ketiduran hingga lupa mematikannya.

Cara utama adalah dengan mematikannya langsung. Namun kita terkadang lupa karena ada kegiatan lain yang menyedot perhatian. Jadi, coba gunakan cara yang kedua ini yaitu dengan menyetel timer pada televisi anda. Cara ini sangat sederhana tetapi banyak yang jarang menggunakannya. Anda bisa menyetel berapa lama anda akan menonton tivi dan secara otomatis pada jangka waktu yang anda tetapkan, tv anda akan redup dengan sendirinya.
Dispenser.

Dalam sehari, kebanyakan kita tidak akan terlalu banyak mengonsumsi kopi atau teh, mungkin hanya maksimal sampai 3 kali saja. Kecuali mungkin yang terjadi pada beberapa orang lainnya yang memang sangat membutuhkan air panas untuk menunjang aktivitasnya. Satu hal yang hampir bisa dipastikan adalah, menyalakan dispenser 1X24 jam dalam sehari semalam adalah langkah yang sangat berguna untuk memanfaatkan tenaga listrik secara sia-sia. Adek tekor, bang.

Cas laptop dan hp. Nah, ini juga yang sering kita abaikan di dalam rumah. Terlebih karena dayanya yang lemah yang secara sadar atau pun tidak kita menganggapnya tidak akan begitu menaikkan penggunaan listrik. Kalau dalam 24 jam mungkin tidak akan begitu anda rasakan, tapi bagaimana jika dalam sebulan anda sering membiarkannya tertancap pada colokan yang dialiri tegangan listrik secara terus-menerus?

Jadi, mulailah membiasakan diri untuk mengingat dan mencabutnya saja ketika tidak lagi digunakan. Begitu juga dengan colokan yang sering anda gunakan.

Secara garis besar, berbagai alat elektronik tersebut memiliki daya yang lemah hingga besar dan keduanya mampu memberikan sumbangsih penggunaan listrik yang tinggi hingga anda harus mengeluarkan uang yang berlebih.

Jika berbagai peralatan tersebut anda pandang remeh, maka anda harus tanggung sendiri akibatnya. Jangan abaikan meskipun itu hanya charger smartphone dengan daya kecil karena jika dibiarkan secara terus menerus, maka penggunaan listrik pun membengkak kalau diakumulasikan selama sebulan.

Jadi, mulai diperhatikan ya, guys. Oh ya, perhatikan juga berbagai peralatan elektronik lainnya yang belum saya sebutkan di artikel ini.

2. Gunakan lampu LED yang ramah lingkungan

Saat ini sudah terdapat banyak sekali produk di pasaran yang menawarkan kualitas lampu yang terang dengan daya yang kecil, bahkan fiturnya pun banyak yang bisa diatur secara otomatis untuk menghidupkan dan meredupkannya.

Selain ramah lingkungan yang di dukung dengan berbagai bahan yang tidak merusak, tagihan listrik pun bisa anda kendalikan dengan mudah.

3. Manfaatkan cahaya alami

Penggunaan sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan rumah anda memiliki banyak manfaat. Selain mampu menunjang kesehatan keluarga anda, hal ini juga bisa memberikan tambahan cahaya yang didapatkan oleh rumah secara alami.

Saat awal membangun rumah anda bisa merencanakan konsep yang mendukung masuknya sinar matahari langsung ke dalam rumah atau jika rumah anda saat ini sudah ditempati, buka sesekali jendela rumah anda lebar-lebar terutama pada pagi hari untuk mendapatkan manfaat yang banyak dari cahaya ini.

Sesederhana apapun cara yang anda lakukan, ini juga bisa sedikit menghemat penggunaan listrik di hunian anda.

4. Matikan listrik pada ruangan yang tidak sedang anda gunakan untuk beraktivitas

Pada sore dan malam hari ketika akan memasak di dapur, anda pastinya akan menyalakan lampu untuk menerangi ruangan tersebut agar aktivitas anda disana berjalan dengan baik.

Jika dapur sudah tidak anda gunakan lagi waktu itu, baiknya penerang yang anda gunakan langsung di matikan untuk menghemat penggunaan listrik.

Sesaat menjelang tidur pun, periksa kembali seluruh ruangan yang ada di tempat tinggal anda. Tentukan mana yang ingin tetap anda nyalakan lampunya dan mana yang tidak. Dan, pada saat tidur, untuk membantu meningkatkan kesehatan anda, baiknya mematikan lampu di kamar karena sangat bermanfaat untuk…

5. Gunakan lampu belajar yang memiliki daya yang rendah saat membaca atau bekerja di malam hari


Penggunaan lampu belajar atau lampu tempel (lampu duduk) saat membaca dan bekerja pada malam hari bisa sangat membantu menghemat listrik. Hal ini dikarenakan penggunaan energi listrik yang rendah. Saat menggunakan cara ini, anda bisa langsung mematikan listrik atau lampu utama di ruangan tersebut yang kemungkinan besar memiliki daya yang lebih tinggi untuk mengkonsumsi energi.

6. Efisien dalam menggunakan kulkas dan freezer

Jaga kulkas dan freezer anda pada suhu yang tidak berlebihan atau temperatur yang ideal. Biasanya, suhu ideal kulkas antara 2-3 derajat celcius, sedangkan, freezer adalah -18 derajat celcius. Perhatikan juga untuk selalu menjaga pintu atau penutup keduanya selalu rapat agar listrik tidak percuma dalam penggunaannya.

7. Jangan gunakan pendingin atau penghangat ruangan jika tidak diperlukan

Sudah sangat umum diketahui bahwa penggunaan kipas angin dan AC bisa sangat menguras banyak listrik di rumah anda. Jika memang tidak digunakan sama sekali, ingat selalu untuk mematikannya. Begitu juga dengan penghangat ruangan jika anda sering memanfaatkannya saat musim hujan atau kondisi cuaca yang dingin. Hanya ada satu alasan kenapa terdapat penghangat ruangan di rumah anda saat ini. Anda adalah orang kaya. Cieeeee...

8. Gunakan mesin cuci secara efisien

Jika anda menggunakan mesin cuci untuk membersihkan pakaian anda, baiknya memanfaatkan ruang yang tersedia pada mesin tersebut. Jangan hanya mencuci satu atau dua lembar saja pakaian karena hanya akan boros listrik. Jangan juga terlalu banyak agar mesin anda tetap terawat baik dan kuat bekerja.

Jika memungkinkan, pengeringan pakaian yang baru anda cuci dilakukan dengan menjemurnya langsung dibawah sinar matahari. Penggunaan pengering pakaian juga bisa menambah rentetan penyebab meningkatnya penggunaan listrik di rumah.

Nah, gimana, guys?

Ke-delapan cara diatas hanyalah awal untuk menghemat penggunaan listrik di rumah atau dimanapun anda berada. Dan, masih banyak lagi cara lainnya yang bisa anda gunakan agar penggunaan listrik tidak berlebih yang berakibat pada meningkatnya pula pengeluaran yang harus anda lakukan.

Dari beberapa cara diatas, sudahkah anda memulai melakukannya atau anda mungkin memiliki cara lain yang bisa dibagikan?


EmoticonEmoticon