Cara Menghapus Gambar di Postingan Blog Secara Permanen

Cara menghapus gambar yang telah di upload ke postingan blog secara permanen. Jadi jika sebelumnya posting artikel yang berisi gambar namun kemudian memutuskan untuk menghapusnya secara permanen, silahkan baca panduan ini. Tidak hanya dihapus dari postingan saja, namun juga dari lokasi penyimpanannya langsung (hosting) di Blogger. Jadi panduan ini khusus yang menggunakan hosting dari Google, bukan platform blog gratis lainnya.

Menghapus gambar di artikel blog secara permanen

Kita ketahui bersama bahwa hosting Blogger itu menggunakan kapasitas dari Google Drive dimana maksimalnya adalah 15 GB.

Untuk sekelas blog sih sebenarnya sudah banyak banget. Tapi siapa tahu Anda tetap ingin menghemat kapasitas tersebut atau alasan lainnya yang belum saya ketahui.

Cara menghapus gambarnya secara permanen adalah dengan mengunjungi Album Archive Google.

Setelah itu, silahkan cari folder penyimpanan terkait blog Anda. Kalau punya blog ini sih pertamanya adalah Photos from Blogger. Setelah di klik akan muncul beberapa folder lagi seperti nama folder dari deskripsi blog lainnya yang saya buat dengan akun yang sama dan juga deskripsi blog ini.

Saya perhatikan bahwa nama foldernya memang mengikuti pengaturan deskripsi blog kita sendiri. Jadi silahkan di klik di folder mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Setelah itu, akan muncul berbagai gambar dari seluruh postingan artikel kita. Temukan gambar yang ingin dihapus, buka untuk melihatnya, lalu klik pada simbol pengaturan (tiga titik) di sebelah kanan atas, dan pilih Delete Photo.

Selain untuk menghapus postingan gambar secara permanen yang telah dipublikasikan sebelumnya, Anda juga bisa mengunduh semua album foto yang ada.

Terhapus secara permanen yang saya maksudkan adalah tidak lagi muncul di mesin pencari Google terutama yang berbasis gambar (image).

Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon