Cara Mudah Untuk Belajar Bahasa Inggris? Coba Langkah Ini

Siapapun anda, baik pemula maupun sudah dalam tahap lanjut untuk belajar bahasa inggris, agar memudahkan proses belajar tersebut, cara ini juga bisa anda gunakan untuk belajar bahasa apapun yang anda butuhkan.

Belajar sendiri bahasa inggris

Jika anda pernah merasa dan berpikir bahwa "saya sudah belajar bahasa inggris sejak SD, sudah bertahun-tahun lamanya, tapi kok tidak ada peningkatan yang signifikan?" maka artikel ini mungkin bisa membantu anda.

Coba dipikir kembali, sejak beberapa tahun yang lalu mungkin anda sudah berkenalan dengan bahasa ini, namun masih saja anda menemui beberapa permasalahan. Lebih tepatnya, ada 3 persoalan utama yang sering dihadapi, seperti:

Jumlah perbendaharaan kata (vocabulary) yang anda ingat hanya sedikit, padahal sebelumnya sudah banyak sekali yang anda hafal tapi dengan mudahnya lupa.
Kesulitan menyusun kalimat sesuai tata bahasa yang dianjurkan (Tenses) bahkan terkadang kebingungan saat speaking maupun menulis.

Lidah terasa kaku saat ingin lancar berbicara langsung pada situasi yang mewajibkan anda berbahasa inggris (ngomong sama bule, misalnya).

Jika ketiga hal diatas ingin anda atasi, akan saya berikan caranya. Juga, bagaimana agar anda lebih efektif lagi menguasai bahasa inggris. Bahkan, anda tidak harus capek-capek bolak-balik tempat kursus yang terkadang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Belum lagi, biaya mondar-mandir anda menggunakan transportasi baik umum maupun pribadi. Kalaupun harus kursus, paling cuman ingin ngetes kemampuan TOEFL atau mendapatkan sertifikatnya.

Kunci dari teknik ini hanya 1 yaitu KONSISTEN.

Dan, jika anda menerapkan cara-cara yang akan saya bagikan ini, silahkan nilai sendiri peningkatan yang sudah anda dapatkan. Gak usah berbulan-bulan, seminggu pun sudah bisa anda lihat hasilnya. Yang jelas, cara ini sangat realistis.

Berikut langkah-langkah yang bisa anda lakukan sesuai dengan pengalaman penulis sendiri.

1. Hafal kata dalam bahasa inggris pada objek yang HANYA ada di sekeliling kita

Hampir semua orang yang pernah belajar bahasa inggris tidak perlu diajari lagi bahwa eye adalah mata dan tangan adalah hand, betul?

Ini hanya asumsi saya saja sih. Tapi jika dipikir kembali, kita cenderung akan mampu mengingat lebih lama hal-hal yang dekat atau selalu berada di sekeliling kita. Entah itu nama jenis sayuran yang sering di konsumsi, bagian-bagian dalam rumah, anggota badan kita sendiri dan juga benda-benda di sekitar kita.

Semakin sering melihat suatu objek tertentu, semakin besar pula peluang untuk tidak melupakannya.

Oh ya, tahu gak apa bahasa inggrisnya gagang pintu? Beberapa orang yang saya tes tidak tahu sama sekali, padahal benda tersebut dipegang setiap hari.

Langkah pertama ini bermanfaat untuk memperbanyak vocabulary yang memberikan anda peluang untuk tetap mengingatnya. Toh, ini juga bisa menjadi langkah awal untuk pengenalan kata benda dan kata sifat.

2. Tulis perbendaharaan kata diatas kertas yang bisa dibawa kemana-mana dan usahakan untuk bersuara saat menghafal berbagai kata tersebut

Cara kedua yang saya gunakan terbilang masih cara lama. Dan ini sifatnya opsional.

Karena saya lebih cenderung mengingat hasil bacaan dari buku alias dengan media kertas, maka penggunaan hp atau teknologi lain tidak hanya pada hal-hal tertentu saja yang sifatnya tidak direncanakan (dadakan). Tentu saja hal ini bisa Anda sesuaikan dengan diri anda; akan menggunakan media yang mana!?

Ini juga cuma asumsi. Tapi saya merasa bahwa dengan menuliskannya, mata dan tangan juga akan ikut “merekam” aktivitas tersebut. Ujung-ujungnya memang akan bermuara ke otak juga sih. Namun berdasarkan pengalaman, semakin banyak anggota tubuh yang terlibat, semakin cepat pula menghafal.

Untuk semakin memaksimalkannya, pelafalan dilakukan dengan sedikit menaikkan intonasi suara. Yah, setidaknya Anda sendiri mendengarnya. Hal ini juga nantinya akan sedikit membantu mengurangi “kekakuan” lidah terhadap kata baru dalam bahasa asing. Kalau dibaca dalam hati, itu sinetron namanya.

Jika tidak ingin menuliskannya di kertas, silahkan gunakan aplikasi hp. Semua tergantung Anda.

3. Hafal minimal 10 kata dalam sehari atau sesuai kemampuan Anda

Angka sepuluh bagi saya adalah jumlah yang cukup adil bagi kelompok umur yang tergolong muda. Dan, kayaknya semakin muda, semakin besar pula kemampuan otak untuk menyimpan sebuah informasi. Saya tidak menyebutkan 20 bahkan minimal 50 kata karena bisa jadi jika anda adalah seorang karyawan yang sibuk, hal tersebut akan sangat merepotkan.

Dan, pengalaman saya pun memang hanya menghafal 10 kata saja dalam sehari. Apalagi mengingat bahwa belajar bahasa inggris itu tidak hanya dalam satu atau dua hari saja.

Selanjutnya, saya ingin mengajak anda untuk melakukan perhitungan matematika sederhana. Jika anda mampu menghafal jumlah minimal kata ini dalam sehari, berarti dalam seminggu, anda akan menghafal 70 kata (10 kata X 7 hari), dan dalam sebulan anda akan memiliki 300 kata baru (dengan asumsi 1 bulan = 30 hari). Hanya dalam waktu 3 bulan, anda sudah bisa menghafal sekitar 900 kata.

Meskipun anda pemula, jika anda konsisten selama 3 bulan saja, saya sangat yakin bahwa anda sudah bisa berbahasa inggris dengan lancar untuk hal-hal yang sederhana. Dan, jika sebelumnya anda sudah pernah belajar, akan ada ribuan bahkan belasan ribu kata yang sebenarnya sudah anda kuasai.

Anda juga bisa menentukan sendiri berapa jumlah minimal kata yang ingin anda hafal setiap hari. Hanya saja, jangan terlalu "rakus". Saya tahu bahwa anda ingin cepat belajar bahasa inggris, tapi anda juga harus tahu kemampuan anda sendiri, karena anda akan menghafalnya selama berbulan-bulan.

Intinya, tetap realistis dalam menentukan target minimal kata ini, apalagi kalau IQ kita sama. Sama-sama standar, bahkan mungkin bocor? haha.

4. Menghafal dan memahami Tenses

Terkadang, saat berbicara langsung atau bahkan menulis dalam bahasa inggris, kita tidak paham mengenai penggunaan struktur bahasa itu sendiri. Dan faktanya, orang inggris atau negara yang menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa ibu pun melakukan kesalahan yang sama dengan kita.

Serius!!!

Secara garis besar, tenses ini merujuk pada kalimat yang kata-katanya disesuaikan sesuai konteks waktu. Tepatnya ada 16 tenses dalam bahasa inggris. Misalnya, kalau dalam bahasa indonesia, kata "pergi" pada waktu saat ini digunakan untuk menjelaskan kegiatan yang saat ini terjadi, dan jika ingin menjelaskan kejadian masa lampau (past), kata yang digunakan juga tetap "pergi". Tidak mengalami perubahan apapun. Kita hanya perlu merubah keterangan waktunya saja. "pergi sekarang" menjadi "pergi kemarin" (bentuk lampau).

Berbeda dengan bahasa inggris.

Dimana "pergi" yang sama dengan Go berubah menjadi Went untuk menjelaskan ketika kegiatan tersebut sudah berlalu. Tapi saya tidak ingin menjelaskan ini lebih jauh pada artikel yang sekarang.

Saya hanya ingin mengingatkan bahwa ini juga perlu anda pelajari. Cara yang saya gunakan agar tidak lupa dalam mengingat ke-16 tenses ini adalah, dalam seminggu, minimal satu kali anda mengulang hafalan tenses ini hingga anda benar-benar memutuskan untuk tidak menghafalnya lagi.

Jadi, sekarang ada 2 yang harus anda hafal dan pahami yaitu, perbendaharaan kata dan rumus-rumus dari Tenses.

Jika ingin melakukan langkah lanjutan untuk penerapan kata yang sudah dihafal plus tenses, membuat blog berbahasa inggris bisa juga sangat membantu. Hitung-hitung latihan kalau gak ada teman atau bule yang bisa diajak ngomong. Chatting juga boleh.

5. Tentukan waktu kapan untuk mulai menghafal dan melakukan pengulangan terhadap hafalan Anda

Ingat, hanya dengan menghafal sekali saja tidak akan benar-benar membantu anda untuk mempelajari bahasa inggris. Dibutuhkan pengulangan terhadap apa yang sudah anda hafal selanjutnya.

Cara yang saya lakukan adalah, menghafal 10 kata baru pada poin ke 3 diatas pada pagi hari dimana otak masih dalam kondisi yang segar. Ibaratnya, belum terkontaminasi dengan berbagai informasi hoax atau informasi tidak penting lainnya. Setelah itu, melakukan pengulangan hafalan pada siang, sore dan malam hari.

Jika anda menghafal pada siang hari, berarti anda hanya akan mengulanginya dalam 2 waktu saja yaitu sore dan malam hari. Mengenai intensitas atau frekuensinya, silahkan sesuaikan dengan waktu anda. Maksud saya begini, bisa dikatakan bahwa siang hari itu kan dimulai dari jam 12 hingga jam 3 (mulai sore) yang berarti anda memiliki 3 jam. 3 jam ini bisa anda manfaatkan untuk mengulangi hafalan tersebut sebanyak yang anda mampui. Begitu juga pada sore dan malam harinya.

Jika berkenan, lakukan 3 kali saja pada siang hari, 3 kali pada sore hari, begitu juga pada malam hari. Jadi, totalnya 9 kali pengulangan dalam sehari. Dan untuk melakukannya, maksimal hanya butuh setengah jam saja untuk melakukan pengulangan tersebut.

Itu adalah pengulangan minimal dalam skala harian. Dan, usahakan pengulangannya pun minimal sekali dalam sehari jika waktu anda tidak memungkinkan. Malam hari adalah saat yang baik untuk pengulangan anda, karena suasananya lebih tenang dibanding waktu lainnya.

Pengulangan kedua yang saya lakukan adalah mingguan. Jadi, tulisan di kertas yang anda bukukan sebelumnya tadi jangan dibuang. Pengulangan mingguan dilakukan dengan mengingat kembali kata dan kalimat yang anda hafal selama satu minggu tersebut. Jadi, jika anda benar-benar serius, tentukan kapan akan mulai menghafal kata dalam bahasa inggris supaya anda tahu kapan waktu yang tepat untuk menghafal kembali kata dalam seminggu terakhir.

Ini juga harus konsisten karena saling berkaitan satu sama lain. Semakin sering anda melakukan pengulangan, kerja keras anda sebelumnya semakin sulit untuk dilupakan.

6. Langkah pengembangan proses belajar bahasa inggris

Pada poin ini, pertama saya akan menjelaskan kenapa saya tidak begitu bergantung pada aplikasi hp seperti kamus terjemahan. Saya juga tidak akan membuat poin khusus aplikasi hp pada artikel ini. Terlebih, bagi yang benar-benar ingin belajar, pasti banyak yang sudah menginstallnya di hp masing-masing.

Secara garis besar, saya hanya menggunakan aplikasi hp pada waktu-waktu tertentu saja. Misalnya, ketika membaca atau mendengar kata baru yang tidak saya ketahui maknanya.

Penggunaan hp menurut pengalaman saya justru sangat tidak membantu proses belajar ini. Saya merasa seolah "dimanja" oleh teknologi karena dengan mudahnya bisa diakses. Dan, dengan mudahnya juga bisa dilupakan.

Oleh karena itu, saya memilih untuk menulis di kertas seperti pada poin nomor 2 diatas. Semakin mudah kita mengakses informasi, besar peluang kita akan mudah juga melupakannya. Pertama, karena saat menggunakan aplikasi kamus, saya yang tadinya hanya ingin mengetahui terjemahan dari satu atau dua kata, berakhir dengan mencari beberapa kata tambahan. Bahkan, menjadi 10 atau mungkin 20 kata.

Disisi lain, saya sudah menetapkan untuk menghafal 10 kata saja dalam sehari. Dan, memang itu kemampuan hafalan saya. Pada tahap ini, saya dibuat semakin rakus untuk belajar. Dan, ini adalah hal yang harus dihindari.

Kedua, saat membuka hp untuk menunjang pembelajaran ini, harus diakui bahwa banyak diantara kita tergiur untuk membuka berbagai aplikasi social media atau aplikasi pengirim pesan seperti WhatsApp dan lain sebagainya. Apalagi, jika ada notifikasi baru. Makin kehilangan arah dari tujuan awal untuk belajar.

Tentunya, penggunaan aplikasi ini optional. Terserah anda. Yang penting jangan jadikan prioritas.

Setelah itu, mari lanjutkan bacaannya mengenai bagaimana saya mengembangkan proses belajar bahasa inggris ini.

Ada banyak cara mengembangkannya, dan bahkan sebenarnya mungkin sudah dilakukan tanpa anda sadari. Ketika saya ingin mengetahui lirik lagu barat, saya langsung mencarinya dengan bantuan Google. Lalu, belajar memahami dan menerjemahkannya. Saya juga mendownload subtitle atau teks film barat yang saya tonton di laptop. Tentunya yang subtitle bahasa inggris.

Hal menarik yang saya temukan adalah, banyak diantara lagu dan film tersebut yang pengucapannya atau bahasanya sangat sederhana tapi ketika didengar langsung terkadang membingungkan, bahkan kita merasa tidak mengetahuinya sama sekali. Karena itu, saya biasanya langsung mendownload subtitle film di website seperti subscene.com.

Melalui lagu dan film tersebut, anda juga bisa langsung belajar mendengarkan bahasa inggris dari penutur aslinya tanpa harus berteman dekat dengan mereka. Jadi, jika anda ingin mendengar langsung bagaimana pengucapan suatu kata atau kalimat, cara ini bisa sangat membantu sekali.

Di kamus memang sudah dituliskan cara pengucapannya, tapi tanpa mendengar langsung, hal itu bisa menjadi mustahil untuk diketahui.

Anda juga bisa membaca informasi yang menarik menurut anda di jutaan website yang ada dalam bahasa inggris. Hal ini berguna untuk mengasah kemampuan berbahasa anda. Juga, membantu anda mengetahui tren terbaru mengenai istilah-istilah tertentu seperti idiom (ungkapan).

7. Melatih pengucapan dengan cara yang mudah tapi jarang diajarkan

Sebelumnya, saya sudah menyampaikan mengenai kenyataan bahwa anda ingin lancar berbahasa inggris dan sudah banyak kata yang anda hafal dengan sangat baik. Tapi, saat ingin mengucapkannya, lidah anda terasa kaku. Dan, memang kaku secara harfiah yah. Ibaratnya, susah lah pokoknya saat mau ngomong. Paham, ya?

Jarang diajarkan disini maksudnya belum pernah saya baca di blog atau di website manapun. Kalaupun sudah ada, mungkin sayanya saja yang belum membacanya.

Salah satu guru bahasa inggris saya dulu mengajarkan bahwa, jika ingin benar-benar lancar dalam pengucapan bahasa inggris, silahkan baca teks apapun dengan bahasa itu dengan cepat. Baca tok, jangan sambil menerjemahkannya. Bacanya yang cepat dan jika ada kata yang belum anda tahu pengucapannya, berhenti disitu dan cari bagaimana pengucapan yang tepat. Lalu, ulangi bacaannya lagi dengan cepat hingga menemukan kata baru lagi yang anda belum pahami pengucapannya.

Saya bahkan membeli novel lama (karena murah) untuk tahap ini. Anda juga bisa menggunakan konten website dalam bahasa inggris. Saya membeli novel karena lebih mudah membacanya tanpa harus menghadapkan mata di layar komputer yang membuatnya cepat lelah.

Manfaat membaca cepat ini yang saya rasakan adalah untuk:
Menemukan kata baru yang belum pernah diketahui sebelumnya.
Membuat lidah terbiasa terhadap kata dalam bahasa inggris bahkan untuk yang susah sekalipun pengucapannya.

Dalam seminggu, jika sering melakukan cara ini, anda sudah bisa merasakan manfaatnya.

Saya tidak tahu apakah ini akan cocok dengan anda, tapi saya juga melakukannya dan benar-benar sangat membantu. Setidaknya, hingga saat ini saya bisa lancar ngomong bahasa inggris dengan bule, menulis di blog bahasa inggris yang juga dibaca oleh bule. Bahkan, di facebook, teman-teman dari Amerika seringkali mengajak berdiskusi.

Padahal, saya mah apa atuh.

Jika ada cara lain yang menurut anda dapat membantu untuk belajar bahasa inggris dengan mudah, silahkan tuliskan di komentar ya. Dan, jika anda merasa artikel ini bermanfaat, bagikan juga kepada orang yang lainnya atau teman anda sendiri.

Jangan lupa beritahu saya jika anda menggunakan cara ini, barangkali anda mengalami perkembangan pembelajaran melebihi saya sendiri.


EmoticonEmoticon