Pulau Komodo Sebagai Salah Satu Destinasi Wisata yang Menarik Dikunjungi

Pulau Komodo merupakan salah satu pulau yang termasuk dalam deretan kepulauan yang ada di Nusa Tenggara Timur. Secara administrasi, berada dalam wilayah Kabupaten Manggarai Barat, Kecamatan Komodo.

Nama Komodo sepertinya berasal dari nama suku asli yang juga mendiami wilayah yang sama yaitu Suku Komodo. Dipercaya juga bahwa mereka bisa atau memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan hewan yang sangat langka tersebut.

UNESCO sendiri pada 1991 silam telah meresmikan Taman Nasional Komodo dalam kategori Situs Warisan Dunia dan Pulau Komodo merupakan salah satu pulau yang termasuk dalam warisan dunia tersebut. Prestasi lain yang juga telah diraih adalah salah satu pulau yang masuk dalam The New 7 Wonders yang kita kenal sebagai 7 Keajaiban Dunia pada September 2011 lalu.

Semakin gencarnya promosi wisata baik dilakukan oleh Pemerintah Pusat maupun daerah, menjadikan Pulau Komodo sebagai salah satu dari sekian banyak destinasi favorit yang ada di Indonesia. Bahkan penulis sendiri seolah ingin memasukkannya sebagai salah satu yang wajib saya kunjungi suatu saat nanti.

Bukannya apa-apa, sebagai hewan langka yang masih hidup sejak jutaan tahun lalu hingga hari ini, tentunya jika mampu melihatnya secara langsung merupakan pengalaman yang sangat luar biasa, bukan?

Selain itu, rentetan kepulauan disekitarnya sepertinya menjadi semakin menarik untuk dikunjungi.

Adanya Pantai Pink (Pink Beach) karena pasirnya berwarna merah muda juga menambah keunikan pulau ini. Dan mengenai hal ini, pantai dengan warna yang demikian hanya ditemukan dalam jumlah seratusan di seluruh dunia. Entah berapa jumlah pastinya. Yang jelas, semakin menambah pula nilai kelangkaan dari suatu destinasi wisata sehingga terasa semakin istimewa.

Hingga saat ini, telah berjumlah ribuan komodo yang ada disana yang dilepas secara liar atau tumbuh di habitat aslinya. Oleh karena itu, makanannya pun adalah hewan yang juga berada di alam terbuka seperti kuda dan sebagainya.

Sebagai suatu destinasi wisata, sudah barang tentu bahwa pengunjungnya pun adalah para wisatawan atau turis. Namun yang lebih menarik lagi adalah, ternyata juga dikunjungi oleh para naturalis dan peneliti dari berbagai negara. Nampaknya, keingintahuan para ilmuwan juga ikut berkontribusi dalam menjadikan Pulau Komodo sebagai salah satu laboratorium alam untuk meneliti pola hidup kadal raksasa ini.

Beberapa foto yang pernah saya lihat di internet juga memanglah sangat eksotis pulau ini. Pemandangan matahari terbenam yang sangat magis diatas bukit yang bisa dikunjungi dengan berjalan kaki sebentar cukup banyak dan mudah ditemukan secara online. Belum lagi, pulau inipun menawarkan layanan untuk snorkling dan diving di perairan yang begitu kaya akan kehidupan lautnya karena merupakan pertemuan antata arus dingin dan juga panas sehingga terasa hangat.

Pertemuan kedua perairan tersebut menjadi salah satu indikator dimana akan terdapat banyak ikan di laut sana.

Sempurna lah sudah untuk standar saya dimana laut dan kehidupan darat menyajikan begitu banyak atraksi wisata yang sayang untuk dilewatkan. Masih dalam negeri sendiri pula.

Tentunya sangat bangga dengan keadaan yang demikian. Hal tersebut juga tidak lepas dari apa yang telah dilakukan oleh masyarakat setempat dalam menjaga dan melindungi kehidupan yang ada.

Habitat yang masih asli dan kehidupan alam liarnya menjadikan petualangan di Pulau Komodo sangat pantas untuk dinantikan suatu saat nanti.

Bagaimana dengan Anda, apakah sudah pernah kesana?


EmoticonEmoticon