2 Elemen Utama Pembentuk Ruang Taman Rumah dan Bangunan

Taman merupakan salah satu unsur penting bagi rumah atau bangunan. Bahkan, keberadaannya sudah menjadi suatu keharusan karena mampu memberikan berbagai manfaat yang vital bagi kehidupan. Baik bagi penghuni rumah, merasakan manfaat dari taman yang ada di rumah anda dan komunitas lainnya lakukan hingga saat ini.

Elemen taman rumah

Dengan berbagai elemen penyusunnya, taman mampu menghadirkan nuansa yang berbeda dari tampilan rumah tinggal anda saat ini. Kesejukan, keindahan, aroma bunga merupakan beberapa kesan yang secara ajaib mampu dimunculkan dari sebuah taman, sekecil apapun ruang yang menjadi lokasi taman tersebut.

Secara umum, taman yang diciptakan di halaman akan mengikuti desain dari rumah itu sendiri. Banyak juga yang membuatnya disesuaikan dengan topografi, ukuran ruang, dan jenis tanaman serta keinginan dari pemilik lahan itu sendiri. Kesemuanya dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan keseimbangan antara estetika, kenyamanan, bahkan keamanan antara pemilik bangunan dengan lingkungan baik ruang dalam maupun luarnya.

Secara sederhana, elemen pembentuk ruang taman dapat didefinisikan sebagai segala sesuatu yang berhubungan, yang disusun sedemikian rupa sehingga tercipta keselarasan dan keseimbangan yang bisa kita nikmati. Dan, dari banyaknya elemen yang ada hingga saat ini, saya akan memberikan pengelompokannya menjadi dua agar lebih mudah untuk dipahami yaitu elemen keras (Hardscape) dan lunak (Softscape).

1. Hardscape yang terbentuk dari elemen atau material keras/solid

Elemen pertama ini secara umum dan kebanyakan bisa dikatakan tercipta dari benda mati yang sering juga dikenal dengan istilah ornamen taman. Keberadaannya yang bersifat dekoratif akan memberikan pengaruh tampilan taman secara keseluruhan dan juga memiliki aksen yang sangat beragam sehingga memberikan nilai estetika yang juga berbeda jika diterapkan.

Beberapa contoh hardscape yang sering digunakan dan anda lihat adalah sebagai berikut:

- Patung

Sebagai salah satu elemen keras, patung biasanya merupakan kombinasi material seperti batu, pasir dan semen dan sebagainya yang merupakan ungkapan kreatif dalam bentuk 3D yang pengerjaannya melibatkan beberapa teknik. Pada banyak taman rumah, kerap ditemui patung dewa dan malaikat sebagai simbol penjaga rumah tersebut. Terlepas dari tujuan patung dengan bentuk tersebut, benda ini memang memiliki nilai seni tinggi dan juga mahal bila dihadirkan sebagai elemen dekoratif sebuah taman.

- Lampu taman

Selain sebagai alat untuk menerangi ruang yang ada disekitarnya dengan desain yang menarik dan juga fungsional, contoh kedua ini juga kerap ditemui baik di taman rumah maupun di ruang terbuka hijau publik. Dilihat dari efek dan kesan yang dipancarkan, lampu taman memiliki banyak ragam dan desain yang ditawarkan seperti lampu mercury, lampu sorot, neon, hingga lampu tradisional (obor dan ) dengan bahan bakar minyak tanah yang bisa dijadikan inspirasi.

Untuk memperlunak tampilan lampu taman, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengkombinasikan tiang lampu tersebut dengan tanaman merambat.

- Tempayan

Tempayan tampil eksotik di taman baik dengan atau tanpa ditanami tanaman seperti penggunaan untuk air mancur mini. Kalaupun terdapat tanaman, umumnya tempayan ditanami tanaman air, meskipun juga tidak dibatasi jika ingin memanfaatkannya sebagai pot bunga.

Penggunaannya juga sering digunakan sebagai center point karena desainnya yang cukup unik. Ukiran dari berbagai etnik  juga menjadikan tempayan tampil lebih elegan.

- Gazebo

Gazebo memiliki fungsi yang cukup penting dalam sebuah taman, apalagi bila taman yang bersangkutan berukuran besar.

Hampir semua aktivitas bersantai dan menikmati keindahan taman dilakukan di sini. Dalam keadaan penat, gazebo adalah tempat yang sangat pas untuk menenangkan pikiran, apalagi bila taman yang ada di sekitarnya begitu estetik.
Sebaiknya, gazebo juga bisa digunakan sebagai tempat untuk bernaung dari panas matahari dan curahan air hujan.

Di samping fungsi utamanya, tampilan gazebo yang estetik dan unik akan menambah keindahan sebuah taman. Misalnya, atap gazebo yang terbuat dari ijuk memberikan kesan alami sebuah taman. Dinding dan tiang penyangganya yang terbuat dari kayu atau bambu juga memberikan nuansa pedesaan yang asri.

- Path

Jalan setapak pada taman memiliki arti yang sangat penting. Dengan adanya jalan setapak, tanaman—terutama rumput—tidak terinjak oleh kita saat ingin menikmati seluruh sudut taman. Di samping itu, beberapa jenis jalan setapak juga menambah keindahan sebuah taman rumah tinggal. Batu alam adalah yang sangat dominan dalam pemilihan bahan pembuat jalan setapak. Batu-batu tersebut ditata sedemikian apik hingga terbentuk motif-motif tertentu, misalnya berliku-liku, berstrata (undak-undakan), atau terpenggal-penggal yang disesuaikan dengan panjang langkah kaki. Penggalan-penggalan ini bisa berbentuk bulat, oval, segi tiga, atau kotak-kotak.

- Bebatuan alam

Batu-batuan alam yang ditata di dalam taman memberikan kesan alami. Pada taman Jepang, elemen batu alam digunakan sebagai penyeimbang kolam dan terkadang merupakan center point karena dominasi rumput yang cukup luas. Sementara pada taman tropis, batu yang digunakan cenderung sekaligus dipadukan sebagai jalan setapak.

Warnanya pun tidak hanya terbatas pada warna hitam. Kuning dan putih merupakan beberapa jenis warna yang sesuai untuk dipadukan dengan warna rumput yang umumnya berwarna hijau.

- Ayunan

Ayunan memang kurang familiar pada beberapa jenis taman. Namun, pada taman Jawa, ayunan digunakan sebagai tempat untuk bersantai di taman. Bahan yang bisa digunakan untuk ayunan pun cukup beragam, mulai dari besi, kayu atau bambu, hingga tali atau tambang yang disusun.

Aksen warna yang muncul dari ayunan juga bisa menyemarakkan taman, apalagi bila taman tersebut kurang semarak dengan kehadiran bunga-bungaan.

Namun, ayunan umumnya ditambahkan bila taman yang dimiliki memiliki area yang cukup luas karena ukuran ayunan sendiri cukup besar. Bila taman yang dimiliki sempit, di samping keterbatasan lahan juga tidak terciptanya proporsional antara ayunan dengan elemen penunjang taman lainnya, terutama elemen lunak (tanaman).

- Gerabah atau pot

Pernak-pernik dari gerabah—misalnya gentong—menjadi pilihan ketika kesan etnik ingin dimunculkan dari taman. Ukiran bentuk lucu bisa menjadi motif dari pernak-pernik ini. Bentuk pernak-pernik ini juga bisa dihadirkan lewat tempat sampah atau tempat duduk. Pot tanaman yang berbentuk unik juga kerap dijadikan sebagai elemen dekoratif yang estetik.

2. Softscape yang terbentuk dari elemen atau material lunak/halus

Elemen lunak biasanya terdiri dari tanaman dan binatang. Namun, dominasi tanaman tentunya lebih banyak. Keberadaan binatang di sini umumnya dipengaruhi oleh tanaman. Kupu-kupu misalnya, hadir ke taman karena daya tarik dari bunga. Sari-sari bunga merupakan daya tarik bagi kupu-kupu. Sebenarnya, keduanya mendapatkan keuntungan dari pertemuan tersebut. Bunga bisa melakukan penyerbukan berkat bantuan kupu-kupu, sedangkan kupu-kupu sendiri memperoleh makanan dari sari bunga.

Softscape (elemen Lunak) merupakan elemen landscape yang terdiri dari elemen kehidupan dan elemen hortikulutura, yang meliputi bunga, tanaman, semak, pohon, dan sebagainya. Tujuan adanya elemen softscape adalah untuk memberi karakteristik pada taman landscape, menciptakan kesan, suasana, dan kepekaan pada orang sekitar. Pada elemen lunak, untuk tanaman biasanya perpaduan antara tanaman perdu, tanaman merambat, tanaman peneduh, tanaman berbunga, dan juga tanaman penutup tanah (seperti krokot, blue eyes, bawang-bawangan, maupun rumput). Selain tanaman, air juga termasuk elemen lunak yang bisa dihadirkan pada taman.

Kedua elemen ini sangat penting dalam membentuk susunan atau komposisi taman landscape. Bentuk tanah, bebatuan, dan juga berbagai macam bentuk dan warna dari tanaman bisa memberikan kesan kesegaran dan kenyamanan. Sirkulasi udara juga menjadi semakin baik karena adanya taman ini, baik untuk dalam ruangan maupun luar ruangan.


EmoticonEmoticon