Ingin Tetap Ngeblog Tapi Waktu Tersita Oleh Pekerjaan?

Sebagai seorang karyawan, tentunya waktu dari pagi hingga sore hari akan lebih banyak diluangkan untuk fokus mengerjakan pekerjaan di kantor. Waktu untuk istirahat pun hanya sejam kala rehat di siang hari. Meskipun begitu, hasrat untuk mengembangkan blog tetap saja menggebu.

Agar selalu semangat ngeblog

Alhasil, waktu untuk menyiapkan tulisan di blog didominasi pada malam hari hingga setelah subuh. Kalau mau dikurangi lagi dengan jumlah jam untuk keluarga dan juga teman serta waktu istirahat, tentu kegiatan di blog menjadi seolah mustahil untuk dilakukan.

Tapi sebenarnya masih bisa kok nyuri-nyuri waktu jika tetap dipikirkan. Hal pertama yang bisa membantu sebenarnya adalah target pencapaian. Jika Anda ingin mempublikasikan minimal 1 artikel per hari, yakin saja pasti bisa.

Namun mungkin gak usah terlalu fokus untuk riset keyword, analisa kompetitor dan langkah teknis lainnya yang mungkin saja akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Apalagi untuk kelas blog gado-gado. Bukannya saya larang sih, namun bisa saja waktunya tidak mencukupi.

Atau bisa dengan menargetkan untuk mempublikasikan artikel dalam rentang mingguan, misalnya satu atau beberapa artikel dalan satu minggu. Mau yang durasi bulanan pun, sah-sah saja. Terserah kemampuan dan juga kesibukan Anda.

Penggunaan hp pun sangat saya sarankan sebagai alat utama untuk ngeblog karena bisa dibawa kemana-mana. Saat nongkrong di malam hari, sebenarnya terkadang kita masih mampu untuk menulis ratusan kata meskipun dalam 1 tulisan terkadang belum siap publikasi. Tapi kan masih bisa dilanjutkan lagi nanti. Ibaratnya kita kayak nyicil tulisan gitu. Dan mudah-mudahan, target mingguan tadi semoga bisa tercapai.

Fokusnya adalah, tetaplah menulis. Karena jika sudah diniatkan, dibuatkan rencana dan sebagainya, kemungkinan besar akan juga tercapai.

Saya juga mengakui bahwa penggunaan hp penuh dengan segala keterbatasan. Salah satunya adalah penggunaan gambar dalam postingan. Kalau menggunakan foto hasil kamera hp, ukurannya kebanyakan masih hitungan MB. Mengunduh di website lainnya pun masih dalam kapasitas ratusan KB kebanyakan.

Tapi kan sebenarnya masih bisa menyusul. Karena yang terpenting adalah tulisannya dulu jika memang konten utamanya adalah teks.

Selama Anda masih tetap semangat untuk mengurus blog, sebenarnya akan ketemu juga polanya sesuai dengan kemampuan Anda. Yakin bahwa akan tetap ada waktu untuk melakukannya. Selalu ada jalanlah pokoknya.

Yang penting jangan berencana untuk berhenti menulis ya, karena bisa jadi dari artikel di blog Anda, akan banyak manfaatnya untuk kebanyakan orang. Hitung-hitung dapat pahala.

Bagaimana menurut Anda?


EmoticonEmoticon