Langsung ke konten utama

15 Manfaat Sikat Gigi Bekas Ketika Bersih-Bersih Rumah

Sikat gigi bekas hampir bisa ditemukan di setiap rumah. Meskipun bisa jadi ada juga diantara kita yang belum menggunakannya untuk membersihkan gigi dan rongga mulut, keberadaan benda ini tetap saja mudah untuk ditemukan.

Memanfaatkan kembali sikat gigi bekas

Menjelang waktu pemakaian tertentu, benda plastik kecil ini tentu akan mengalami penyusutan hingga berakhir pula pada penurunan fungsi bendanya. Dan, skenario akhir yang biasanya juga kita lakukan ketika tidak lagi memakainya adalah dengan cara membuangnya ke tempat sampah.

Dalam jumlah yang banyak, membuangnya memang terlihat seperti sebuah solusi utama. Akan tetapi, ketimbang melakukan hal demikian, anda bisa memanfaatkan salah satu teknik mengurangi penggunaan plastik yaitu Reuse (menggunakannya kembali).

Memanfaatkan kembali sikat gigi bekas

Selain anda bisa berpartisipasi aktif terhadap pengembangan kesehatan lingkungan dan mencegah berbagai kerusakan alam karena sampah plastik, menggunakan ulang sikat gigi bekas anda bisa sangat membantu dan memang memiliki manfaat untuk meningkatkan produktivitas seperti dalam melakukan pekerjaan rumah (bersih-bersih) dan kegunaan lainnya.

Sebelum anda menggunakannya ulang, pastikan untuk membersihkan terlebih dahulu dengan cara merendam pasta gigi bekas anda selama beberapa menit di dalam wadah yang berisi air panas untuk menjaganya tetap bersih dan aman digunakan.

Berikut 15 cara pintar memanfaatkan sikat gigi bekas yang sudah anda miliki saat bersih-bersih di rumah dengan berbagai peralatan yang ada di dalamnya. Apa saja itu? Silahkan baca keseluruhan daftarnya di bawah ini!

1. Membersihkan kuku yang kotor

Memiliki kuku yang tidak terlalu panjang banyak dilakukan oleh orang tertentu terutama untuk mendapatkan penampilan yang lebih menarik lagi. Sayangnya, menjaganya agar tetap bersih tampaknya harus tetap anda lakukan setiap hari, kan?

Saat anda mencuci tangan anda dengan sabun, coba gunakan ulang sikat gigi bekas tersebut untuk menyikat bagian dalam kuku. Selain bisa menghilangkan kotoran, tampaknya penggunaannya pun cukup mudah dan singkat.

2. Membersihkan keyboard, casing komputer dan laptop

Ada 2 lokasi utama yang biasa menjadi target bersih-bersih saat menggunakan laptop yaitu monitor dan keyoardnya. Jika anda belum memiliki alat lain untuk membersihkan keyboard, anda bisa menggunakan sikat gigi bekas untuk menjangakau bagian bawah dan sela-selanya yang tadinya sulit untuk dibersihkan.

Saat membersihkan pc pun akan sangat membantu anda untuk menghilangkan kotoran dan debu pada kipas, bagian dalam casing, hardisk dan sebagainya. Bahkan, anda juga bisa membersihkan dudukan laptop yang biasanya memiliki rongga kecil yang berfungsi membantu sirkulasi udara.

3. Membantu membersihkan perhiasan dan berbagai aksesoris

Jika anda seringkali menggunakan perhiasan dan berbagai aksesoris lainnya untuk menunjang penampilan, ada baiknya anda juga memperhatikan tingkat kebersihan benda-benda tersebut. Pernah dibersihkan, gak?

Kalau ingin membersihkannya, gunakan juga sikat gigi bekas untuk membantu anda menghilangkan berbagai debu dan kotoran yang menempel. Terlebih pada beberapa bagian perhiasan yang biasanya memiliki tekstur dan bentuk tertentu. Gosok secara perlahan agar tidak meninggalkan bekas.

4. Manfaatkan sikat gigi bekas saat anda saat mencuci dan menyemir sepatu

Nah, ini juga mungkin yang sering anda lupakan. Saat mencuci sepatu, biasanya bagian pinggir dalam dan depan menjadi sangat sulit untuk dijangkau menggunakan sikat biasa. Untuk mengakalinya, anda bisa memanfaatkan sikat gigi bekas ini.

Selain bendanya yang cukup panjang hingga mampu menjangkau bagian depan dan dalam sepatu, penggunaannya pun bisa secara penuh membantu menghilangkan berbagai kotoran. Begitu juga pada bagian luar sepatu.

Jika anda ingin merawat kulit dan memiliki tampilan baru pada sepatu anda dengan menyemirnya pun sangat bisa dengan alat ini jika anda tidak memiliki atau kehilangan sikat semir sepatu anda.

5. Bermanfaat untuk membersihkan sapu

Sapu memang salah satu alat pembersih terutama pada lantai. Namun, sapu juga kan bisa kotor hingga sesekali harus dibersihkan. Saat anda membersihkan sapu, terkadang terdapat beberapa atau bahkan banyak helai rambut yang menempel. Anda bisa mengambilnya sendiri langsung menggunakan tangan tanpa bantuan apapun atau bisa memanfaatkan sikat gigi bekas ini.

Manjur loh guys, bersihin helai rambut tersebut menggunakan sikat gigi karena memiliki struktur yang sedikit padat dan cabang atau helai sikatnya yang banyak.

6. Membersihkan beberapa bagian furnitur dan mebel

Beberapa dan banyak peralatan rumah anda pasti sesekali sering dibersihkan, seperti lemari piring, meja dan kursi, dan sebagainya. Pada bagian-bagian tertentu, berbagai barang tersebut menjadi sulit untuk dibersihkan seperti bagian bawah pinggir meja dan kursi.

Daripada membuat jari-jari anda kelelahan dan hasilnya pun tidak begitu membantu, kenapa tidak menyikatnya saja menggunakan sikat gigi bekas? Selain mudah dalam menjangkaunya, hampir 100 % sepertinya bagian-bagian tersebut juga akan bisa anda bersihkan baik dari debu maupun sarang.

7. Membersihkan tungku atau dudukan pada kompor

Bukan rahasia lagi bahwa banyak kita temui dudukan panci di kompor rumah anda seringkali karatan atau memiliki kotoran yang menempel dan sangat sulit jika hanya menggunakan lap atau spons untuk menghilangkannya.

Daripada susah-susah, kenapa tidak mencoba menggunakan sikat gigi bekas saja?

8. Membersihkan sarung jok mobil

Jok mobil yang terbuat dari kulit, kadang kalau hanya modal di lap saja, gak mempan tuh kotoran yang menempel. Hal ini karena terkadang, pada banyak tipe jok mobil tersebut memiliki struktur yang sedikit kasar sehingga memiliki sela diantaranya. Dan disitulah bersemayam para debu dan kotoran.

Gunakan sikat gigi bekas, yang tentu saja harus anda terapkan secara perlahan agar tidak merusak permukaan kulit jok mobil anda.

9. Membantu menghilangkan kotoran saat mencuci motor

Jika anda tipe orang yang seringkali mencuci motor sendiri di halaman depan atau belakang rumah, atau mungkin kos-kosan, anda pasti sering ngerasain sulitnya membersihkan bagian roda/ban, bagian dalam dashboard, knalpot, rantai motor dan masih banyak lagi.

Ketimbang menggunakan kain yang terkadang oli menempel secara permanen, coba gunakan sikat gigi bekas ini untuk membantu anda menghilangkan berbagai kototran yang ada. Selain ampuh, kegiatan mencuci motor anda juga bisa dilakukan dengan cepat tanpa harus mengeluarkan banyak tenaga dan waktu.

10. Membersihkan bagian dalam kulkas

Seringkali, ketika menyimpan berbagai jenis makanan dan minuman di kulkas, entah di sengaja atau tidak, pasti akan ditemui tumpahan hasil penyimpanan tersebut. Untuk membersihkannya bersama dengan beberapa benda lainnya yang tidak diinginkan lagi, anda bisa memanfaatkan sikat gigi bekas ini. Terlebih untuk cairan yang sudah mengeras karena suhu kulkas.

11. Membersihkan kotoran pada lantai

Entah itu lantai di kamar anda maupun yang berada di kamar mandi. Bagian tersulit biasanya pada pinggir lantai kamar mandi dimana sikat biasa sangat sulit untuk menjangkaunya karena ukurannya yang besar hingga pinggir dan permukaan sikat tidak bisa membersihkan bagian tersebut.

Lain halnya sikat gigi bekas yang memiliki ukuran yang kecil yang membuat permukaan sikatnya lebih fleksibel untuk menjangkau lebih banyak bagian yang tidak bisa dilakukakan oleh alat lainnya.

Bahkan, anda pun bisa membersihkan permukaan wastafel tempat anda biasa mencuci piring atau tangan yang terkadang di desain dengan model yang melengkung.

Di dalam kamar mandi, jika anda menggunakan kloset duduk (bukan jongkok), bagian bawah dan belakangnya pun akan sangat mudah dibersihkan menggunakan sikat gigi bekas.

12. Membersihkan berbagai peralatan mobil dan motor

Jika anda hobi ngutak-atik kendaraan sendiri, pastinya anda juga memiliki berbagai peralatan-peralatan pendukung lainnya yang biasanya kotoran menempel dengan cukup erat karena sering digunakan dan dijejali oleh minyak atau oli.

Peralatan seperti obeng, tang, kunci inggris, baut dan sebagainya ini bisa dengan mudah anda bersihkan dengan bantuan sikat gigi bekas karena sifatnya yang mampu menjangkau sela-sela pada tekstur peralatan anda.

13. Kaca atau jendela rumah

Saat membersihkan kaca atau jendela rumah, terkadang bagian tersulitnya adalah bagian pinggir bawah yang bersentuhan langsung dengan dinding dan bagian pinggir kaca. Ga usah repot, gunakan sikat gigi bekas untuk membersihkan bagian-bagian tersebut!

14. Membersihkan peralatan memasak

Entah panci, kuali ataupun peralatan masak lainnya. Anda bisa membersihkan bagian bawah peralatan tersebut sejak pertama kali menggunakannya dengan sikat gigi bekas untuk menghilangkan bercak atau bahkan karatan yang sudah menghitam.

15. Kipas angin dan AC

Nah, ini juga biasanya yang menjadi salah satu alat di rumah yang banyak memiliki debu. Kipas angin dan AC biasanya memiliki banyak struktur berongga dan setiap bagian rongga tersebut hampir bisa dipastikan memiliki debu yang menempel. Jika anda langsung mengelapnya, anda harus berkali-kali membersihkan lap tersebut karena banyaknya debu yang harus disingkirkan.

Oleh karena itu, bersihkan berbagai debu tersebut menggunakan sikat gigi bekas dahulu, kemudian di lap untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal.

Gimana, guys? Masih ada lagi kegunaan sikat gigi bekas yang belum disebutkan disini?

Semoga bermanfaat, ya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merubah Ekstensi File di Windows 10

Format atau ekstensi file di laptop Anda pasti akan sangat beragam. File dokumen bisa memiliki ekstensi .docx jika menggunakan WPS Office ataupun Microsoft Office Word, .txt, .pdf, .xlsx untuk dokumen Excel dan masih banyak lagi. Begitu juga foto/gambar dengan format .jpeg, .jpg, .png, maupun .gif dan sebagainya.

Sangat variatif karena banyaknya jenis file yang ada.

5 Elemen Dasar Desain Eksterior Rumah atau Bangunan

Jika anda ingin mengetahui lebih dalam mengenai apa itu desain eksterior untuk menciptakan rumah yang indah dan elegan tentunya harus memahami elemen-elemen yang menjadi dasar pembentuk sebuah bangunan tersebut. Elemen-elemen ini memiliki peran yang signifikan dalam mewujudkan keindahan dan fungsi yang tepat sehingga suatu bangunan menjadi seimbang sesuai dengan penggunaan material yang akan digunakan serta model dan gaya yang diinginkan.

Cara Agar Ikon Folder Tidak Menampilkan Thumbnail File Didalamnya

Di Windows 10 dan versi sebelumnya, ketika menampilkan ikon folder dalam ukuran yang besar (large) biasanya juga akan menjadikan isi folder tersebut sebagai bagian dari bagaimana folder ditampilkan ke pengguna. Misalnya isi folder Anda adalah beberapa foto. Maka salah satu diantara foto tersebut akan menjadi thumbnail dari tampilan folder. Ikon folder yang awalnya seperti hanya terdiri dari 1 warna kemudian bercampur dengan berbagai warna bahkan foto yang ada didalamnya.