Melihat Tampilan Judul Artikel Blog di SERP Sebelum Dipublikasikan

Bagi Anda yang ingin melihat tampilan judul, link, maupun deskripsi artikel blog di hasil penelusuran mesin pencari khususnya Google sebelum artikel itu dipublikasikan, mungkin tulisan ini bisa sedikit membantu.

Terutama yang sangat getol dengan urusan SEO. Memang bisa dioptimalkan, terutama apakah akan terbaca oleh calon pengunjung atau tidak. Misalnya target kata kunci di judul apakah bisa ditampilkan atau malah terpotong karena ditempatkan di bagian paling belakang.

Melihat perilaku saya sendiri ketika mencari informasi di Google, jika kata kunci yang saya ketikkan tidak muncul di judul dan juga deskripsi artikel, biasanya linknya tidak saya klik. Hal yang sama mungkin saja juga dilakukan oleh pengguna lainnya.

Jadi jika Anda tertarik untuk mengoptimasinya, apalagi caranya yang cukup mudah, silahkan gunakan cara ini jika berkenan.

Caranya adalah dengan memanfaatkan situs yang menyediakan layanan terkait dan juga gratis.

Yaitu silahkan Anda kunjungi http://www.seomofo.com/snippet-optimizer.html.

Pada dasarnya, ini adalah sebuah simulasi tampilan terkait judul, link artikel dan juga deskripsinya sebagaimana yang saya kemukakan di awal.

Silahkan isi pada bagian title untuk judul artikel dan juga link serta description-nya pada kotak yang disediakan. Setelah itu, Anda akan langsung bisa melihat hasil simulasinya pada bagian bawah ketiga kotak pengisian yang ada.

Saya pribadi sih hanya memanfaatkan bagian judul saja untuk optimasi blog lainnya. Karena menurut saya ini penting agar tampilan judul yang diinginkan sesuai. Terlebih, penggunaan huruf kecil dan besar serta angka dan simbol memiliki satuan ukuran pixel yang berbeda-beda.

Jadi jangan hanya terpaku pada jumlah karakter saja. Maksimalnya memang memang belum jelas meskipun banyak yang percaya sejumlah 60 karakter, namun dibawah itu yaitu antara 40-50 tentu akan lebih baik.

Atau kalau ingin yang pas ya ukurannya adalah maksimal 600 pixel. Tapi kan kita tidak tahu ukuran masing-masing huruf dan juga angka serta simbol. Jadi akan lebih baik menggunakan layanan gratis ini.

Namun, website diatas sepertinya sudah tidak di update lagi. Karena itu, ada alternatifnya. Bahkan bisa dimanfaatkan sebagai yang utama. Terutama untuk judul, dan memang hanya untuk itu sih.

Yaitu layanan dari MOZ: https://moz.com/learn/seo/title-tag yang diberi nama Title Tag Preview Tool.

Cara melihat tampilan judul artikel blog

Silahkan dikunjungi jika berkenan untuk mengoptimasi judul artikel agar tampil lebih optimal lagi.

Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon