Penghasilan Blog Dari Google Adsense, JANGAN Terlalu Berharap!

Jadi ceritanya, blog sudah diterima oleh pihak Google Adsense nih? Blog Anda maksudnya. Namun masih juga tidak menghasilkan sebagaimana yang Anda impikan sebelumnya? Atau sudah memasang iklan berbulan-bulan bahkan setahun tapi belum juga bisa payout?!

Penyebab penghasilan Adsense menurun

Hmmm... Kok sama ya dengan nasib pengelola blog ini?!

Hingga tulisan ini dimuat, penulis belum sekalipun pernah merasakan hasil ngeblog dari Google Adsense. Sudah sekitar 6 bulan kayaknya. Kalau pas login di akun GA, mentok-mentok total penghasilannya masih belum nyampe juga seribu rupiah. Dan itu sangat nyata dan membahana sekali.

Kalau berbicara mengenai sebuah kesalahan dalam mengelola blog, saya kok ngerasanya baik-baik saja. Namun akan lain halnya jika berbicara mengenai sudah se-optimal apa saya dan mungkin juga Anda telah lakukan dalam membangun blog yang khusus untuk mendapatkan penghasilan dari jaringan periklanan milik Google ini.

Hal tersebut diataslah yang berusaha saya analisa dan kemudian membuat beberapa faktor yang barangkali menjadi alasan bahwa penghasilan yang diharapkan dari Google Adsense tak kunjung memenuhi batas minimal pembayarannya.

Saya pribadi sudah memiliki akunnya, seperti halnya juga Anda (mungkin). Namun karena sejak awal belum berencana menjadikannya sebagai media penghasilan utama, alhasil saya akui tidak begitu menganggapnya penting. Bahkan cenderung menyepelekan.

Gak gimana-gimana juga sih, karena masih ingin fokus kerja sebagai karyawan. Jika ada waktu untuk mengelola blog seperti membuat artikel dan mempublikasikannya, tentu waktu yang demikian akan tetap dimanfaatkan sebaik yang saya mampu.

Baiklah.
Kalau begitu saya akan memberikan alasan terkait kenapa Anda tidak harus terlalu berharap untuk mendapatkan penghasilan dari GA. Terlebih mereka yang masih saja menganggap bahwa seolah akan cepat kaya dengan hanya memasang iklan Google Adsense di blognya.

Tapi eh maaf ya. Bukannya mau mendahului takdir bahwa cepat kaya dengan Adsense itu mustahil, hanya ingin menyampaikan hal yang menurut saya realistis saja agar tidak kecewa nantinya. Ok sip.

1. Umur blog masih baru

Mengenai usia blog, kemungkinan besar akan sangat berpengaruh secara umum. Memang ada blog yang baru berumur mingguan dan sudah mendapatkan ribuan trafik dan juga jumlah klik valid terhadap iklan Adsense, namun secara keseluruhan, itu hanya terjadi pada blogger yang jumlahnya sangat sedikit.

Jika Anda sama dengan saya yang masih newbie dan belum banyak pengalaman dan pengetahuan, bisa saja hitungannya masih memiliki trafik yang cuma beberapa orang saja. Bahkan belum sama sekali.

Hal ini juga terkait dengan masih belum terkenalnya blog-blog kita karena masih baru. Baik di kalangan pembaca atau pengguna internet maupun oleh mesin pencari itu sendiri.

Domain blog yang sudah lama juga turut andil dalam meningkatkan ranking suatu blog sehingga kepercayaan antara pembaca dan juga mesin pencari berpeluang untuk didapatkan dengan mudah.

2. Trafik blog masih sedikit

Ada blog yang artikelnya baru hitungan biji, domainnya baru berumur mingguan, dan juga trafiknya hanya belasan maupun puluhan namun mendapatkan penghasilan yang bisa dibilang cukup. Atau hasil klik iklannya lumayan tinggi. Misalnya 10 ribuan, dan diatasnya.

Namun banyak juga yang sebaliknya.

Akan tetapi, akan lebih baik mampu mendapatkan banyak pengunjung atau trafik, daripada sebaliknya. Karena dengan itu, maka peluang untuk mendapatkan penghasilan pun semakin tinggi.

Meskipun juga harus diakui bahwa, pengunjung yang banyak, belum tentu berbanding lurus terhadap jumlah pendapatan. Tetapi setidaknya bisa menjadi aset tersendiri jika hal itu bisa dicapai.

3. Tidak menerapkan jenis iklan lainnya.

Template blog sangat variatif dari segi desain dan juga jenis iklan Google Adsense tidak hanya itu-itu saja. Saya sendiri belum pernah melakukan eksperimen mengenai jenis iklan ini, namun dari banyak informasi blogger lainnya, terkadang dengan merubah jenis iklan, sudah banyak yang membuktikan bahwa hal itu mampu membantu meningkatkan penghasilan.

Ada juga yang malah menurun sih. Namun sisi baiknya adalah, dengan membandingkan mana jenis dan desain iklan yang berbeda-beda, pengalaman yang didapatkan pun bisa jadi berbeda juga. Siapa tahu kan malah meningkat penghasilan Adsensenya.

4. Artikel blog masih sedikit

Tidak ada jumlah pasti bahwa yang sedikit itu seberapa. Namun jika masih di bawah 50-an, saya kira masih terbilang sedikit. Hal ini karena pesaing lainnya kemungkinan sudah memiliki jumlah artikel lebih dari itu.

Banyak artikel akan meningkatkan peluang untuk menambah jumlah tayangan, dari sini juga diharapkan akan ada klik yang nyangkut.

5. Tidak aktif di grup atau komunitas online

Ada yang artikel blognya masih sedikit, tapi karena aktif dan juga hingga dikenal oleh anggota grup dan komunitas, alhasil blognya kemudian dibanjiri pengunjung. Terutama yang merupakan anggota grup online tersebut.

Saya termasuk salah satunya. Dan jika ada yang iklannya menarik, ya langsung saya klik. Jadi bonus kan bagi pemilik blog. Selain itu, bukan karena asal klik. Tapi memang penasaran dengan pemilik iklannya.

6. Tidak membangun backlink

Ujun-ujungnya sebenarnya adalah trafik untuk bisa mendapatkan banyak penghasilan. Dan backlink dari website atau blog lainnya akan mampu mengangkat popularitas blog kita sendiri.

Baik backlink yang masih mendasar seperti mencantumkan link blog kita di profil facebook, hingga yang berkualitas yang diberikan oleh blogger lainnya dalam artikel yang dipublikasikannya.

Semakin banyak backlink berkualitas, semakin berpeluang blog Anda untuk semakin populer. Hingga berujung pada meningkatnya pula peluang untuk mendapatkan penghasilan Google Adsense dari blog Anda.

Beberapa poin diatas selalu saya usahakan untuk bisa terus dijalankan kedepannya. Terutama blog lainnya yang saya kelola. Namun bagaimana pun, jangan terlalu banyak berharap. Apalagi usaha yang kita berikan dalam membangun blog masih belum seberapa dibanding yang lainnya.


EmoticonEmoticon