1 Artikel 1 Hari, Mulai Fokus Memperbanyak Konten di Blog

1 Artikel 1 Hari, Mulai Fokus Memperbanyak Konten di Blog

Ada banyak cara untuk mendapatkan pengunjung bagi blog Anda. Kebanyakan, mungkin sudah banyak mengenaitahui tentang SEO untuk mengoptimasi blog atau berbagai link artikelnya. Tapi, saya tidak akan fokus pada backlink, share link kesana kemari dan sebagainya. Lebih pada frekuensi update konten dari blog itu sendiri. Yaitu 1 artikel 1 hari.

Menulis artikel tiap hari di blog

Ada beberapa manfaat membuat dan mempublikasikan artikel harian. Misalnya ide yang tiba-tiba hadir dalam pikiran bisa jadi akan diterbitkan sebagai sebuah artikel sehingga tidak menumpuk di dalam draft.

Juga masih menurut saya, update harian tersebut merupakan sinyal positif bagi mesin pencari terhadap blog Anda bahwa blog tersebut aktif mempublikasikan artikel. Apalagi jika hanya mengelola 1 blog saja. Bukankah itu juga harus menjadi bagian dari SEO suatu blog? Hal ini karena akan semakin banyak kata kunci yang terdapat dalam blog Anda sehingga bisa berkompetisi dengan blog lainnya.

Manfaat lainnya yang juga bisa didapatkan dengan metode 1 artikel 1 hari ini adalah konten yang disajikan dalam blog menjadi variatif. Sehingga, pengunjung juga akan betah berlama-lama berada di dalam blog Anda.

Dan masih banyak kegunaan lainnya yang bisa dieksplor.

Dalam seminggu, saya sendiri rata-rata menulis secara harian. Namun tidak hanya pada blog ini, tetapi juga yang lainnya.

Dengan begitu, jumlah blog bisa semakin bertambah. Namun, meskipun Anda ingin fokus pada 1 blog saja, justru akan lebih baik lagi karena akan memiliki banyak waktu lainnya untuk mempromosikan artikel dan membangun backlink.

Para master blogger biasanya dan kebanyakan hanya akan menyarankan bahwa lebih baik fokus membuat 1 artikel berharga dalam seminggu dibanding membuat banyak artikel. Bagi saya ada benarnya juga, namun saya cenderung tidak mau diatur oleh mereka. Karena hal itu hanya akan menambah kemalasan saya dalam hal menulis.

Saat mampu menyediakan lebih dari satu artikel dalam seminggu, apalagi harian, tentu kita juga tidak akan menuliskan kontennya secara sembarangan. Masing-masing pasti akan memberikan usaha terbaiknya dalam konten.

Persoalan mengenai jumlah pengunjung pun tidak bisa kita berharap terlalu tinggi. Bahkan saran para master atau suhu sebagaimana yang mereka ajarkan pun butuh waktu. Tidak terjadi dalam semalam.

Coba perhatikan banyak portal media nasional yang ada. Mungkin media tersebut juga memiliki tim SEO sendiri dan juga memiliki dana yang besar untuk membiayai kanpanye SEO-nya. Tapi tetap saja, mereka butuh untuk mengupdate banyak informasi dalam sehari. Kalau bisa per detik update artikelnya akan dilakukan.

Lamanya loading halaman yang selalu disarankan untuk dibuat lebih cepat, tapi coba buktikan sendiri pada media berita. Gak ada buktinya sama sekali. Dan berbagai saran SEO lainnya pun harus mulai disingkirkan secara perlahan. Dan jika salah satu dan beberapanya terdapat dalam blog ini, silahkan untuk tidak dihiraukan.

Menulis saja sesuai kemampuan. Kalau memang bisa 1 hari 1 artikel, bagi saya itu sudah jauh lebih baik daripada tidak sama sekali.

Coba saja selama 1 bulan. Toh, tidak akan merugikan Anda. Mana mungkin Anda akan merasa rugi menulis setiap hari padahal jumlah artikel pun akan semakin bertambah?

Karena itu, saya mengharuskan diri saya sendiri untuk melakukan startegi ini. Mau artikelnya hanya dipublikasikan di blog ini atau yang lainnya, tidak masalah. Yang penting saya tetap bisa memproduksi artikel.

Salah satu manfaat lainnya yang juga tidak kalah pentingnya dengan tetap menulis tiap hari adalah kecepatan menulis saya sendiri saya rasakan berubah. Dari yang tadinya agak lama hanya untuk membuat 1 artikel, sekarang setidaknya lebih cepat. Hal ini karena saya lakukan secara konsisten selama berbulan-bulan.

Namun, jika masih ragu untuk menerapkan teknik 1 artikel 1 hari ini, ya jangan diikuti. Ikuti saja saran master lainnya yang lebih cocok dengan Anda. Saya juga kan bukan master, sekedar blogger amatiran saja. Namun, berhasil dengan baikkah saran para master tersebut? Jika tidak, ya mulailah untuk mengganti strategi.

Terima kasih sudah berkunjung ke Visible Spectrum Blog ini, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon