Cara Membalik atau Merubah Arah Gambar Menggunakan Paint

Cara Membalik atau Merubah Arah Gambar Menggunakan Paint

Untuk bisa membalik atau merubah arah gambar di laptop sangatlah mudah dilakukan. Bahkan caranya pun tidak perlu menggunakan aplikasi seperti Photoshop dan sebagainya yang biasanya cukup berat. Oleh karena itu, jika laptop Anda menggunakan sitem operasi Windows, Anda bahkan bisa melakukannya dengan memanfaatkan aplikasi bawaan yang cukup ringan yaitu Paint.

Bahkan, sudah banyak sebenarnya aplikasi pembuka gambar atau foto (image viewer) saat ini yang memungkinkan kita untuk bisa melakukan penyuntingan dengan tujuan merubah arah gambar ini.

Aplikasi Paint sendiri merupakan salah satu aplikasi bawaan dari Windows itu sendiri untuk menggambar dan juga melakukan pengeditan foto secara sederhana. Resikonya kalau aplikasinya ringan yah, pasti fiturnya juga tentu sangat terbatas.

Namun, kalau mau menggunakan Paint hanya untuk merubah arah gambar, tentu sangat bisa dilakukan karena sudah memiliki fitur yang mendukung.

Cara membalik atau merubah arah gambar (rotasi) di Paint

Sayangnya, salah satu fitur merubah arah gambar yang biasa disebut dengan langkah melakukan rotasi (rotate) ini belum mendukung pemutaran gambar dengan kemiringan (derajat) yang Anda tentukan sendiri.

Misalnya ingin merubah arah gambar asli menjadi katakanlah miring 14° ke arah sebelah kanan, maka hal itu belum memungkinkan. Belum bisa custom.

Namun jika ingin membalik gambar atas-bawah atau kiri-kanan dan juga sebaliknya, tentu bisa dilakukan. Begitu juga arah sudut pemutaran foto umum seperti 90°, itu masihlah sangat memungkinkan.

Cara membalik atau merubah arah gambar (rotasi) menggunakan aplikasi Paint di Windows

Saya menggunakan Windows 10 saat ini, namun, sepertinya caranya akan sama saja jika Anda menggunakan Windows 8 dan mungkin versi sebelumnya. Silahkan disesuaikan saja.

Mengenai bagaimana saya melakukannya, ikuti dengan baik langkah-langkah berikut ini:

1. Buka gambar atau foto di Paint

Untuk membuka gambar atau foto di Paint, ada 3 cara untuk melakukannya. Pertama, Anda bisa membuka terlebih dahulu aplikasi Paint ini dan klik menu File - Open.

Kemudian cari lokasi penyimpanan file gambar dan muat kedalam aplikasinya. Kalau masih bingung bagaimana cara mencari atau membuka aplikasi Paint, silahkan baca tutorial sebelumnya mengenai cara screenshot di laptop Windows dan mengeditnya.

Kedua, silahkan klik kanan file gambar lalu klik Edit. Biasanya gambar tersebut secara otomatis akan terbuka di Paint.

Dan yang terakhir caranya mirip dengan yang kedua diatas namun Anda akan memilih opsi Open with lalu cari aplikasi Paint tersebut.

Cara yang paling mudah dan juga singkat adalah cara kedua untuk memuat gambar di Paint.

2. Mulai merubah arah gambar sesuai kebutuhan Anda

Nah, di awal saya sudah menyampaikan bahwa ada sedikit keterbatasan dalam fitur yang dohadirkan oleh aplikasi Paint dalam melakukan rotasi gambar. yaitu terkait dengan sudut perputaran gambar tersebut.

Di Paint sendiri, terdapat 5 pilihan rotasi yang disediakan yaitu:
  1. Rotate right 90°: Merubah arah gambar ke kanan dengan sudut 90°
  2. Rotate left 90°: Merubah arah gambar ke kiri dengan sudut 90°
  3. Rotate 180°: Memutar gambar dengan sudut 180°
  4. Flip vertical: Membalik gambar secara vertikal (atas-bawah)
  5. Flip horizontal: Membalik gambar secara horisontal (kanan-kiri)
Untuk lebih jelasnya, lihat tampilan gambar dibawah ini mengenai kelima arah rotasi gambar diatas juga mengenai lokasi atau posisi fitur atau menunya.

Opsi memutar arah gambar di Paint

Sudah cukup jelas kan?

Lalu, untuk mulai mengedit arah gambar yang Anda inginkan, silahkan pilih salah satu dari opsi diatas.

Tidak perlu khawatir jika Anda salah memilih arah rotasi gambarnya, tinggal tekan saja Ctrl + Z pada keyboard laptop Anda untuk kembali ke tampilan sebelumnya dimana Anda belum melakukan pengeditan sama sekali.

Jika sudah, silahkan mulai untuk menyimpan hasilnya dengan memilih File - Save as lalu pilih format file gambar yang Anda inginkan. Sekedar saran, kalau bisa jangan klik Save langsung karena file gambar asli akan terganti dengan file gambar hasil edit tersebut. Karena itu, pilih save as saja dan simpan di folder yang Anda inginkan.

Dan, cara untuk membalik atau merubah arah gambar Anda menggunakan Paint pun selesai!

Baca juga: 2 Cara Membalik Gambar di GIMP

Oh ya, gambar pertama diatas mengguakan fitur Flip vertical sehingga foto dengan sudut yang normal kemudian dibuat terbalik. Pusing kan lihatnya?


EmoticonEmoticon