Sip! 2 Cara Mengubah File atau Folder Menjadi rar

Sip! 2 Cara Mengubah File atau Folder Menjadi rar

Jika Anda saat ini sedang membaca artikel cara merubah file atau folder sehingga menjadi jenis file dengan ekstensi .rar ini, kemungkinan besar Anda baru belajar menggunakan laptop atau komputer. Bisa jadi juga karena memang belum pernah tahu sebelumnya meskipun sudah lama menggunakan laptop.

Tapi justru bagus, tidak masalah sama sekali karena hal itu positif jika Anda ingin tetap belajar. Oleh karena itu, saya akan membagikan 2 cara agar Anda bisa mengubah banyak file ataupun folder yang ingin Anda inginkan menjadi rar.

Untuk melakukannya, Anda membutuhkan aplikasi (software) pembantu untuk dipasang di laptop Anda. Dan yang paling sering digunakan atau populer menurut saya adalah WinRAR. Sepertinya terpopuler di seluruh dunia, deh. Coba cek saja. Atau setidaknya dari dulu, rata-rata laptop atau komputer kebanyakan memiliki aplikasi ini hingga sekarang.

Sebenanrnya, aplikasi serupa lainnya pun bisa dibilang cukup sama cara kerjanya dengan WinRAR. Bahkan ada yang sebenarnya melebihi dan lebih ampuh. Namun, mungkin karena kurang populer saja.

Dan juga, jika Anda tidak ingin meng-install aplikasi WinRAR ini, Anda pun tetap bisa mengubah file atau folder menjadi rar dengan bantuan situs tertentu (secara online). Dan kedua cara tersebutlah yang akan dibahas dalam panduan kali ini.

Cara mengubah file atau folder menjadi rar

Aplikasi Winrar itu ada yang gratisnya ya. Jadi, silahkan langsung di download saja. Saya tidak akan membahas mengenai bagaimana cara install dan bagaimana pengaturannya lebih lanjut dalam artikel ini.

Toh, tanpa pengaturan lebih lanjut pun Anda sudah bisa mengubah file menjadi rar. Jadi, saya rasa hal itu tidak perlu sama sekali. Kalaupun ada kesempatan, kita bahas saja lain waktu di artikel terpisah.

Kalau ingin mengunduhnya, silahkan langsung saja mengunjungi rarlab.com, disana Anda akan tahu bagaimana cara mendapatkan aplikasinya. Yuk, lihat langsung panduannya di bawah ini!

1. Cara mengubah file atau folder ke rar menggunakan WinRAR

Menariknya, Anda bisa mengubah folder atau file menjadi rar dengan WinRAR bahkan tanpa membuka aplikasinya terlebih dahulu. Caranya adalah dengan menyeleksi atau memilih file atau folder mana saja yang akan dijadikan rar.

Kemudian, klik kanan pada file yang telah diseleksi lalu pilih Add to "Dokumen.rar"


Cara merubah file ke rar dengan menggunakan aplikasi WinRAR

Dengan menggunakan cara diatas, maka hasilnya akan tampak seperti gambar berikut ini.

Tampilan hasil menggunakan WinRAR untuk merubah file menjadi rar
Akan ada file baru dengan ekstensi .rar di dalam folder tersebut seperti gambar diatas.

Oh ya, nama file rar-nya pada contoh diatas akan menjadi Dokumen.rar karena file contoh yang saya gunakan ditempatkan atau disimpan dalam folder yang bernama dokumen. Jadi, nama file rar tersebut akan mengikuti nama folder secara otomatis.

Jika ingin mengubah nama filenya, langsung saja dilakukan secara manual.

Juga, contoh diatas merupakan kumpulan beberapa file. Anda bisa mengubah lebih banyak file lagi sesuai kebutuhan. Dan, Anda juga bisa memilih untuk mengubah folder menjadi rar, jadi bukan hanya file atau dokumen saja.

Pada gambar diatas juga terlihat bahwa ukuran file rar baru tersebut menjadi lebih kecil. Dan memang itulah salah satu manfaat mengubah file menjadi rar. Keuntungan lainnya adalah agar file yang berada di dalam folder menjadi lebih rapi, karena terkadang bisa terdapat puluhan hingga ratusan file.

Untuk file-file lama yang tidak digunakan lagi namun juga tidak ingin Anda hapus atau tetap ingin dikoleksi, baiknya menggunakan WinRAR karena akan sangat membantu dalam menghemat kapasitas hardisk.

Baca juga: Menghemat Kapasitas Hard Disk Laptop Dengan CCleaner

2. Mengubah file menjadi rar secara online

Ada beberapa situs yang bisa Anda kunjungi untuk mengubah file menjadi rar. Yang pernah saya coba salah satunya adalah CloudConvert.com. Alamat tepatnya untuk melakukan konversi file menjadi rar bisa Anda kunjungi disini: https://cloudconvert.com/create-rar-archive

Berikut saya sertakan gambar tahapannya ketika Anda telah selesai mengunggah dokumen atau file, dan ingin memulai prosesnya hingga akhir.

Mengubah file menjadi rar secara online

Untuk hasil dengan cara ini, kapasitas file rar sedikit berbeda dengan cara yang pertama diatas. Namun, tetap saja berkurang bahkan berbeda sedikit saja.

Demikian cara mengubah file menjadi rar baik menggunakan WinRAR maupun secara online. Silahkan bagikan panduan ini jika bermanfaat. Terima kasih.


EmoticonEmoticon