Cara Saya Screenshot di Laptop Windows dan Mengeditnya

Cara Saya Screenshot di Laptop Windows dan Mengeditnya

Cara saya dalam melakukan screenshot atau menangkap tampilan layar laptop yang menggunakan sistem operasi Windows (8,10) dan kemudian mengeditnya ini sangatlah mudah. Hal ini dikarenakan—selain mayoritas laptop sudah mendukung, pengeditannya pun sudah disediakan aplikasi (software) bawaan (default).

Jika Anda belum tahu mengenai bagaimana itu screenshot, saya akan sedikit menjelaskannya melalui sebuah analogi (perumpamaan) yang menurut saya sangat sederhana.

Jadi begini.

Pernah tidak suatu waktu Anda mengakses informasi di internet dan tertarik dengan gambar atau bahkan kontennya dalam bentuk teks atau tulisan? Atau mungkin tampilan dari aplikasi di laptop saat Anda sedang menggunakannya?

Lalu, Anda kemudian menginginkan bahwa apa yang Anda lihat di layar laptop tersebut bisa diubah ke dalam format atau ekstensi gambar tertentu. Misalnya menjadi JPEG, JPG, PNG dan sebagainya. Intinya, apapun yang muncul di layar ingin Anda simpan menjadi sebuah gambar/foto baik keseluruhannya maupun bagian tertentu saja.

Pernah, kan?

Nah, cara yang paling umum untuk merubah tampilan layar menjadi gambar tersebut kemudian dilakukan dengan sebuah proses yang dinamakan sebagai ScreenShot. Screen = Layar, dan Shot dalam konteks tersebut bisa kita maknai sebagai menangkap (tampilan).

Cara mudah untuk melakukan screenshot dan mengedit gambarnya dengan aplikasi bawaan di laptop berbasis Windows (8,10)

Saya bisa saja tidak perlu menjelaskan apa itu screenshot sebagaimana diatas, namun saya ingin membantu memberikan pemahaman saja siapa tahu masih banyak yang belum mengetahuinya. Selalu ada orang baru (pemula) dalam hal penggunaan teknologi, kan?

Tapi, tidak hanya itu saja. Saya pun akan membantu Anda untuk penggunaan tangkapan layarnya lebih lanjut yaitu dengan langkah penyuntingan (edit) agar tampilan gambar yang Anda inginkan sesuai dengan kebutuhan.

Simak selengkapnya berikut ini.

1. Proses mengambil tampilan layar (screenshot) di Windows

Anda akan melakukan proses pertama yaitu langsung mengambil screenshot dari tampilan layar yang Anda inginkan. Untuk itu, pastikan bahwa tampilan yang ingin Anda ubah menjadi gambar tersebut terlihat paling atas atau depan di laptop windows Anda.

Kemudian, temukan tombol dengan tulisan PrtSc di keyboard dan silahkan langsung ditekan.

Dengan Anda menekan tombol tersebut, maka Anda sudah selesai melakukan screenshot. Dan, bisa dikatakan bahwa, proses tersebut adalah dengan melakukan copy pada tampilan layar.

Saya katakan bahwa di-copy, karena nantinya tampilan laptopnya bisa kita paste (tempelkan) pada lembar kerja seperti menempelkannya di dalam aplikasi Microsoft Office dan sebaginya. Teknik ini merupakan salah satu dari 4 cara cepat untuk screenshot di Wondows 10 seperti yang saya publikasikan sebelumnya.

2. Paste atau menempelkan hasil screenshot dan mulai melakukan pengeditan

Untuk melihat tampilan layar yang sudah Anda tangkap barusan, tentu Anda membutuhkan aplikasi tambahan. Kabar baiknya, aplikasi tersebut sudah ada di laptop Windows yang Anda gunakan. Bahkan, aplikasi ini sudah ada sejak dulu semenjak kebanyakan masih menggunakan Windows XP.

Entah kalau sebelum Windows XP apakah sudah ada atau tidak, saya tidak mencari tahunya lebih jauh. Karena sepertinya tidak begitu penting juga untuk tutorial ini. Hehehehe.

Nama aplikasi (software) tersebut adalah Paint.

Mungkin masih banyak yang jarang menggunakannya, namun ketika ingin bekerja dengan lebih cepat, saya sering menggunakan Paint karena selain ringan, juga mendukung fitur yang saya butuhkan. Terlebih ketika ingin menyiapkan gambar untuk dijadikan konten blog.

Bahkan, banyak gambar di blog ini yang menggunakan aplikasi tersebut, termasuk tutorial ini juga.

Untuk membuka Paint ini, silahkan akses menu aplikasi di laptop Anda atau bisa juga dengan mengetikkan nama aplikasinya seperti di bawah ini. Kalau sudah dapat, klik untuk membukanya.

Cara screenshot layar laptop di Windows dengan mengeditnya menggunakan Paint

Setelah itu, pada bagian atas sebelah kiri menu, silahkan pilih Paste untuk menempelkan hasil tangkapan layar Anda. Sudah muncul kan hasilnya? Jika sudah, pada bagian kanan menu tersebut, klik Select.

Cara paste screenshot di Wondows menggunakan Paint

Fitur Select ini berfungsi untuk melakukan seleksi pada objek gambar. Misalnya Anda hanya ingin menampilkan bagian gambar tertentu saja, dan sisa yang lainnya tidak lagi diperlukan. Anda bisa menghapusnya, namun cara terbaik adalah dengan memotongnya (Crop).

Silahkan perhatikan contoh seleksi pada gambar dibawah ini.

Cara melakukan seleksi di Paint untuk hasil screenshot di Windows

Dari gambar diatas, hasil seleksi diberi tanda garis putus-putus dimana bagian dalamnya adalah gambar akhir yang akan Anda hasilkan. Sedangkan, bagian luar garis putus-putus (seleksi) tersebut akan terhapus atau tidak akan diperlihatkan karena kita akan memotongnya.

Nah, jika seleksi masih aktif, silahkan langsung klik pada menu crop dimana ia terletak pada bagian sebelah kanan menu Select. Setelah itu, Anda benar-benar telah selesai melakukan pengeditan sederhana.

Tinggal disimpan (save) saja hasil gambar tersebut. Caranya adalah klik pada menu File - Save as. Kalau dalam bentuk foto seperti pada contoh gambar diatas, saya akan menyimpannya dalam bentuk JPEG Picture. Silahkan tentukan di folder mana Anda akan menyimpan hasil screenshot tersebut.

Selesai.

Demikian cara saya melakukan screenshot di laptop yang menggunakan Windows (8,10) dan melakukan pengeditan sederhana pada hasil tangkapan layar tersebut. Sudah bisa, kan?


EmoticonEmoticon