Langsung ke konten utama

6 Ide Bisnis Bagi Mahasiswa Dengan Modal Uang Minim

Ada banyak ide usaha yang bisa kita jalankan bahkan tanpa harus memiliki modal yang besar. Apalagi harus sampai membuka rekening pinjaman di Bank. Terlebih lagi jika Anda masih berstatus sebagai mahasiswa, tentu kemungkinan besar akan ditolak mentah-mentah. Belum lagi, riba. Semakin menambah masalah saja.

Meskipun artikel ini secara khusus akan memberikan informasi ide bisnis khusus mahasiswa, namun bahkan Anda yang tidak pernah mengenyam dunia pendidikan pun bisa melakukannya. Tidak sebatas pada mahasiswa saja, ya.

Ide bisnis bagi mahasiswa untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan modal kecil

Namun, karena penulis sebelumnya adalah mantan mahasiswa, jadi sedikit banyak tahu mengenai bagaimana pola hidup, pergaulan dan sebagainya kalangan pelajar perguruan tinggi ini.

Hal ini juga dilatarbelakangi karena mahasiswa itu sendiri juga memiliki "kekuatan" tersendiri. Ada kemampuan yang kemudian bisa dijadikan sebagai sebuah peluang dalam berbisnis.

Misalnya mengenai pergaulannya yang biasanya luas dan juga terbuka. Hal ini tentu akan sangat membantu dalam melakukan komunikasi dengan pemilik atau komunitas bisnis tertentu. Pikiran dan wawasannya yang luas akan sangat membantu dalam memanfaatkan teknologi dan juga pergaulan dalam kaitannya dengan bisnis.

Meskipun tidak semua, namun banyak mahasiswa yang sepertinya memiliki laptop atau PC. Atau setidaknya hp yang mendukung untuk menjalankan aktifitas bisnis nantinya. Karena terkadang yang diperlukan adalah kemauan yang tinggi, terlebih di rentang umur yang masih sangat produktif.

Itu juga yang menjadi alasan kenapa artikel ini tidak hanya secara khusus bagi mahasiswa saja dalam berbisnis, namun juga Anda yang memiliki kemampuan yang sama.

Jika pergaulan Anda bahkan bisa lebih luas, ditunjang dengan wawasan yang juga tidak kalah luasnya serta kegigihan dalam berusaha, maka tidak menutup kemungkinan bahwa Anda bisa melebihi status seorang mahasiswa yang biasanya cukup banyak kita segani karena kecerdasannya.

5 ide bisnis bagi mahasiswa dengan modal yang bahkan sangat minim sekalipun

Persoalan mengenai modal dalam bisnis, bagi saya bisa berwujud banyak hal. Bahkan waktu, tenaga, kemampuan berpikir, berkomunikasi, uang bensin, jaringan internet, pergaulan dan sebagainya adalah modal yang bisa mahasiswa manfaatkan untuk memulai bisnis dan merasakan pahit manisnya sebuah proses.

Entah itu akan berupa bisnis online maupun tidak, modal tidak sekedar berbicara uang karena itu hanyalah salah satu saja yang akan Anda butuhkan.

Saya bukanlah tipe orang yang percaya dengan judul berita atau artikel blog lain yang menuliskan ide bisnis bagi mahasiswa tanpa modal sekalipun hanya sekedar untuk meraih banyak pembaca dari proses clickbait yang diaplikasikannya.

Tidak seperti itu.

Banyak di dunia ini yang memiliki uang yang sangat banyak untuk dijadikan sebagai modal bisnisnya, namun ketika kesehatan tidak mampu mendukungnya, maka kita akan cukup tertatih untuk menjalankan bisnis tentunya. Karena bagi saya, kesehatan juga merupakan modal yang bisa kita miliki.

Yang penting akal tetap waras!

Karena itu, saya menuliskan bahwa Anda sebagai mahasiswa tetap membutuhkan modal. Dan jika yang Anda pikirkan adalah berupa uang, tidak perlu berkhayal hingga jutaan. Dengan 50 ribu atau 100 ribuan saja Anda sudah bisa memulainya (modal minim).

Bahkan meskipun jika Anda hanya memiliki laptop dan juga koneksi internet, bisnis sudah bisa dimulai kapanpun dan dimanapun.

Cukup menarik bukan jika uang bulanan Anda ternyata sudah bisa menjadi modal bisnis?

Jika uang Anda sedikit, yang penting Anda tahu kelemahan tersebut. Dan seorang mahasiswa juga sangat disarankan untuk memiliki kemampuan mengidentifikasi kemampuan lainnya.

Misalnya, bisa saja Anda dengan mudah berkenalan dengan pemilik bisnis karena pergaulan yang luas dan juga kemampuan komunikasi yang baik.

Kan tinggal bagaimana kerjasamanya saja.

Untuk mengetahui bagaimana kemampuan dan kekuatan berbisnis Anda sebagai mahasiswa, juga apa peluang, kelemahan dan ancaman yang bisa Anda temui, silahkan baca kembali mengenai Analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat).

Jangan hanya sebagai isi laporan tugas di kampus saja. Anda bisa menerapkannya bahkan dalam dunia bisnis meskipun Anda hanyalah seorang mahasiswa.

Oh ya, sepertinya saya sudah agak melenceng jauh dari pokok bahasan utama. Karena itu, silahkan Anda ketahui jenis bisnis apa saja berikut ini bagi mahasiswa yang ingin meraup keuntungan.

Harapannya, semoga di masa depan bahkan Anda yang akan mengirimkan uang bagi orang tua di rumah dan tentunya tidak lagi berharap pada uang bulanan.

1. Menulis artikel dan menjualnya secara online

Seperti yang saya katakan sebelumnya, salah satu modal Anda adalah apa yang Anda miliki saat ini. Meskipun itu bukanlah laptop keluaran terbaru dan canggih. Bahkan, dengan bermodalkan hp yang bsisa terhubung ke internet saja Anda sudah bisa melakukannya.

Percuma juga kan peralatan canggih namun pemanfaatannya biasa-biasa saja.

Dan karena biasanya mahasiswa saat ini rata-rata sudah memiliki hp atau laptop, seharusnya hal ini bisa dimanfaatkan dengan baik. Dan yang lebih penting lagi adalah penggunaan laptop dan hp ini sudah hampir menjadi kebiasaan setiap hari bagi mahasiswa.

Karena itu, di sela-sela waktu luang seorang mahasiswa, Anda tetap bisa melakukan kegiatan yang produktif dan bernilai bisnis dengan mulai menulis artikel dan menjualnya. Jika Anda merasa bahwa menulis artikel bukanlah kemampuan Anda, silahkan dicoba saja dulu.

Karena untuk segala hal baru, setiap orang memiliki cerita awal yang berbeda-beda.

Jangan dikira bahwa menulis artikel itu tidak menguntungkan. Meskipun banyak orang yang mungkin akan menganggapnya murah, namun bagi saya, Rp. 20.000,- per artikel untuk jumlah 500 kata itu tetap bernilai.

Saya menuliskan harga diatas beserta jumlah katanya karena beberapa bulan yang lalu, saya memesan hingga ratusan artikel dengan dengan harga tersebut.

Anda pun bisa memulainya sekarang untuk mengetahuinya apakah Anda mampu melakukannya atau tidak. Jika tertarik silahkan langsung saja dicoba.

Silahkan baca pengalaman saya beli artikel untuk untuk memperbanyak konten di blog.

2. Membuat blog dan bergabung dengan berbagai jaringan periklanan atau metode mendapatkan penghasilan lainnya

Lagi-lagi, ide bisnis yang kedua bagi mahasiswa ini tidak jauh-jauh dari laptop atau hp-nya sendiri. Jika sedang pusing menulis laporan untuk tugas yang dikumpulkan minggu depan, Anda sebagai mahasiswa tetap bisa memiliki selingan untuk menulis tanpa harus memikirkan banyak hal ilmiah.

Bahkan meskipun sekedar menuliskan pengalaman Anda jalan-jalan ketika melakukan studi banding bisa menjadi menarik bagi teman-teman Anda sendiri dan juga pembaca lainnya.

Dan salah satu cara berbisnis online dengan media blog adalah Anda bisa bergabung dengan jaringan periklanan seperti Google Adsense menjual jasa atas keahlian yang Anda miliki, bahkan menjual artikel pada poin diatas melalui blog Anda.

Bisa juga dengan membangun beberapa blog yang sudah memiliki beberapa atau banyak konten dan mulai mencari pembelinya.

Silahkan baca ini: 8 Cara Agar Tetap Bisa Mempublikasikan Konten di Blog

Baik ide bisnis bagi mahasiswa pada poin kedua ini atau sebelumnya dan juga daftar jenis bisnis berikutnya, saya tidak akan mengatakan itu mudah. Namun pada dasarnya, juga tidak sesulit yang dibayangkan.

Berikan kesempatan pada diri Anda sendiri untuk memulainya dan melihat apakah prosesnya bisa benar-benar Anda nikmati atau justru mengesampingkan tugas utama Anda sebagai mahasiswa. Namun yang saya tahu pasti, hal itu sangat mungkin untuk dilakukan.

3. Ide bisnis bagi mahasiswa dengan menghadirkan jasa desain grafis atau menjual desain secara online

Meskipun dunia desain grafis bukanlah hobi bagi setiap mahasiswa, namun cukup banyak yang saya lihat dan juga kenal sering ngutak-atik Photoshop, Illustrator maupun CorelDraw.

Jika Anda merasa mampu untuk membuat desain dan yakin bahwa keahlian Anda tersebut memiliki nilai bisnis dan bisa mendapatkan penghasilan, silahkan tantang diri Anda untuk memulainya. Ketika Anda membuka Instagram, mungkin pernah melihat jasa merubah foto menjadi karikatur?

Atau bagiamana dengan berbagai jasa desain grafis yang cukup mudah kita temui di internet? Bahkan, Anda bisa menawarkan jasa tersebut baik di sosial media yang Anda gunakan maupun blog yang sudah Anda bangun sebelumnya.

Salah satu yang menarik dari diri seorang mahasiswa adalah pergaulannya yang cukup solid dan juga biasanya dengan mudah untuk membagikan berbagai informasi menarik melalui media sosial.

Anda bisa mulai menawarkan jasa desain grafis tersebut di Facebook, Twitter atau akun Instagram Anda dan bisa jadi teman-teman se-mahasiswa Anda akan dengan senang hati membagikannya juga di media sosial yang mereka gunakan.

Manfaatnya?

Semakin banyak yang membagikan informasi jasa Anda tersebut, semakin banyak juga yang akan mengetahuinya. Tidakkah itu akan menjadi peluang bisnis tersendiri dimana akan ada salah satu atau banyak yang melihatnya dan mungkin tertarik untuk menggunakan jasa tersebut?

Selain itu, saat itu sudah begitu banyak situs yang mau menjual karya desain grafis. Dan kabar baiknya, Anda bahkan sudah disediakan pasar yang mendunia di berbagai situs berbahasa inggris yang ada.

Jika Anda mahasiswa yang yakin bahwa desain Anda cukup menarik bagi orang lain, silahkan memperbanyak karya dan menguploadnya lalu mulailah melihat bagimana peluang bisnisnya kedepan.

Atau gak usah jauh-jauh deh! Desain undangan pernikahan saja saat ini mungkin setiap hari banyak sekali pasangan yang mencarinya. Pasar Indonesia untuk desain seperti itu masih sangat terbuka lebar dan juga luas. Belum jenis undangan atau desain lainnya seperti logo, brosur, spanduk, baliho, dan masih banyak lagi.

Bagian menarik lainnya adalah Anda bahkan bisa bekerjasama dengan pemilik percetakan. Misalnya jika Anda menawarkan jasa desain undangan, pada waktu yang sama Anda juga bisa menawarkan jasa percetakannya sekalian.

Jadi keuntungannya bisa dari jasa dan juga harga yang sudah Anda setujui dengan pihak percetakan undangan tersebut. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa membaca mengenai alasan kenapa suatu binis membutuhkan jasa desain grafis. Dengan itu, Anda juga bisa menawarkan jasa Anda ke pemilik bisnis tertentu seperti pembuatan logo dan sebagainya.

4. Fotografi dan wisata

Mahasiswa biasanya juga sangat identik dengan kegiatan berwisata kemana-mana. Dan, sudah cukup banyak yang bahkan memiliki kamera profesional. Setidaknya yang disebut sebagai kamera DSLR dan sejenisnya.

Kegiatan jalan-jalan tersebut biasanya tidak akan lengkap dengan tidak adanya foto-foto kece di feed Instagram mahasiswa. Kesempatan ini sebenarnya bisa dimanfaatkan dengan baik untuk memperbanyak portofolio karya fotografi untuk kemudian menjadikannya lahan bisnis berupa jasa fotografi seperti pre-wedding di spot-spot wisata maupun lokasi lainnya.

Selain itu, sebenarnya bisa juga dengan menawarkan menjadi layanan sebagai tour guide dimana selain sebagai pemandu wisata, mahasiswa juga bisa meraup keuntungan melalui kerjasama dengan pihak rental kendaraan.

Sembari jalan-jalan dan juga foto-foto, Anda bisa memanfaatkannya untuk membangun bisnis terkait kedepannya.

5. Menyediakan jasa yang sesuai dengan jurusan saat menjadi mahasiswa

Ada banyak sebenarnya peluang seorang mahasiswa untuk bisa mendapatkan uang tambahan. Biasanya ketika mahasiswa, akan ada 1 program atau software di jurusannya yang mengharuskan seorang mahasiswa untuk menguasainya.

Nah, terkadang diantara mahasiswa lainnya baik di kampus yang sama maupun berbeda, akan ada saja mahasiswa yang butuh untuk diajari secara personal. Terkadang perkuliahan tidak begitu dipahami atau karena sering bolos. Oleh karena itu, banyak juga yang terkadang tidak menguasai software wajib bagi jurusannya tersebut.

Misalnya mahasiswa Teknik Pertambangan dimana diharuskan untuk menguasai software pemetaan, penguasaan GPS, dan sebagainya.

Anda bahkan bisa menghadirkan kursus online untuk pembelajaran software yang sesuai dengan jurusan Anda tersebut. Coba saja ketikkan di Google mengenai kursus online berbayar. Di Indonesia sendiri sudah ada beberapa situs dimana Anda bisa menjadi pengajar untuk jenis keahlian tertentu. Termasuk dalam penguasaan software.

Bahkan Anda juga bisa membuka jasa seperti pembuatan peta seperti pada contoh diatas.

Oleh karena itu, kenali dan pelajari dengan baik mengenai jurusan Anda ketika kuliah. Terlebih jika menggunakan program khusus untuk kebutuhan tertentu. Setelah itu, Anda bisa kemudian memutuskan untuk membuka bisnis yang berkaitan berdasarkan penggunaan software yang tersebut.

Tidak harus kursus penggunaan software ya. Oleh karena itu, silahkan Anda kenali dan dalami sendiri mengenai jurusan masing-masing. Jasa ketik saja masih banyak yang buka kok.

6. Menjual sampah kertas atau barang bekas

Saya sebelumnya sudah pernah mempublikasikan artikel mengenai pengalaman saya bersama teman-teman untuk cari uang dengan menjual sampah kertas. Silahkan baca jika belum.

Tinggi-tinggi punya pendidikan sampai universitas, tapi malah nyuruh mahasiswa untuk jualan sampah kertas?

Jika masih ada yang berpikiran demikian, silahkan saja. Yang jelas, hal itu tidak akan membantu sama sekali untuk mendapatkan penghasilan tambahan bagi mahasiswa. Yang penting, saya pernah melakukannya meskipun nilainya tidaklah begitu besar karena saya waktu itu tidak terlalu fokus.

Mahasiswa itu paling sering produksi sampah kertas. Mulai dari laporan yang direvisi dan sebagainya. Banyak banget tugas-tugas yang akhirnya harus di bawa pulang. Alhasil, kertasnya berubah menjadi sampah dan dibuang begitu saja.

Padahal, kamar kos juga meskipun tidak begitu besar bisa jadi tempat penampungan sampah kertas ini. Tinggal diatur dan disusun rapi, bahkan tidak akan terlihat seperti setumpukan sampah.

Apalagi kalau tinggal di kos-kosan yang jumlah kamarnya sampai belasan hingga puluhan dan rata-rata adalah mahasiswa. Anda hanya memberikan info saja bahwa sampah kertas, karton dan sebagainya jangan dibuang, namun diberikan ke Anda langsung atau disimpan sampai Anda datang mengambilnya.

Sehari bisa beberapa kilo Anda mendapatkannya. Belum lagi kalau sesekai Anda ikut jadi panitia seminar di kampus. Bahan-bahan seminar yang dicetak terkadang tidak terbagi semua dan terkadang mahasiswa lain banyak yang tidak membawanya pulang. Anda bisa memanfaatkannya untuk dijadikan bisnis.

Jika Anda sering melakukannya, maka teman-teman Anda juga akan sadar sendiri untuk tidak lagi membuangnya namun menyerahkan atau memberitahu Anda untuk mengambilnya. Dicoba saja dulu. Setidaknya bisa untuk sesekali membantu uang makan atau bahan bakar kendaraan. Dan Anda tidak perlu capek-capek untuk menjualnya.

Para pengumpul sampah kecil-kecilan biasanya mau memberikan kontaknya jika Anda mau bekerjasama dan memintanya. Dan mereka akan datang bersama kendaraannya untuk mengangkutnya tanpa ada biaya tambahan.

Anda hanya perlu mengumpulkannya saja.

Dengan memperhatikan beberapa ide bisnis bagi mahasiswa diatas, Anda bahkan hanya perlu untuk bergerak saja. Tanpa harus mengeluarkan biaya apalagi masih memiliki modal yang minim.

Ide bisnis diatas akan diupdate secara berkala jika penulis menemukan jenis usaha baru yang bisa mahasiswa lakukan. Tapi, Anda juga harus ingat bahwa terkadang, ide bisnis secerdas apapun, jika tidak diambil tindakan, maka akan sia-sia saja. Jadi, kalau menginginkan penghasilan tambahan bahkan tidak menutup kemungkinan bisa menjadi lahan bisnis Anda kedepannya, mulailah sekarang juga.

Anda punya ide bisnis lainnya yang bisa dilakukan mahasiswa untuk meraup penghasilan tambahan? Silahkan beritahukan pada komentar dibawah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merubah Ekstensi File di Windows 10

Format atau ekstensi file di laptop Anda pasti akan sangat beragam. File dokumen bisa memiliki ekstensi .docx jika menggunakan WPS Office ataupun Microsoft Office Word, .txt, .pdf, .xlsx untuk dokumen Excel dan masih banyak lagi. Begitu juga foto/gambar dengan format .jpeg, .jpg, .png, maupun .gif dan sebagainya.

Sangat variatif karena banyaknya jenis file yang ada.

5 Elemen Dasar Desain Eksterior Rumah atau Bangunan

Jika anda ingin mengetahui lebih dalam mengenai apa itu desain eksterior untuk menciptakan rumah yang indah dan elegan tentunya harus memahami elemen-elemen yang menjadi dasar pembentuk sebuah bangunan tersebut. Elemen-elemen ini memiliki peran yang signifikan dalam mewujudkan keindahan dan fungsi yang tepat sehingga suatu bangunan menjadi seimbang sesuai dengan penggunaan material yang akan digunakan serta model dan gaya yang diinginkan.

Cara Agar Ikon Folder Tidak Menampilkan Thumbnail File Didalamnya

Di Windows 10 dan versi sebelumnya, ketika menampilkan ikon folder dalam ukuran yang besar (large) biasanya juga akan menjadikan isi folder tersebut sebagai bagian dari bagaimana folder ditampilkan ke pengguna. Misalnya isi folder Anda adalah beberapa foto. Maka salah satu diantara foto tersebut akan menjadi thumbnail dari tampilan folder. Ikon folder yang awalnya seperti hanya terdiri dari 1 warna kemudian bercampur dengan berbagai warna bahkan foto yang ada didalamnya.