Langsung ke konten utama

Menyembunyikan File di Laptop Dengan Mengubah Jenis Filenya

Kembali lagi di Visible Spectrum Blog yang sederhana ini. Tutorial kali ini adalah cara untuk menyembunyikan file atau dokumen penting di laptop atau PC Anda dengan mengubah jenis atau ekstensi filenya itu sendiri.

Terlebih dahulu saya ingin menyampaikan bahwa istilah menyembunikan file atau dokumen disini bukanlah menyembunyikannya menggunakan fitur hidden yang biasanya kita jumpai di Folder Options dan juga ketika melakukan klik kanan pada file dan membuka Properties-nya.

Dokumen atau file sebenarnya masih akan terlihat seperti biasa di dalam folder penyimpanannya, namun orang akan terkecoh bahwa file tersebut bukanlah file yang benar-benar penting.

Sebagai contoh kasus, Anda memiliki file dokumen Notepad yang berisi berbagai akun email, sosial media dan sebagainya beserta passswordnya. Karena dirasa password yang Anda buat rata-rata susah untuk diingat, alhasil Anda kemudian menyimpannya di file Notepad tersebut.

Namun, Anda juga ingin mengantisipasi jangan sampai ada pihak lain yang meng-copy atau bahkan mengedit file yang sudah ada. Karena itu, Anda harus punya cara untuk mengakalinya. Yaitu dengan merubah jenis atau ekstensi filenya.

Misalnya file Notepad tadi yang biasanya memiliki format atau ekstensi .txt kemudian akan Anda ubah menjadi .JPEG.

Cara menyembunyikan file penting dengan mengubah ekstensi file di Windows

Isi dokumen tersebut tidak akan berubah sedikitpun, selain hanya pada tampilannya saja dimana thumbnail nya yang biasanya berupa ikon dokumen atau kertas menjadi ikon gambar atau foto.

Caranya sangatlah sederhana. yaitu dengan hanya merubah ekstensi filenya saja dan Anda bisa melakukannya tanpa bantuan aplikasi apapun.

Dan sebenarnya, teknik ini pun sudah pernah saya bahas sebelumnya pada artikel cara mengubah ekstensi file di Windows 10. Tapi tidak masalah jika hal itu akan saya ulangi kembali runtutan caranya di artikel ini.

Cara menyembunyikan file dokumen penting dengan mengubah jenis filenya di Windows

Saya akan memberikan contoh langsung melalui gambar di bawah ini dengan merubah nama file beserta ekstensinya secara langsung. Misalnya nama file pertamanya adalah Akun.txt. Silahkan klik kanan file notepad tersebut dan klik Rename.

Kemudian, silahkan seleksi semua teks dari nama file tersebut beserta ekstensinya dan ubah menjadi Foto KTP.jpeg. Ini sebagai contoh saja ya, silahkan gunakan nama file lainnya jika ingin langsung praktek.

Mengubah nama dokumen dan jenis filenya agar tersamarkan

Pada contoh hasil yang saya dapatkan diatas, hasil akhir pada no. 3 kemudian telihat seperti sebuah foto. Hal ini dikarenakan ekstensinya telah diubah menjadi .jpeg sehingga thumbnail nya pun tampak seperti itu.

Pada saat mengubah nama file, jika jenis atau ekstensinya seperti .txt tidak muncul atau nampak, silahkan buka Windows Explorer Anda dan menuju meni View lalu centang pada opsi File name extensions.

Jika jenis file yang sudah diubah tersebut menjadi .jpeg dibuka langsung menggunakan aplikasi bawaan pembuka gambar atau foto, maka tidak akan muncul apapun seolah-olah file tersebut corrupt (rusak). Sehingga pihak lain yang mengaksesnya pun tidak akan menyadari hal ini karena ekstensi file aslinya adalah berjenis dokumen .txt.

Dan jika Anda ingin melihat isi file tersebut, tinggal dibuka saja menggunakan aplikasi Notepad atau dokumen office lainnya.

Dengan cara tersebut, tentu dokumen atau file benar-benar "tersembunyi" dengan baik, bukan?

Dan jika Anda benar-benar ingin menyembunyikannya secara cepat, tinggal klik kanan filenya lalu pilih Properties. Setelah itu, pastikan bahwa di tab General Anda mencentang atau menandai opsi Hidden. Klik Apply lalu Ok untuk mulai menyembunyikannya.

Bagaimana? Apakah cara menyembunyikan file dokumen di laptop dengan mengubah jenis filenya ini berfungsi dengan baik? Beritahu saya lewat komentar. Jangan lupa share ya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merubah Ekstensi File di Windows 10

Format atau ekstensi file di laptop Anda pasti akan sangat beragam. File dokumen bisa memiliki ekstensi .docx jika menggunakan WPS Office ataupun Microsoft Office Word, .txt, .pdf, .xlsx untuk dokumen Excel dan masih banyak lagi. Begitu juga foto/gambar dengan format .jpeg, .jpg, .png, maupun .gif dan sebagainya.

Sangat variatif karena banyaknya jenis file yang ada.

5 Elemen Dasar Desain Eksterior Rumah atau Bangunan

Jika anda ingin mengetahui lebih dalam mengenai apa itu desain eksterior untuk menciptakan rumah yang indah dan elegan tentunya harus memahami elemen-elemen yang menjadi dasar pembentuk sebuah bangunan tersebut. Elemen-elemen ini memiliki peran yang signifikan dalam mewujudkan keindahan dan fungsi yang tepat sehingga suatu bangunan menjadi seimbang sesuai dengan penggunaan material yang akan digunakan serta model dan gaya yang diinginkan.

Cara Agar Ikon Folder Tidak Menampilkan Thumbnail File Didalamnya

Di Windows 10 dan versi sebelumnya, ketika menampilkan ikon folder dalam ukuran yang besar (large) biasanya juga akan menjadikan isi folder tersebut sebagai bagian dari bagaimana folder ditampilkan ke pengguna. Misalnya isi folder Anda adalah beberapa foto. Maka salah satu diantara foto tersebut akan menjadi thumbnail dari tampilan folder. Ikon folder yang awalnya seperti hanya terdiri dari 1 warna kemudian bercampur dengan berbagai warna bahkan foto yang ada didalamnya.