Cara Mengatur Mode Sleep di Windows 10

Cara Mengatur Mode Sleep di Windows 10

Untuk bisa mengatur mode Sleep di Windows 10 ini, caranya sangatlah mudah dilakukan untuk dilakukan.

Tujuan pengaturan ini bisa beragam.

Ada yang melakukannya untuk menghemat batrei laptop, antisipasi agar layar laptop bisa padam ketika ditinggal tidur namun tidak ingin shutdown laptop meskipun juga bisa dengan cara hibernate, dan lain sebagainya.

Namun, ada sedikit resiko ketika Anda ingin mengaktifkan mode sleep di Windows 10 ini. Salah satunya adalah ketika Anda akan mengunduh file dalam jumlah yang besar dan membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan waktu agar mode sleep ini aktif.

Jika demikian, bisa-bisa file yang sedang diunduh tidak selesai dan bahkan harus melakukannya kembali.

Misalnya, waktu unduh file diperkirakan sekitar 1 jam. Sedangkan, mode sleep yang Anda atur adalah sekitar 30 menit ketika laptop benar-benar tidak digunakan lagi. Maka, sudah bisa dipastikan bahwa file tersebut tidak akan lengkap untuk di download.

Jadi, jika Anda menghidupkan atau menon-aktifkan mode tersebut, pastikan dengan baik bahwa kativitas yang Anda harapkan tidak terganggu.

Oh ya, saya pribadi belum tahu secara pasti di detik atau menit ke berapa mode sleep di Windows 10 ini akan aktif.

Yang jelas, ketika laptop maupun komputer tidak digunakan selama beberapa saat, tidak ada aktivitas sama sekali terutama pada keyboard dan mouse, maka fitur sleep ini akan aktif secara otomatis sesuai dengan pengaturan yang sudah kita tetapkan.

Cara mengatur mode sleep pada laptop atau PC yang menggunakan Windows 10

Karena saya menggunakan Windows 10, jadi ya belum bisa membuat panduan untuk Windows 8 atau sebelumnya. Toh, kebanyakan saat ini pengguna laptop atau PC sudah mulai beralih menggunakan Windows 10 juga.

Tapi, kemungkinan besar caranya sama saja. Kalaupun akan perbedaan, tidak akan begitu signifikan.

Untuk mulai melakukan pengaturan sleep pada Windows 10, silahkan Anda ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka pengaturan Power Options

Menurut saya, cara termudah untuk mulai mengatur fitur sleep pada Windows 10 adalah dengan mengakses pilihan Power Options. Caranya adalah dengan melakukan klik kanan pada logo Windows yang terdapat pada bagian bawah-kiri layar Anda.

Disana, Power Options yang baru saja saya sebutkan tadi akan dapat ditemukan. Silahkan lihat gambar berikut ini mengenai tampilan layar pada laptop saya sendiri.

Pengaturan sleep di Windows 10 pada menu Power Options
Tampilan gambar sengaja diedit untuk sekedar menampilkan bagaimana cara mengakses Power Options.
Ketika Power Options tersebut di klik, maka akan langsung diarahkan pada layar yang berisi informasi tentang Power &Sleep. Disana, Anda juga bisa secara langsung melakukan pengaturan pada fitur sleep yang Anda cari.

Selain cara diatas, Anda juga bisa mengkases pengaturan Power & Sleep dengan cara klik pada logo Windows lalu pilih Settings > System > Power & Sleep.

Sudah? Mari lanjut ke langkah kedua!

2. Mulai mengatur sleep pada Windows 10

Pada jendela pengaturan Power & Sleep yang baru saja terbuka, Anda bisa langsung mengatur waktu sleep pada Windows atau bahkan menon-aktifkannya saja sekalian.

Namun, untuk contoh pada panduan kali ini, saya akan mengatur laptop saya agar mode sleepnya aktif setelah 25 menit tanpa ada aktivitas sama sekali. Lihat gambar berikut ini.

Mengatur waktu sleep Windows 10 atau menon-aktifkannya

Pada gambar diatas, terdapat 2 pilihan sleep jika ingin mengaktifkannya. Masing-masing adalah aktif ketika menggunakan daya batrei laptop (On battery power) dan juga saat sedang dicas (When plugged in).

Padi tiap-tiap kotak pilihan dengan ikon gambar tanda panah ke bawah, hal itu menunjukan akan adanya pilihan yang bisa Anda tentukan. Pilihan tersebut merujuk pada lama waktu aktivasi mode sleep dan juga pilihan untuk tidak mengaktifkannya sama sekali.

Masing-masing pilihan bisa berbeda waktu yang Anda pilih, jadi silahkan tentukan saja sesuai dengan opsi yang sudah disediakan.

Jika Anda ingin menonaktifkan sleep Windows 10 ini agar tidak berjalan otomatis, pada opsi yang ada, silahkan pilih Never sebagai perintah bahwa mode sleep tidak akan aktif sama sekali.

Namun jika ingin menghidupkannya secara otomatis, silahkan tentukan berapa menit (minutes) atau berapa jam (hours) Anda akan mulai menghidupkan mode tersebut.

Satu hal penting yang perlu Anda ketahui tentang mode sleep pada Windows 10

Yang perlu diketahui jika akan mengaktifkan sleep otomatis ini pada laptop Anda, bukan berarti bahwa daya batrei tidak akan terpakai sama sekali. Akan tetapi, jika Anda melakukannya, maka hal itu bisa juga untuk menghemat batrei yang ada.

Jadi, daya batrei tetap terkuras namun tidak akan begitu signifikan dibandingkan dengan jika laptop itu sendiri dalam kondisi aktif.

Untuk menghidupkan kembali laptop atau PC yang dalam keadaan sleep, saya biasanya menekan tombol Enter saja pada keyboard sebanyak 2 kali. Dan sesaat kemudian, layar akan kembali tampil sebagaimana kondisi laptop atau PC terakhir sebelum mode ini aktif.

Jadi, jika misalnya sebelumnya Anda masih belum menyimpan file dokumen office yang Anda ketik, maka file tersebut masih akan tetap ada seperti sebelumnya.

Tidak akan hilang sama sekali.

Beda dengan metode Restart atau Shutdown dimana kemungkinan besar file yang belum tersimpan akan benar-benar hilang meskipun akan muncul peringatan bahwa ada dokumen yang belum tersimpan sehingga Anda bisa membatalkannya.

Atau kecuali jika perangkat lunak atau software yang digunakan mendukung fitur backup atau recovery secara otomatis, jadi ketika laptop dihidupkan kembali, filenya tetap bisa diakses.

Baca juga: Cara Non-Aktifkan Lock Screen di Windows 10

Silahkan untuk mulai mengaktifkannya jika perlu, namun, ingat untuk merubah pengaturannya terutama pada kondisi sedang melakukan download, saat presentasi dan aktivitas lainnya.

Demikian cara mudah mengatur mode sleep pada laptop yang menggunakan Windows 10. Semoga bisa dipahami dengan baik dan bermanfaat untuk Anda.


EmoticonEmoticon