Langsung ke konten utama

Hati-Hati! Akun Email Yahoo yang Jarang Login Bisa Dihapus

Email sebagai salah satu alat komunikasi elektronik di internet begitu penting kegunaannya baik untuk dimanfaatkan sebagai alat pengiriman dokumen penting, memenuhi persyaratan pendaftaran media sosial, untuk keperluan kerja dan bisnis dan seterusnya. Namun bagaimana jika email yang sudah anda buat sebelumnya justru dihapus karena kesalahan anda sendiri?

Salah satu penyedia Email gratis yang sudah ada selama bertahun-tahun adalah Yahoo. Dan Yahoo pun telah memiliki kebijakan untuk menonaktifkan maupun menghapus akun email yang beberapa penyebabnya adalah kesalahan dari penggunanya itu sendiri.

Penyebab akun email Yahoo dihapus


penghapusan email Yahoo dan cara mengembalikannya

Dari sumber resminya, memang sangat memungkinkan bagi sebuah akun email Yahoo untuk dihapus dan tidak bisa diakses lagi.

Dan meskipun pengguna selalu bisa melakukan pendaftaran atau pembuatan akun email baru, perlu diketahui bahwa ID akun Yahoo yang lama tidak akan lagi tersedia untuk digunakan. Menariknya, pernyataan terakhir tersebut terkadang justru tidak sesuai dengan realitanya.

Hal ini disebabkan karena akun lama yang telah dihapus sebelumnya bisa diaktifkan lagi dengan dengan mendaftarkan alamat email Yahoo yang sama persis. Belum termasuk dengan adanya kebijakan dan fitur untuk memulihkan akun pengguna yang telah non-aktif.

Lebih lanjut, setidaknya ada 3 penyebab utama kenapa sebuah akun layanan email Yahoo akhirnya diputuskan untuk dihapus atau dinonaktifkan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Permintaan pengguna sendiri untuk menghapus akun email Yahoo. Hal ini dilakukan jika pengguna benar-benar tidak ingin memanfaatkan akun emailnya lagi dan memilih untuk menghapusnya dengan alasan apapun. Dan memang tersedia fitur untuk kebutuhan tersebut.
  2. Pengguna tidak pernah masuk (login) ke akun email Yahoo selama 12 bulan terakhir. Jadi jika selama 1 tahun pengguna tidak pernah login ke akunnya sama sekali, maka berhati-hatilah karena akun tersebut akan segera dihapus dan dinonaktifkan.
  3. Akun email Yahoo digunakan dengan cara melanggar ketentuan layanan yang telah ditetapkan. Ketika sebuah akun dilaporkan melanggar karena berbagai sebab seperti penipuan, kejahatan dan lain sebagainya yang diketahui oleh pihak Yahoo sendiri, maka akun pengguna tersebut pun akan diputuskan untuk dihapus dan dinonaktifkan.
Dari ketiga penyebab alasan dihapusnya akun email Yahoo diatas, hal yang paling penting untuk saya soroti dan ingatkan pembaca adalah pada poin ke-2 yaitu tidak adanya aktifitas login sama sekali selama 12 bulan terakhir.

Entah anda atau pengguna lainnya lupa karena begitu banyaknya kesibukan yang tidak melibatkan penggunaan email, maka hal tersebut bisa menyebabkan akun email Yahoo yang pernah anda gunakan untuk membuat blog, mendaftar Facebook atau media sosial lainnya dihapus.

Karena memang sudah seperti itulah aturannya.

Antisipasi penghapusan akun email Yahoo

Salah satu cara paling mudah untuk mencegah hal itu terjadi adalah cukup login saja ke akun email Yahoo sekali dalam setahun. Itu saja dan sudah saya buktikan bahwa hal itu berhasil karena saya sendiri memang memiliki beberapa akun email Yahoo yang hingga hari ini masih tetap bisa digunakan.

Kalaupun pengguna benar-benar tidak bisa juga melakukannya, maka langkah selanjutnya adalah dengan melakukan tahapan pemulihan akun.

Yang perlu pengguna ketahui adalah, ketika sebuah akun Yahoo akan dinonaktifkan dan dihapus, maka pengguna akan diberikan waktu selama 90 hari sebelum akun tersebut benar-benar dihapus. Dalam masa tersebut, pengguna masih sangat bisa untuk memulihkan dan mengaktifkan akun emailnya kembali.

Dan untuk memudahkan proses pemulihan akun Yahoo yang sudah ada, pastikan bahwa sejak pertama kali anda mendaftarkan sebuah akun, aktifkan verifikasi keamanan yang salah satunya adalah melalui pengisian akun email lain sebagai alternatif dan juga nomor handphone agar semakin memudahkan pengguna dalam mengembalikan akunnya.

Cara alternatif lainnya yang juga sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan agar bisa menghindari terjadinya penghapusan akun pengguna adalah dengan memasang aplikasi email Yahoo di hp. Terlebih jika akun email yang ada dimanfaatkan untuk kegiatan kerja dan bisnis.

Selain bisa untuk mencegah tidak terjadinya aktifitas login selama 1 tahun, pemasangan aplikasi juga akan memudahkan mobilitas dan aksesibilitas pengguna dalam menggunakan layanan email Yahoo. Karena hampir setiap saat pengguna selalu bisa mengakses email dimanapun dan kapanpun selama tetap terhubung ke jaringan internet.


Demikian beberapa penyebab akun email Yahoo dihapus dan dinonaktifkan serta beberapa cara yang bisa anda dan pengguna lainnya lakukan untuk mencegah dan mengembalikan akunnya. Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merubah Ekstensi File di Windows 10

Format atau ekstensi file di laptop Anda pasti akan sangat beragam. File dokumen bisa memiliki ekstensi .docx jika menggunakan WPS Office ataupun Microsoft Office Word, .txt, .pdf, .xlsx untuk dokumen Excel dan masih banyak lagi. Begitu juga foto/gambar dengan format .jpeg, .jpg, .png, maupun .gif dan sebagainya.

Sangat variatif karena banyaknya jenis file yang ada.

Cara Mengatur Mode Sleep di Windows 10

Untuk bisa mengatur mode Sleep di Windows 10 ini, caranya sangatlah mudah dilakukan untuk dilakukan.

Tujuan pengaturan ini bisa beragam.

Ada yang melakukannya untuk menghemat batrei laptop, antisipasi agar layar laptop bisa padam ketika ditinggal tidur namun tidak ingin shutdown laptop meskipun juga bisa dengan cara hibernate, dan lain sebagainya.

Cara Agar Ikon Folder Tidak Menampilkan Thumbnail File Didalamnya

Di Windows 10 dan versi sebelumnya, ketika menampilkan ikon folder dalam ukuran yang besar (large) biasanya juga akan menjadikan isi folder tersebut sebagai bagian dari bagaimana folder ditampilkan ke pengguna. Misalnya isi folder Anda adalah beberapa foto. Maka salah satu diantara foto tersebut akan menjadi thumbnail dari tampilan folder. Ikon folder yang awalnya seperti hanya terdiri dari 1 warna kemudian bercampur dengan berbagai warna bahkan foto yang ada didalamnya.