Langsung ke konten utama

✅ Blogger Harus Tahu 1 Manfaat PENTING Punya Blog Multi-Topik

Menggunakan kata "Harus" pada judul diatas bukan berarti bahwa saya mewajibkan. Namun, banyak blogger yang sepertinya belum tahu bahwa ada banyak manfaat yang bisa didapatkan jika memiliki dan mengelola blog multi-topik atau yang biasa disebut blog gado-gado tersebut.

Saking pentingnya manfaat mempunyai blog multi-topik itulah hingga saya menegaskan bahwa blogger sudah seharusnya tahu mengenai kekuatan blog mereka sendiri apalagi jika sudah memiliki blog gado-gado.

Blog multi-topik atau blog gado-gado adalah blog yang dibangun dengan mempublikasikan topik apapun. Serba campur-campur. Tergantung dari bloggernya sendiri mau menerbitkan artikel atau konten macam apa.

Jika blog niche (1 topik/tema) misalnya blog yang secara khusus membahas sistem operasi Windows hanya akan mempublikasikan konten mengenai Windows saja dan selainnya yang masih berhubungan dengan topik utama, maka blog multi-topik justru sebaliknya, bisa sangat tidak berhubungan sama sekali.

Hari ini misalnya mempublikasikan konten mengenai apa yang harus dilakukan ketika artikel blog tidak muncul di Google, dimana artikel tersebut bisa dikatakan masuk dalam topik yang berhubungan dengan dunia blog. Lalu, beberapa waktu kemudian akhirnya memutuskan untuk mempublikasikan artikel mengenai cara mengatur mode sleep di Windows 10 yang jelas-jelas topiknya sangatlah tidak berhubungan sama sekali.

Mau bagaimana lagi, seperti itulah blog multi-topik. Seolah menjadi sebuah portal segala macam topik bagi pengelola dan pemilik blog itu sendiri.

Menariknya, blog dengan banyak topik ini kadang tidak begitu menarik minat blogger lainnya untuk dikembangkan lebih jauh lagi. Kabar yang beredar, biasanya disebabkan karena penghasilan yang diperoleh dari hasil bergabung di Google Adsense biasanya relatif lebih kecil sehingga ambang batas minimum pembayaran semakin sulit untuk didapatkan.

Parahnya lagi, banyak yang percaya begitu saja bahwa blog gado-gado terkadang sulit untuk diterima sebagai penayang (publisher) Google Adsense. Padahal, sudah banyak yang membuktikan sebaliknya dimana mereka bisa lebih sukses bahkan dibanding blogger lainnya yang mengelola beberapa blog niche.

Rekomendasi: Hanya 1 Hari Blog Saya Diterima Google Adsense Fully Approved

Jujur saja, jika blog multi niche dirawat secara telaten, maka dari sisi penghasilan pun kemungkinan besar tidak akan kalah saing juga. Saya kira semua tergantung bagaimana teknik dan cara mengelola sebuah blog saja.

1 manfaat penting punya blog multi-topik yang harus diketahui seorang blogger

Yang harus mulai kita pahami dan ingat selalu terutama bagi blogger adalah bahkan manusia saja punya kelemahan dan kelebihannya masing-masing. Apalagi berbicara mengenai blog multi-topik yang juga dibuat dan dikelola oleh manusia itu sendiri.

Dari sekian kelemahan atau kekurangan blog multi-topik itu sendiri, banyak diantaranya yang saya yakin sudah anda tahu sendiri. Namun, pernahkah anda setidaknya memikirkan lebih dalam mengenai kelebihannya itu sendiri.

Karena terkadang, bahkan dengan 1 kelebihan saja yang ia miliki, jika bisa anda manfaatkan secara maksimal, maka hasilnya pun bisa sangat membantu anda dalam hal mengoptimasi blog multi-topik anda bahkan memiliki ide baru mengenai niche blog apa yang akan dibangun kedepannya.

Salah satu kelebihan yang menjadi manfaat penting mempunyai blog multi-topik untuk saya informasikan ke anda adalah dengan memanfaatkan kata kunci (keyword) yang masuk ke blog anda itu sendiri.

Saya yakin bahwa beberapa bulan awal ketika anda membangun blog multi-topik, anda setidaknya sudah bisa mendapatkan pengunjung dari mesin pencari. Tidak peduli apakah anda hanya mampu mendapat 100 atau bahkan 10 pengunjung harian saja. Bagi saya, setidaknya artikel yang anda publikasikan di blog sudah mampu menggaet pengunjung dari mesin pencari seperti Google.

Dan sebagaimana yang kita tahu bersama, bahwa pengunjung dari Google datangnya adalah melalui kata kunci yang mereka ketikkan di mesin pencari tersebut. Perhatikan gambar dibawah ini mengenai contoh kata kunci pengunjung yang masuk ke blog ini.

tampilan kata kunci di blog multi-topik menggunakan platform blogger

Kenapa saya melakukan sensor pada kata kunci gambar diatas? Karena semua kata kunci tersebut adalah aset blog ini. Informasi tersebut sangat penting bagi pemilik blog multi-topik karena kata kunci tersebut sudah berhasil mendatangkan pengunjung.

Padahal, kata kunci tersebut bisa saja belum terpikirkan sebelumnya atau bukanlah kata kunci yang saya targetkan. Tapi kabar baiknya adalah, ternyata bisa mendapatkan pengunjung se-sedikit apapun jumlahnya.

Data seperti kata kunci tersebutlah yang kemudian bisa dimanfaatkan untuk memproduksi konten kedepannya di blog yang sama atau bahkan membuat blog baru yang menargetkan 1 topik atau tema saja.

Informasi kata kunci tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk merencanakan internal link artikel anda kedepannya dimana anda bisa menentukan artikel mana yang akan diberikan internal link pada artikel yang baru akan anda publikasikan. Dan sebagaimana yang sudah kita ketahui bahwa internal link pun merupakan hal penting untuk mengoptimasi suatu blog atau situs secara OnPage (OnPage Optimization).

Lebih lanjut mengenai pembahasan sumber kata kunci yang masuk ke blog multi-topik ini, silahkan lihat gambar berikut ini.

Pentingnya memiliki blog multi-topik untuk menggaet kata kunci

Berdasarkan informasi pada gambar diatas, performa blog ini berhasil mendapatkan total 1,425 klik hasil pencarian di Google untuk beberapa bulan terakhir. Saya akui bahwa blog ini bukanlah blog dengan jutaan pengunjung. Namun, saya selalu senang memilikinya karena ternyata hasil mempublikasikan artikel yang sudah saya lakukan cukup membantu banyak pembaca.

Mendapatkan pengunjung dengan jumlah klik sebanyak itu sangat saya syukuri karena yang perlu anda ketahui adalah, saya hanya fokus untuk menulis dan mempublikasikan artikel saja.

Kalaupun pernah membangun backlink, sepertinya jumlahnya sangatlah kecil. Mungkin hanya 10 atau 15 biji saja jumlahnya. Itupun kebanyakan hanya share sana-sini dan tidak terlalu fokus membangun backlink berkualitas dari dalam artikel.

Kabar baiknya, pengunjung yang datang adalah sejak blog ini masih berstatus sub-domain yaitu blogspot.

Selanjutnya, saya juga ingin menyampaikan atau memperlihatkan perbandingan antara jumlah impresi di Google dan jumlah klik yang didapatkan blog ini pada kurun waktu 3 bulan terakhir pada gambar dibawah ini.

Hasil kata kunci yang masuk dan didapatkan blog multi-topik

Maaf-maaf nih saya sengaja tidak memperlihatkan kata kuncinya. Namanya juga rahasia perusahaan. Soalnya blog ini kan masih sedikit sekali pengunjungnya. Pada data baris pertama untuk kata kunci tertentu, blog ini ditampilkan atau dilihat di mesin pencari sebanyak 284 kali (impresi) dan mendapatkan 118 klik.

Anggap saja bahwa dari total 284 kali dilihat, yang mengkliknya adalah sebanyak 118 orang. Begitu seterusnya mengenai data kata kunci lainnya.

Dan dari berbagai informasi diatas, setidaknya saya sudah tahu akan menulis apa kedepannya untuk mendukung artikel sebelumnya yang sudah sering mendapatkan traffic (pengunjung) dan informasi kata kunci yang masuk pun bisa saya maksimalkan untuk membuat blog niche kedepannya.

Kesimpulan:

Dari apa yang saya paparkan diatas, dengan hanya memiliki 1 blog multi-topik yaitu blog ini, maka saya sudah tahu mengenai kekuatan blog ini dalam mendapatkan pengunjung, konten mana saja yang menjadi sumber masuknya pengunjung di blog ini, bagaimana memaksimalkan konten yang sudah ada dan merencanakan konten kedepannya, serta pentingnya kata kunci yang sudah didapatkan oleh blog ini yang juga menjadi kekuatannya tersendiri.

Dan mungkin masih banyak manfaat penting lainnya yang bisa didapatkan dengan hanya memiliki blog multi-topik atau gado-gado.

Artikel Bermanfaat: Cara Mengecilkan Gambar Secara Online Untuk Konten Blog

Jika anda memiliki pertanyaan atau ada hal yang masih membingungkan pikiran anda, silahkan langsung tanyakan lewat komentar dbawah ini. Jangan lupa juga untuk mebagikan artikel ini untuk menyebarkan manfaat ke teman-teman anda. Sukses terus buat pengelolaan blog gado-gado anda. Terima kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merubah Ekstensi File di Windows 10

Format atau ekstensi file di laptop Anda pasti akan sangat beragam. File dokumen bisa memiliki ekstensi .docx jika menggunakan WPS Office ataupun Microsoft Office Word, .txt, .pdf, .xlsx untuk dokumen Excel dan masih banyak lagi. Begitu juga foto/gambar dengan format .jpeg, .jpg, .png, maupun .gif dan sebagainya.

Sangat variatif karena banyaknya jenis file yang ada.

Cara Mengatur Mode Sleep di Windows 10

Untuk bisa mengatur mode Sleep di Windows 10 ini, caranya sangatlah mudah dilakukan untuk dilakukan.

Tujuan pengaturan ini bisa beragam.

Ada yang melakukannya untuk menghemat batrei laptop, antisipasi agar layar laptop bisa padam ketika ditinggal tidur namun tidak ingin shutdown laptop meskipun juga bisa dengan cara hibernate, dan lain sebagainya.

Cara Agar Ikon Folder Tidak Menampilkan Thumbnail File Didalamnya

Di Windows 10 dan versi sebelumnya, ketika menampilkan ikon folder dalam ukuran yang besar (large) biasanya juga akan menjadikan isi folder tersebut sebagai bagian dari bagaimana folder ditampilkan ke pengguna. Misalnya isi folder Anda adalah beberapa foto. Maka salah satu diantara foto tersebut akan menjadi thumbnail dari tampilan folder. Ikon folder yang awalnya seperti hanya terdiri dari 1 warna kemudian bercampur dengan berbagai warna bahkan foto yang ada didalamnya.