Cara Aktifkan Night Light di Windows 10

Sudah tahukah anda cara mengaktifkan fitur Night Life di Windows 10? Atau anda jangan-jangan belum mengetahui apa pula fitur tersebut?

Mau tanya lagi nih. Pernah tidak melihat teman atau saudara anda ketika dalam kondisi ruang kamar yang gelap dan sedang menggunakan laptop atau PC, cahaya yang terpancar seolah berwarna biru?

Menghindari dampak buruk cahaya biru dari laptop dengan mengaktifkan Night Light di Windows 10

Jika pernah, dari beberapa sumber yang pernah saya baca, itulah yang dinamakan sebagai Blue Light. Hubungannya dengan fitur Night Light di Windows 10 adalah keduanya memiliki dampak yang berbeda terhadap tubuh kita. Terutama mengenai pengaruhnya terhadap pola tidur kita sendiri. Loh kok bisa?
Baca juga: Cara Merubah Tampilan Windows Explorer Menjadi Gelap (Hitam)
Disinyalir, cahaya berwarna biru tersebut akan bisa membuat anda untuk terjaga lebih lama di depan monitor. Buat yang hobi begadang (memang ada yang punya hobi begadang?) atau sedang ada pekerjaan tambahan di malam hari, tentu saja spektrum cahaya biru ini bisa membantu.

Namun bagi yang tidak ingin memberikan peluang agar pola tidurnya di malam hari tidak terganggu, cahaya biru tersebut tentu saja akan sangat merepotkan tanpa kita sadari. Karena itu, kemungkinan inilah juga yang menjadi penyebab hadirnya fitur Night Light di Windows 10.

Barangkali ada yang belum paham, jadi mari kita artikan saja dulu secara bahasa bahwa Night Light itu adalah cahaya malam jika kita terjemahkan kedalam bahasa Ibu Pertiwi. Ibunya siapa? Ibunya si Pertiwi. Fungsi utamanya adalah memberikan pengaruh yang sebaliknya dari cahaya biru tersebut.

Cara mengaktifkan fitur Night Light di Windows 10

Langkahnya sangat mudah dan gampang sekali untuk mengaktifkan fitur Night Light di Windows 10. Meskipun tidak semudah membalikkan sebelah tangan, hanya dengan beberapa klik maka anda pun sudah bisa merasakan sensasi cahaya malam berkilau bintang ini. Apaan sih?

Pertama, buka Settings > System > Display.

Setelah itu, pada bagian sebelah kanan, anda akan menemukan fiturnya berada di posisi paling atas. Udah kayak raja saja. Pada bagian bawah Brightness and Color, terdapat tulisan Night Light dimana tombolnya masih Off jika belum pernah digunakan sebelumnya.

Langsung saja klik agar fiturnya berubah menjadi On. Berikut saya sertakan gambarnya sebagai contoh jika masih kebingungan.

Pengaturan untuk aktifkan Night Light di Windows 10

*Maafkan hamba karena gambar tombolnya masih Off. Tapi sudah paham lah ya?

Setelah itu, pada bagian bawah tombol aktivasi tersebut kan ada menu tambahan lain mengenai pengaturan lanjutan fitur Night Light ini bertuliskan Night light settings. Tidak perlu tunggu lama-lama, langsung di klik saja menuju jendela pengaturan yang akan terbuka.

Setelah itu, tinggal diaktifkan saja langsung apalagi kalau sudah malam terus tentukan jadwal aktif otomatisnya tiap jam berapa.

NIght Light terjadwal secara otomatis di Windows 10
Sudah. Itu saja. Gampang kan? Kan?

Sekian dulu ya untuk cara mengaktifkan fitur Night Light di Windows 10 ini. Saya berharap mudah-mudahan berguna banget bagi anda dan tidak terpapar cahaya biru monitor secara terus-menerus.


EmoticonEmoticon