Langsung ke konten utama

Cara Memperkecil Ukuran Gambar Menggunakan Paint

Salah satu aplikasi atau software bawaan yang ada di Windows 10 bahkan versi sebelumnya untuk melakukan pengeditan gambar adalah Paint. Meskipun aplikasinya sangatlah sederhana dan sangat ringan untuk dibuka secara cepat, Paint juga bisa dimanfaatkan untuk memperkecil ukuran gambar yang pada akhirnya akan mengurangi kapasitas penyimpanan gambar tersebut di laptop atau PC.

Namun yang perlu diingat ketika mengecilkan ukuran gambar menggunakan Paint lalu menyimpannya di laptop sedangkan file gambar aslinya dihapus, maka hal itu sangat tidak disarankan sama sekali. Hal ini disebabkan karena untuk mengembalikannya sebagaimana gambar aslinya seolah mustahil.

Saya menyarankan anda untuk mengecilkan ukuran gambar menggunakan Paint misalnya untuk keperluan gambar di blog atau kebutuhan lain yang benar-benar tidak membutuhkan lagi file aslinya.

Selain itu, tipe dan format gambar yang lebih baik anda gunakan untuk diedit adalah .PNG atau gambar vektor karena ketika dibesarkan maupun dikecilkan ukurannya, biasanya hasilnya tidak akan pecah atau jelek. Berbeda jika menggunakan foto bertipe raster hasil kamera, dikhawatirkan hasilnya tidak akan maksimal meskipun ukuran dan kapasitasnya pun akan bisa lebih kecil lagi.

Tapi jika ingin mencobanya, silahkan saja. Barangkali ada foto dengan kombinasi warna tertentu maka hasil akhir mengeditnya menggunakan Paint pun tetap menghasilkan kualitas gambar yang lumayan.

Langkah-langkah memperkecil ukuran gambar menggunakan Paint di Windows 10

Untuk mulai melakukan pengeditan gambar dengan tujuan agar bisa mengecilkan resolusi dan juga kapasitasnya, silahkan anda ikuti langkah-langkah yang sudah saya siapkan dibawah ini.

1. Memuat gambar kedalam aplikasi Paint

Untuk membuka atau memuat gambar di Paint, caranya adalah dengan klik pada File > Open. Bisa juga dengan menggunakan shortcut Ctrl + O di keyboard. Kemudian, cari dimana letak penyimpanan gambar yang akan dimuat lalu pilih agar sesegera mungkin bisa ditampilkan di Paint.

2. Mulai mengecilkan ukuran gambar di Paint menggunakan fitur yang sudah disediakan

Setelah gambar berhasil ditampilakn di Paint, maka langkah selanjutnya anda sudah bisa mulai langsung melakukan tahapan memperkecil ukuran atau resolusi gambar. Caranya adalah dengan memilih fitur Resize and skew yang terletak disamping kanan fitur Select atau diatas fitur Rotate.

Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat tampilan gambar dibawah ini mengenai lokasi fitur Resize yang akan anda pilih tersebut.

Lokasi penemapatan fitur Resize ketika menggunakan Paint

Selain klik pada tampilan fitur yang tersedia, anda juga bisa menekan shortcut di keyboard untuk membukanya yaitu dengan kombinasi Ctrl + W.

Dan sesaat kemudian, jendela pengaturan fitur yang dimaksudkan akan terbuka dimana tampilannya akan seperti gambar dibawah ini.

Settingan mengubah ukuran gambar di Paint

Pada gambar diatas, terdapat 2 pilihan untuk merubah ukuran gambar yaitu berdasarkan nilai persenatse (percentage) atau berdasarkan satuan Pixels. Saya sendiri biasanya menggunakan atau memilih merubah ukuran dengan memakai satuan Pixels karena biasanya saya sudah tahu mengenai batas ukuran lebar (horizontal) untuk gambar yang akan saya ubah ukurannya.

Lalu, tinggal masukkan saja salah satu ukuran yang diinginkan. Ingat juga untuk menandai (centang) pada bagian Maintain aspect ratio agar ukuran gambar menjadi proporsional. Jadi, meskipun hanya merubah ukuran gambar pada bagian lebarnya saja, maka tinggi gambar pun akan menyesuasikan secara otomatis.

Pada tahapan ini, saya tidak lebih lanjut lagi mengutak-atik fitur lainnya karena sudah tidak diperlukan lagi. Kemudian, tinggal klik Ok saja untuk melihat langsung hasilnya.

3. Menyimpan gambar yang telah selesai diubah ukurannya

Jika sudah sesuai, silahkan simpan gambar baru anda yang sudah diubah ukurannya dengan memilih File > Save as. Ketika akan menyimpannya menggunakan langkah ini, maka anda akan diberikan beberapa pilihan format gambar.

Jika gambar anda adalah vektor, maka sangat disarankan untuk menyimpannya dengan format PNG karena gambar masih akan tetap berkualitas tampilannya dan kapasitas filenya bisa sangat kecil sekali sehingga bisa menghemat hardisk laptop.

Namun jika gambar yang anda edit dan ubah ukurannya adalah foto hasil kamera, lebih baik anda menyimpannya dalam format JPEG karena jika disimpan dalam format PNG, maka hasilnya akan pecah atau kualitasnya akan jauh berkurang dibanding foto aslinya.

Baca Juga: Cara Membalik Atau Merubah Arah Gambar Menggunakan Paint

Silahkan juga bereksperimen mengenai hasil gambar yang disimpan menggunakan format gambar lainnya untuk melihat perbandingan yang mana yang lebih baik ketika diubah ukurannya dan perbandingan mengenai kapasitas gambar yang dihasilkan.

Demikian langkah-langkah memperkecil ukuran gambar menggunakan Paint dari tahap awal hingga penyimpanan di laptop atau PC anda. Dari apa yang disampaikan diatas, setidaknya untuk pengeditan gambar secara cepat, sudah ada alternatif utama yang sudah anda miliki di laptop Windows dan anda bahkan tidak memerlukan lagi Photoshop atau program lainnya yang kadang cukup berat untuk dibuka. Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merubah Ekstensi File di Windows 10

Format atau ekstensi file di laptop Anda pasti akan sangat beragam. File dokumen bisa memiliki ekstensi .docx jika menggunakan WPS Office ataupun Microsoft Office Word, .txt, .pdf, .xlsx untuk dokumen Excel dan masih banyak lagi. Begitu juga foto/gambar dengan format .jpeg, .jpg, .png, maupun .gif dan sebagainya.

Sangat variatif karena banyaknya jenis file yang ada.

Cara Mengatur Mode Sleep di Windows 10

Untuk bisa mengatur mode Sleep di Windows 10 ini, caranya sangatlah mudah dilakukan untuk dilakukan.

Tujuan pengaturan ini bisa beragam.

Ada yang melakukannya untuk menghemat batrei laptop, antisipasi agar layar laptop bisa padam ketika ditinggal tidur namun tidak ingin shutdown laptop meskipun juga bisa dengan cara hibernate, dan lain sebagainya.

Cara Agar Ikon Folder Tidak Menampilkan Thumbnail File Didalamnya

Di Windows 10 dan versi sebelumnya, ketika menampilkan ikon folder dalam ukuran yang besar (large) biasanya juga akan menjadikan isi folder tersebut sebagai bagian dari bagaimana folder ditampilkan ke pengguna. Misalnya isi folder Anda adalah beberapa foto. Maka salah satu diantara foto tersebut akan menjadi thumbnail dari tampilan folder. Ikon folder yang awalnya seperti hanya terdiri dari 1 warna kemudian bercampur dengan berbagai warna bahkan foto yang ada didalamnya.