Langsung ke konten utama

Cara Merubah Tampilan Windows Explorer Menjadi Gelap (Hitam)

Pernah berpikir bahwa anda seolah sudah tahu banyak hal mengenai Windows 10? Jangan berbangga dulu jika untuk merubah tampilan Windows Explorer menjadi gelap (hitam) saja anda belum tahu. Tapi tenang saja, karena cara maupun triknya akan saya informasikan dalam postingan ini.

Banyak hal yang bisa anda lakukan di Windows 10 yang anda gunakan saat ini. Dan harus diakui bahwa ada begitu banyak hal yang belum kita ketahui termasuk mengenai fitur apa tersembunyi apa saja yang menarik untuk kita gunakan sacara lebih lanjut.

Manfaatnya tentu saja adalah untuk membantu produktivitas kita dalam menggunakan Windows 10. Dan meskipun itu hanyalah sekedar merubah tampilan Windows Explorer menjadi lebih gelap dibanding tampilan bawaannya yang terang (putih), siapa tahu hal itu justru yang anda anggap sebagai apa yang anda butuhkan.

Jika anda masih bingung bagaimana hasilnya nanti, silahkan lihat gambar dibawah ini dimana Windows Explorer di laptop saya yang menggunakan Windows 10 berubah tampilannya dari terang menjadi lebih gelas dari pengaturan singkat yang saya lakukan.

Cara merubah tampilan Windows Explorer menjadi lebih gelap

Cara singkat merubah tampilan Windows Explorer menjadi gelap atau hitam (Dark Mode)

Jadi ceritanya anda tertarik untuk lebih lanjut mengetahui bagaimana saya mendapatkan tampilan diatas menggunakan Windows 10? Selain pengaturan yang perlu diubah sangat singkat untuk dilakukan sehingga tidak memerlukan waktu, caranya pun sepertinya bisa dilakukan oleh siapa saja.

Tidak peduli seberapa awam anda terhadap penggunaan Windows 10, saya akan memandu anda untuk mendapatkan tampilan Windows Explorer menjadi gelap melalui langkap-langkah dibawah ini.

  1. Masuk ke pengaturan perubahan tampilan background Windows dengan melakukan klik kanan pada layar desktop anda lalu pilih Personalize. Bisa juga dengan memilih menu Settings > Personalization > Colors. Kemudian, akan terbuka jendela personalization yang akan menjadi tempat utama untuk melakukan perubahan warna tampilan File/Windows Explorer di laptop anda.
  2. Pada jendela Personalization yang sudah terbuka, pastikan untuk memilih menu atau fitur Colors lalu terapkan pengaturan sebagaimana gambar berikut.
    Langkah-langkah merubah Windows Explorer menjadi gelap
Pada bagian Choose your default Windows mode, ketika merubahnya menjadi Dark, maka hal itu yang bisa langsung dilihat atas perubahan tampilan yaitu pada berubahnya warna taskbar menjadi gelap. Sedangkan fitur Choose your default app mode, fitur ini berfungsi untuk merubah warna Windows Explorer menjadi gelap (hitam).

Baca juga: 2 Cara Non-Aktifkan Update Otomatis Windows 10

Dan tidak hanya Windows Explorer saja, tapi aplikasi bawaan seperti Pengaturan (settings) pada Windows 10 pun akan menjadi gelap.

Entah anda akan menyukai tampilan Windows Explorer anda yang menjadi lebih gelap ketika menerapkan perubahan yang saya jelaskan diatas atau tidak, silahkan coba dulu untuk melihat hasilnya di laptop atau PC anda. Barangkali dengan begitu, tampilan Windows Explorer anda menjadi lebih baru dan tidak membosankan meskipun hanya merubahnya dari terang menjadi gelap.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merubah Ekstensi File di Windows 10

Format atau ekstensi file di laptop Anda pasti akan sangat beragam. File dokumen bisa memiliki ekstensi .docx jika menggunakan WPS Office ataupun Microsoft Office Word, .txt, .pdf, .xlsx untuk dokumen Excel dan masih banyak lagi. Begitu juga foto/gambar dengan format .jpeg, .jpg, .png, maupun .gif dan sebagainya.

Sangat variatif karena banyaknya jenis file yang ada.

Cara Mengatur Mode Sleep di Windows 10

Untuk bisa mengatur mode Sleep di Windows 10 ini, caranya sangatlah mudah dilakukan untuk dilakukan.

Tujuan pengaturan ini bisa beragam.

Ada yang melakukannya untuk menghemat batrei laptop, antisipasi agar layar laptop bisa padam ketika ditinggal tidur namun tidak ingin shutdown laptop meskipun juga bisa dengan cara hibernate, dan lain sebagainya.

Cara Agar Ikon Folder Tidak Menampilkan Thumbnail File Didalamnya

Di Windows 10 dan versi sebelumnya, ketika menampilkan ikon folder dalam ukuran yang besar (large) biasanya juga akan menjadikan isi folder tersebut sebagai bagian dari bagaimana folder ditampilkan ke pengguna. Misalnya isi folder Anda adalah beberapa foto. Maka salah satu diantara foto tersebut akan menjadi thumbnail dari tampilan folder. Ikon folder yang awalnya seperti hanya terdiri dari 1 warna kemudian bercampur dengan berbagai warna bahkan foto yang ada didalamnya.