Ada-Ada Saja! Cek 3 Komentar yang Saya Anggap Spam di Blog Ini

Dunia blog itu terkadang terlihat begitu cerdas apalagi berurusan dengan kode-kode website, dunia kepenulisan artikel, optimasi mesin pencari (SEO), jaringan periklanan online dan seterusnya. Pokoknya seolah serba mutakhir. Tapi, tidak ada bidang yang sempurna di dunia maya. Termasuk dalam mengelola blog. Karena bahkan fitur kolom komentar yang ada didalamnya pun digunakan untuk menyampaikan hal yang tidak berhubungan dengan isi artikel itu sendiri.

3 diantaranya pernah didapatkan oleh blog ini sendiri dimana ketiga-tiganya seolah membuat saya ingin geleng-geleng kepala dan keheranan sendiri; "kok bisa gitu ada orang yang mau berkomentar seperti ini?"



Entah saya yang lebai atau memang begitu isi pikiran saya ketika membaca komentar yang masuk di beberapa artikel blog ini dan akhirnya membuat saya memutuskan untuk menganggapnya sebagai komentar spam saking tidak berkaitannya dengan topik artikel dan juga malah berpeluang merusak perkembangan blog ini sendiri.

Tanpa berlama-lama, yuk cek 3 komentar spam dibawah ini yang mungkin tidak sempat anda lihat sebelumnya karena sudah tidak saya tampilkan lagi dan tersimpan rapi di fitur komentar spam yang ada di blog ini.

1. Komentar yang berhubungan dengan obat kuat

komentar spam yang ada di blog ini

Untuk komentar pertama ini sih, awalnya pakai ucapan terima kasih segala dengan kalimat "thank you for sharing." Namun setelah itu, langsung dihujani dengan informasi produk yang dijualnya. Dari gambar, eh katanya jualan obat tertentu dengan langsung menyebutkan merknya. Dan hampir semua kalimatnya seolah menargetkan kata kunci tersebut. Kejar target kali ini orang.

Nama profil si tukang komentarpun sama dengan nama produk yang dijualnya dengan tambahan embel-embel asli. Yang lucunya lagi, komentar tersebut ada pada artikel mengenai cara merubah ukuran ikon toolbox di GIMP menjadi kecil.

Mungkin ia tertarik kali dengan kata "kecil" di judul artikel tersebut sehingga ia juga berinisiatif memberikan cara untuk "memperbesarnya." Ooppsss.

2. Dapat KABAR BAIK dari si tukang pemberi utang, riba nih guys!

komentar spam yang menargetkan peminjam modal

Komentar spam kedua yang pernah masuk ke blog ini menggunakan nama profil Susam bowman. Saya tidak tahu ibu Susan ini dari mana hingga di komentarnya pun samai-sampai memberikan nomor hp-nya dan juga email yang bahkan masih gratisan.

Ngasih informasi utang ke orang secara online tapi emailnya masih gmail. Hadooooohhh. Bagaimana sih ibu Susan ini.

Saya juga tidak lebih lanjut mencari tahu nomor teleponnya itu berasal dari mana. Yang jelas bukan dari Indonesia. Entah ibu Susan bowman ini dari pedalaman mana.

3. Masih seputar pinjaman uang dan cerita sok sedihnya

komentar spam yang tidak relevan dengan isi artikel

Kalau komentar spam kedua diatas seolah bernada sangat bersemangat, justru berbeda dengan yang terakhir ini. Diawali dengan cerita bahwa ia telah kehilangan banyak hal melalui perusahaan pinjaman palsu lalu diteruskan dengan cerita kesaksian Marianne Low dan ternyata juga terkait dengan pinjamannya ibu Susan bowman.

Wah, ibu Susan ini mamaknya siapa ya, kok banyak banget duitnya sampai ngasih pinjaman terus? Hidupnya sudah terlalu melimpah kali ya hingga nyari orang-orang susah sebagai ladang amal di akhirat kelak.

Menariknya komentar kedua dan ketiga ini, selain saling terkait yang kemungkinan dilakukan oleh orang yang sama meskipun dengan nama yang berbeda, komentar spam keduanya justru dipublikasikan ditulisan saya mengenai cara agar ikon folder tidak menampilkan thumbnail file didalamnya yang jelas-jelas tidak berhubungan sama sekali.

Tapi yah, begitulah dunia internet dan juga lucu-lucunya mengelola blog, ada-ada saja komentar yang tidak bermutu dan bersifat spam. Masing-masing punya tujuannya sendiri-sendiri, jadi yah, kita juga sulit untuk menangkalnya.

Mau kita berikan siraman rohani pun entah bagaimana caranya.

Dan dari ketiga komentar spam tersebut, saya yakin bahwa dua diantaranya bahkan mungkin semuanya dilakukan menggunakan aplikasi tertentu. Tidak secara manual.

Oh ya, jika anda menemukan komentar-komentar bernada sperti diatas, mohon hati-hati dan jangan mudah percaya ya.


EmoticonEmoticon