Cari Tahu Kenapa Punya Blog di Tumblr Itu Penting Bagi Blogger

Anda blogger dan masih belum punya blog juga di Tumblr? Yakin gak rugi? Sebenarnya sah-sah saja bagi anda untuk menggunakan platform blog manapun selain Tumblr, namun jika anda saat ini misalnya sedang membangun blog PBN atau membutuhkan sumber backlink yang berkualitas dan juga variatif serta berbagai alasan lainnya, ada baiknya tulisan ini anda baca hingga akhir.

Saya termasuk bersyukur bahwa Tumblr sudah melakukan perubahan yang sangat besar terhadap perkembangan platformnya.

Terutama dalam kaitannya dengan dihapusnya dan dibatasinya akses terhadap begitu banyak akun blog yang memiliki konten khusus orang dewasa. Apalagi, banyaknya konten dewasa tersebut pula yang menjadi salah satu penyebab hingga Tumblr diblokir oleh pemerintah Indonesia sebelumnya.

Padahal kalau dipikir-pikir, Indonesia dengan pengguna internet sebanyak saat ini merupakan pasar yang sangat besar bagi sebuah platform blog.

Mudahnya mencari blog zombie di Tumblr bagi blogger

Meskipun waktu itu pemblokiran tersebut masih bisa diakali dengan penggunaan aplikasi VPN baik di hp maupun di browser laptop atau pc, namun tentu saja akan lebih baik jika sebuah platform online tidak mengalami pemblokiran dari sebuah negara dengan prospek bisnis online yang begitu besar.

Terkhusus anda yang adalah seorang blogger atau bahkan SEO Specialist, ada alasan penting yang perlu anda ketahui kenapa membuat blog di Tumblr itu sangat saya sarankan.

Beberapa alasan utamanya sudah saya jelaskan di awal paragraf pembuka postingan ini, namun nanti akan kita bahas lebih lanjut dengan bahasa se-sederhana mungkin yang saya ketahui. Namanya juga lagi belajar menulis di blog, jadi bisa saja tulisan saya sulit untuk dipahami.

Alasan penting kenapa blogger harus membuat blog di Tumblr

Beberapa waktu yang lalu, lupa tepatnya kapan, saya sebenarnya membuat cukup banyak blog di Tumblr. Setidaknya bisa mencapai angka 8 blog dari data yang saya miliki dan menurut saya itu sudah lebih dari cukup karena sudah banyak artikel yang telah dipublikasikan disana.

Mulai dari artikel untuk backlink maupun yang tidak.

Tidak termasuk dengan calon blog Tumblr lainnya yang sudah ada di file Excel yang saya miliki dimana jumlahnya mencapai puluhan dan menunggu untuk didaftarkan.

Alasan utama kenapa saya mulai membangun blog-blog tersebut dan membuat daftar nama-nama sub-domain blog Tumblr untuk saya buat kedepannya adalah sebagai aset blog PBN.

Sedangkan penyebab utama kenapa saya melirik Tumblr adalah karena mudahnya mendapatkan nama blog yang sudah memiliki Domain Authority (DA) yang lumayan.

Ini artinya, saya berburu blog zombie di Tumblr dan anda sudah tahu mengenai jenis blog tersebut kan?

Setidaknya, memiliki 1 blog dengan skor DA diatas 5 atau bahkan 10 menurut saya lebih baik ketimbang harus membuat blog baru dimana menaikkan peringkat DA tentu saja akan memakan waktu dan bahkan biaya.

Jadi saya pikir, jika mendapatkan blog zombie dengan spesifikasi tersebut bisa lebih mudah apalagi bisa langsung dimanfaatkan sebagai sumber backlink meskipun saya masih harus tetap menulis artikelnya sendiri, maka kenapa tidak?

Karena setidaknya saya akan mendapatkan backlink berkualitas hasil dari kerja saya sendiri.

Rekomendasi: Cara Mendapatkan Backlink Gratis Dengan Hanya Modal Artikel

Seingat saya, banyak diantara blog yang saya temukan tersebut cukup mudah didapatkan. Saya hanya menuliskan nama blog Tumblr-nya lalu akan dilihat apakah sub-domain tersebut masih aktif atau tidak. Jika tidak aktif atau online lagi, maka langsung saya masukkan di list dan mendaftarkannya nanti jika sudah membuat email baru lagi.

Cara saya menentukan nama domainnya adalah dengan mengetikkan kata-kata yang umum baik dalam bahasa Indonesia maupun inggris.

Misalnya jika saya ingin membuat blog tentang desain grafis, maka saya akan mengetikkan kata tersebut atau kata lainnya yang menurut saya relevan. Cara kerja saya menemukan blog-blog tersebut memang acak dan juga manual.

Dan dari pengalaman yang saya dapatkan, ternyata sangat mudah untuk mendapatkan blog yang dulunya aktif, kemudian oleh pengelolanya diputuskan untuk dihapus atau mungkin adanya kebijakan dari Tumblr untuk tidak mengaktifkannya lagi. Entah karena alamat email yang digunakan tidak aktif lagi atau hal lainnya.

Pokoknya, yang penting saya bisa mendapatkan blog Tumblr yang sudah memiliki skor DA berapapun dan blog tersebut sebelumnya bukanlah blog yang membahas mengenai judi, tidak mengandung sara apalagi yang mempublikasikan konten dewasa.

Selain itu, skor DA dari blog yang sudah saya daftarkan dan kelola pun sangatlah stabil. Tidak apa-apa dengan tidak naiknya skor DA blog Tumblr, yang penting tidak turun. Berbeda dengan blogspot dan juga WordPress yang saya kelola, peringkat domainnya naik turun dan kadang untuk naik lagi secara alami cukup susah.

Sudah mudah dapat blog zombienya, skor domainnya pun stabil, jadi masih yakin nih tidak tertarik untuk membuat blog di Tumblr? Sayang loh! Nanti keburu nama domain blog disana diambil blogger lain. Karena bagaimanapun, sepertinya kebanyakan blogger di Indonesia masih lebih fokus membangun blog di Blogspot dan WordPress. Jadi yang main di Tumblr mungkin masih sedikit.


EmoticonEmoticon