Langsung ke konten utama

Kenapa Situs Bisnis Harus Memiliki Penulis Konten?

Saat ini, penulis konten atau yang biasa disebut dalam bahasa inggris sebagai Content Writer menurut saya sangat identik dengan dunia blog yaitu menjadi blogger atau penulis online. Namun siapa sangka bahwa pekerjaan menulis dan mempublikasikan konten berupa artikel tersebut juga sebenarnya dibutuhkan oleh situs bisnis apapun yang berencana untuk melakukan optimasi terhadap situsnya.

Situs bisnis misalnya berupa online shop kerap kita ketahui seringkali meng-update produk lama yang sudah tidak ada stoknya dengan yang baru. Hal itu tentu saja diperlukan karena barang yang dijual haruslah yang masih ada stoknya.

Namun kali ini, update yang perlu dilakukan bukan hanya sebatas produk atau layanan yang ditawarkan di suatu situs bisnis, namun juga informasi dalam bentuk artikel terutama yang relevan dengan bisnis itu sendiri.

Kenapa situs bisnis membutuhkan Penulis Konten?

Ada begitu banyak situs bisnis yang terkadang hanya terdiri dari beberapa halaman saja didalamnya. Biasanya kita menyebutnya sebagai situs Company Profile yang sekedar menonjolkan profil dari perusahaan bisnis itu sendiri dan tidak banyak informasi yang bisa kita dapatkan selain itu.

Kalapun situs bisnis tersebut memiliki update atau informasi terbaru, paling sebatas mengenai kegiatan amal atau program CSR (Company Social Responsibility) dari perusahaan itu sendiri dan mungkin jenis informasi lainnya yang sebenarnya tidak banyak pengguna internet yang mencarinya.

Boro-boro mau mempublikasikan artikel secara reguler, wong penulis saja tidak punya.

Jadi jangan heran kenapa situs bisnis seperti itu kerap mendapatkan pengunjung yang sedikit atau bahkan dalam sehari tidak ada pengunjung sama sekali, karena informasi yang ada di situs pun memang sangat minim. Apalagi jika situs tersebut tidak dioptimasi sama sekali.

Hal yang berbeda ingin saya ajukan kepada pemilik atau pengelola situs bisnis tertentu dengan menyewa atau mempekerjakan minimal seorang penulis konten. Terutama jika situs bisnis tersebut ingin dioptimasi kedepannya dan salah satu caranya adalah dengan mempublikasikan artikel secara rutin.

Manfaat mempekerjakan Penulis Konten bagi situs bisnis

Ketika saya mengatakan “konten,” maka hal tersebut utamanya merujuk pada jenis konten berupa artikel yang nantinya akan dipublikasikan di situs bisnis yang awalnya tidak ada artikel sama sekali atau hanya ada beberapa saja.

Jika terdapat suatu situs bisnis yang akhirnya memiliki rencana untuk mengoptimasi situsnya, biasanya pilihan utama adalah dengan mencari jasa SEO (Search Engine Optimization).

Namun jujur saja, tanpa adanya informasi di dalam situs dalam bentuk artikel yang dipublikasikan secara berkala, harap maklum jika situs tersebut sulit atau membutuhkan waktu yang lama untuk dioptimasi.

Pada akhirnya, kemungkinan untuk mengeluarkan biaya yang lebih besar pun akan semakin tinggi.

Disisi lain, Google sangat suka dengan situs yang diupdate secara terus-menerus. Selain hal itu merupakan sinyal positif bagi Google bahwa sebuah situs memberikan informasi yang berguna bagi pengunjung atau pelanggan bisnis, update informasi dalam bentuk artikel juga menunjukkan bahwa situs bisnis anda tetap aktif dengan adanya artikel yang dipublikasikan.

Namun tidak hanya itu saja, menyajikan konten yang berharga dalam suatu situs bisnis dengan mempekerjakan Penulis Konten memiliki manfaat lain yang perlu dipertimbangkan. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Penulis Konten akan menyajikan informasi yang original dan juga unik

Namanya juga penulis, maka konten yang akan dipublikasikan pun akan sangat original dan juga unik.

Di luaran sana, memang ada banyak jasa penulis artikel yang bahkan berani menjual tulisannya dengan harga yang sangat murah. Namun, alih-alih mendapatkan konten dengan ide yang original dengan gaya bahasa yang unik, banyak diantara pemilik jasa tersebut yang hanya melakukan tulis-ulang (rewrite) terhadap artikel yang sudah ada.

Jika memeriksa tulisannya menggunakan alat pendeteksi plagiat online, memang bisa 100% unik tanpa adanya copy-paste secara membabi-buta, namun jika akan dipublikasikan di situs bisnis, hal tersebut saya khawatirkan akan merusak situs itu sendiri kedepannya.

Apa anda mau jika situs bisnis yang anda bangun dari nol disebut melakukan plagiat meskipun sudah merubah gaya bahasanya secara keseluruhan?

Jujur saja, kentara kok mana situs dengan artikel hasil rewrite dan mana yang tidak. Lagian, untuk apa mempublikasikan ulang artikel orang lain dengan merubah gaya bahasanya saja tanpa memberikan informasi tambahan dalam artikel tersebut?

Jangan sampai situs bisnis anda disebut kacangan deh! Mending mempekerjakan penulis konten langsung yang tentu saja bisa dengan mudah anda kontrol pekerjaannya dan tentu saja akan lebih bertanggung jawab mengenai apa yang dilakukannya.

2. Sudah banyak Penulis Konten yang setidaknya mulai paham mengenai apa itu artikel SEO

Originalitas dan juga nilai keunikan setiap artikel yang dipublikasikan di situs bisnis adalah salah satu langkah awal yang bisa anda manfaatkan untuk memulai projek optimasi sebuah situs.

Dengan adanya artikel baru yang dipublikasikann oleh Penulis Konten, maka tidak hanya hal itu akan membuat mesin pencari seperti Google untuk selalu merayapi (crawl) situs anda setiap hari, namun situs tersebut juga akan semakin besar peluangnya untuk mendapatkan pengunjung dari mesin pencari.

Semakin banyak pengunjung situs anda, maka semakin besar pula peluang informasi dan penawaran bisnis anda diketahui oleh banyak orang.

Bahkan tidak menutup kemungkinan bahwa anggaran iklan situs anda akan semakin banyak berkurang dengan hanya mempekerjakan penulis konten.

Selain itu, entah anda akan mempekerjakan seseorang yang berlatar belakang sebagai blogger atau tidak, sudah banyak Penulis Konten maupun penulis online saat ini yang paham mengenai bagaimana itu artikel SEO.

Rekomendasi: 9 Cara Saya Menulis Artikel SEO di Blog

Hal ini bermanfaat untuk memastikan bahwa tiap artikel yang dipublikasikan sudah diriset kata kunci utamanya yang terkait bisnis anda untuk bisa bersaing dengan artikel lainnya yang sudah ada.

Lalu apa manfaat artikel-artikel tersebut kedepannya?

Jika salah satu atau bahkan banyak artikel yang memiliki banyak pengunjung (pembaca) maka dalam artikel tersebut pun akan sangat memungkinkan bagi anda atau Penulis Konten untuk mengarahkan pembaca pada informasi bisnis (produk atau layanan) utama anda sehingga peluang untuk menarik semakin banyak konsumen pun menjadi lebih besar.

Bukankah salah satu tujuan utama iklan juga untuk menjangkau lebih banyak konsumen? Kenapa tidak juga dilakukan melalui konten? Informasi lebih lanjut mengenai hal ini, silahkan cari referensi mengenai apa itu Content Marketing.

3. Peluang untuk mendapatkan jenis konten yang viral

Ini yang menarik dari seorang Penulis konten. Anda tidak akan pernah tahu akan se-unik dan se-kreatif apa seseorang dalam menyajikan sebuah konten. Akan lebih besar peluang bagi bisnis anda untuk menjadi viral melalui jari-jemari dan pemikiran seorang penulis dibandingkan membeli artikel yang harganya hanya 10ribuan.

Bukan berarti bahwa membeli artikel yang murah itu tidak ada peluangnya untuk viral, tapi jujur saja, jika saya bisa membuat sebuah konten yang viral, kenapa harus menjualnya semurah itu?

Viral yang saya maksudkan disini tidak harus seheboh berita-berita yang ada yang sampai terkenal se-Indonesia atau bahkan seluruh dunia. Bukan itu.

Tapi, setidaknya artikel yang akan anda publikasikan di situs bisnis anda bisa viral di industri yang sama yang anda geluti.

Cara sederhananya adalah dengan mengetahui sudah berapa banyak yang membaca artikel tersebut, apakah artikel tersebut sudah mengalahkan artikel yang sejenis dari pesaing bisnis anda di halaman 1 Google dan juga hitung berapa total share-nya di sosial media.

Bahkan, jika saja share media sosial yang anda dapatkan jumlahnya bisa gila-gilaan, bukankah hal itu sudah lebih dari cukup dari yang bisa anda dapatkan? Asal jangan beli jasa share artikel saja karena hal itu sudah jelas-jelas bukan merupakan hasil kerja Penulis Konten. Carilah share yang dilakukan pengguna secara alami.

Anda juga bisa menganalisa hasil share di media sosial bisnis anda mengenai seberapa besar interaksi yang didapatkan oleh artikel yang sudah ada. Anda bisa mulai menghitung jumlah like, share, interaksi dalam bentuk komentar dan sebagainya.

Ketiga manfaat dari mempekerjakan Penulis Konten diatas, jika saja situs bisnis anda bisa mendapatkan manfaat dari ketiganya, atau setidaknya keuntungan pada poin ke-2 dan juga yang terakhir, maka bukan hal yang mustahil bahwa perkembangan bisnis anda pun bisa lebih meningkat lagi kedepannya.

Apalagi pekerjaan utama yang selalu dilakukan oleh pengelola situs hingga saat ini adalah bagaimana mendapatkan pengunjung yang lebih banyak dan bagaimana pengunjung tersebut bisa diubah menjadi pelanggan bisnis mereka. Bukankah hal itu juga yang menjadi PR besar anda saat ini?

Karena itu, cobalah untuk mempertimbangkan apakah bisnis anda sudah mampu untuk mempekerjakan minimal 1 orang penulis konten atau tidak. Atau anda punya cara tersendiri untuk membeli artikel online murah yang benar-benar bisa mendapatkan keuntungan dari penjelasan diatas? Beritahu saya lewat komentar jika anda ingin membagikannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merubah Ekstensi File di Windows 10

Format atau ekstensi file di laptop Anda pasti akan sangat beragam. File dokumen bisa memiliki ekstensi .docx jika menggunakan WPS Office ataupun Microsoft Office Word, .txt, .pdf, .xlsx untuk dokumen Excel dan masih banyak lagi. Begitu juga foto/gambar dengan format .jpeg, .jpg, .png, maupun .gif dan sebagainya.

Sangat variatif karena banyaknya jenis file yang ada.

Cara Mengatur Mode Sleep di Windows 10

Untuk bisa mengatur mode Sleep di Windows 10 ini, caranya sangatlah mudah dilakukan untuk dilakukan.

Tujuan pengaturan ini bisa beragam.

Ada yang melakukannya untuk menghemat batrei laptop, antisipasi agar layar laptop bisa padam ketika ditinggal tidur namun tidak ingin shutdown laptop meskipun juga bisa dengan cara hibernate, dan lain sebagainya.

Cara Agar Ikon Folder Tidak Menampilkan Thumbnail File Didalamnya

Di Windows 10 dan versi sebelumnya, ketika menampilkan ikon folder dalam ukuran yang besar (large) biasanya juga akan menjadikan isi folder tersebut sebagai bagian dari bagaimana folder ditampilkan ke pengguna. Misalnya isi folder Anda adalah beberapa foto. Maka salah satu diantara foto tersebut akan menjadi thumbnail dari tampilan folder. Ikon folder yang awalnya seperti hanya terdiri dari 1 warna kemudian bercampur dengan berbagai warna bahkan foto yang ada didalamnya.