Langsung ke konten utama

5 Manfaat Desain Untuk Menghasilkan Karya Kerajinan

VisibleSpectrumBlog.com - Desain adalah sebuah seni hasil dari berbagai proses kreatif yang diterapkan pada berbagai media baik fisik maupun secara digital sebagaimana yang ada hingga saat ini. Tujuannya bisa bersifat fungsional (berguna), media untuk mengkomunikasikan sebuah ide, membuat sesuatu agar tampak lebih estetik (indah) dan sebagainya. Lalu, apa hubungan dan juga manfaat semua hal tersebut dalam menghasilkan sebuah karya kerajinan?

Kerajinan adalah sebuah kegiatan yang dihasilkan oleh manusia melalui suatu keterampilan tertentu dengan memanfaatkan apapun yang ada di alam dan lingkungan manusia itu berada baik yang sifatnya baru maupun bekas (telah terpakai).

Biasanya terminologinya sangat terkait erat dengan istilah kerajinan tangan dimana manusia bisa menghasilkan sesuatu yang unik, indah, berbeda dan berbagai kesan lainnya melalui keterampilannya yang dilakukan secara manual dalam berkreasi.

Salah satu tujuannya adalah tidak lain untuk membantu kehidupan manusia itu sendiri.

Misalnya kerajinan yang berhubungan dengan busana atau pakaian batik yang memiliki motif tersendiri dan telah menjadi ciri khasnya sebagai bagian dari melestarikan budaya yang sudah ada dan hasilnya pun sangat mendukung untuk kita gunakan sebagai pakaian resmi atau sekedar berpakaian rapi ke pesta pernikahan.

Manfaat dan keuntungan membuat desain untuk berkarya dalam industri kerajinan

Seiring berjalannya waktu, kerajinan tangan maupun yang lainnya yang sedari awal dilakukan secara manual maupun memanfaatkan alat bantu tradisional berkembang hingga menggunakan teknologi yang lebih canggih.

Pada tahap ini, pembuatan sebuah karya kerajinan biasanya telah melibatkan mesin-mesin produksi hingga bermunculan berbagai pabrik untuk memproduksi lebih banyak lagi barang-barang kerajinan dalam waktu yang lebih singkat.

5 manfaat pentingnya desain dalam menghasilkan karya kerajinan

Entah itu pabrik modern dengan berbagai mesin canggihnya maupun tetap menggunakan cara tradisional secara manual, sudah banyak para pengrajin yang akhirnya melibatkan desain untuk membantunya dalam berkarya.

Hal ini karena manfaat desain itu sendiri yang dirasakan sangat penting dalam berbagai proses pembuatan dan pengembangan ide hingga perbandingan antara ide awal dengan hasil kerajinan yang telah berhasil diproduksi.

Namun tidak hanya itu saja, manfaat dari sebuah desain bisa lebih banyak lagi dan saya telah merangkum beberapa diantaranya yaitu sebagai berikut.

1. Sebuah desain sangat membantu dalam memvisualisasikan sebuah ide kerajinan yang akan diproduksi

Saya ingin mengambil contoh sebelumnya mengenai pakaian batik tadi sebagai studi kasus dalam poin pertama ini dan mungkin juga berikutnya untuk membantu anda memahami pentingnya desain dalam menghasilkan karya kerajinan.

Sejak proses awal pembuatan sebuah motif batik, desain akan berperan penting dalam proses perancangan ide dan bagaimana tampilan akhir dari ide tersebut ketika divisualisasikan dalam bentuk gambar atau sketsa.

Belum lagi ketika seseorang ingin membuat motif batiknya sendiri atau menggunakan yang sudah ada.

Maka untuk lebih meyakinkan lagi mengenai bagaimana sebuah pakaian akan terlihat lebih bagus atau indah sesuai dengan imajinasi dalam pikirannya, pengrajin bisa menjadikan hasil akhir desain yang sudah ada untuk menjawab akan terlihat seperti apa ide pakaian batik tersebut jika diproduksi maupun digunakan.

2. Desain sebagai sebuah panduan dalam memproduksi sebuah kerajinan

Karena pemilik ide busana batik tadi sudah selesai memvisualisasikan atau merealisasikan mengenai motif apa yang akan diproduksi, maka tim produksi pun tidak perlu lagi bertanya untuk membuat batik dengan motif seperti apa.

Tim akan segera mempersiapkan alatnya untuk mulai melakukan proses produksi karena sudah ada desain utama yang menjadi patokan.

Contoh lainnya misalnya ingin menyablon baju batik sesuai selera anda, maka mesin percetakan digital akan menjadikan gambar motif hasil desain di laptop sebagai patokan mengenai ukuran, kombinasi warna, dan juga bentuk yang menjadi bagian dari desain motif tersebut.

Kan tidak mungkin kita sendiri ngomong langsung ke mesinnya kita mau hasilnya seperti apa.

3. Desain sebagai pembanding antara ide awal yang telah disepakati dengan hasil akhir yang telah diproduksi

Lagi-lagi masih berhubungan dengan ide. Untuk memastikan bahwa hasil produksi sesuai dengan selera anda, maka harus dibandingkan antara ide awal yang sudah divisualisasikan dengan hasil akhir sebuah kerajinan yang telah diproduksi.

Hal ini dimaksudkan untuk memastikan bahwa tidak ada kesalahan dari proses produksi yang sudah berjalan. Karena kesalahan itu bisa saja diakibatkan oleh faktor manusia maupun adanya kendala dengan mesin atau alat yang digunakan.

Selain batik, contoh kerajinan lain yang bisa kita ambil untuk poin ketiga ini adalah kerajinan undangan pernikahan berbentuk kipas.

Jika sudah ada undangan kipas yang diproduksi, minimal jumlahnya 1, maka anda maupun tim produksi bisa langsung mengecek apakah hasil desain yang diserahkan di awal sudah sesuai dengan undangan yang diproduksi, apakah ada kesalahan atau mungkin dibutuhkan perubahan atau tidak. Begitu seterusnya sehingga proses produksi undangan kipas pun bisa diputuskan untuk dilanjutkan atau dihentikan untuk sementara.

4. Sebagai sumber utama pembuatan kerajinan dalam bentuk 3D (3 dimensi)

Saat ini, saking canggihnya teknologi percetakan dan digital, telah diproduksi sebuah mesin dimana bahkan hasil desain grafis yang awalnya berbentuk datar (2D) maupun yang tampak berbentuk 3D di komputer sudah bisa langsung dicetak menjadi bentuk 3D sesuai yang anda inginkan.

Istilahnya 3D printing atau percetakan 3 dimensi dimana dengan bermodalkan sebuah print (alat cetak) ide anda bisa langsung diwujudkan menjadi kenyataan.

Katakanlah anda ingin mencetak sendiri blok mainan seperti Lego, maka dengan memiliki model gambar dan juga printer 3 dimensinya, anda sudah bisa membuat mainan sendiri.

Coba saja buka Tokopedia atau marketplace Indonesia lainnya dan cari alat 3D printing ini, maka anda pun akan tahu bagaimana sebuah desain yang awalnya berbentuk digital bisa langsung dicetak menjadi sebuah kerajinan tanpa harus menunggu proses produksi yang lama jika membuatnya sendiri secara manual.

Bahkan dengan adanya alat ini, sudah bermunculan jasa cetak 3D dimana anda bisa memesan layanannya kapan saja.

5. Desain sebagai suatu peluang bisnis dan lapangan kerja di industri kerajinan

Hal terakhir yang menjadi manfaat desain dalam menghasilkan sebuah karya kerajinan adalah kemampuannya dalam membuka lapangan kerja bahkan peluang bisnis. Tinggal anda pilih saja mengenai yang mana yang akan anda jalani.

Desain dalam hubungannya dengan lapangan kerja di industri kerajinan maupun industri lainnya bahkan telah memiliki jabatannya sendiri yang disebut sebagai Desainer Produk (Product Designer). Dan secara lebih spesifik, anda yang tertarik untuk menjadi desainer produk perhiasan maupun aksesoris pun sangat memungkinkan menjadi seorang Jewelry Designer (Desainer Perhiasan).

Atau ingin menawarkan bisnis jasa desain model 3D atau layanan desain untuk kerajinan dalam industri perhiasan pun saya kira tidak ada larangan. Dan karena kerajinan itu sendiri merupakan salah satu industri, tentu saja akan ada lapangan kerja maupun peluang bisnis yang sudah menanti anda. Tinggal anda mau saja atau tidak. Iya, kan?

Demikian 5 manfaat desain untuk menghasilkan karya kerajinan yang anda butuhkan. Sekarang tinggal keputusan anda untuk memanfaatkannya lagi secara lebih luas. Adakah diantara manfaat lainnya yang belum saya sebutkan dan jelaskan? Silahkan beritahu saya langsung. Bantu share artikel ini ya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merubah Ekstensi File di Windows 10

Format atau ekstensi file di laptop Anda pasti akan sangat beragam. File dokumen bisa memiliki ekstensi .docx jika menggunakan WPS Office ataupun Microsoft Office Word, .txt, .pdf, .xlsx untuk dokumen Excel dan masih banyak lagi. Begitu juga foto/gambar dengan format .jpeg, .jpg, .png, maupun .gif dan sebagainya.

Sangat variatif karena banyaknya jenis file yang ada.

Cara Mengatur Mode Sleep di Windows 10

Untuk bisa mengatur mode Sleep di Windows 10 ini, caranya sangatlah mudah dilakukan untuk dilakukan.

Tujuan pengaturan ini bisa beragam.

Ada yang melakukannya untuk menghemat batrei laptop, antisipasi agar layar laptop bisa padam ketika ditinggal tidur namun tidak ingin shutdown laptop meskipun juga bisa dengan cara hibernate, dan lain sebagainya.

Cara Agar Ikon Folder Tidak Menampilkan Thumbnail File Didalamnya

Di Windows 10 dan versi sebelumnya, ketika menampilkan ikon folder dalam ukuran yang besar (large) biasanya juga akan menjadikan isi folder tersebut sebagai bagian dari bagaimana folder ditampilkan ke pengguna. Misalnya isi folder Anda adalah beberapa foto. Maka salah satu diantara foto tersebut akan menjadi thumbnail dari tampilan folder. Ikon folder yang awalnya seperti hanya terdiri dari 1 warna kemudian bercampur dengan berbagai warna bahkan foto yang ada didalamnya.