Langsung ke konten utama

Shortcut Keyboard di Windows Untuk Kemudahan Pengguna

Salah satu sistem operasi laptop atau PC yang populer hingga saat ini adalah Windows dimana versi terupdate ketika tulisan ini diketik adalah Windows 10. Demi kemudahan pengguna, ada banyak Shortcut (Jalan Pintas) dimana anda bisa mengkombinasikan salah satu atau beberapa tombol di keybaord tanpa perlu lagi melakukan klik menggunakan mouse dalam melakukan pekerjaan.

Dengan adanya shortcut Windows 10 ini, tentu anda tidak akan kerepotan lagi karena terkadang dengan menggunakan mouse, untuk melakukan satu pekerjaan anda diharuskan melakukan klik hingga beberapa kali.

Beberapa shortcut Windows untuk memudahkan pengguna

Sedangkan, cukup dengan menekan salah 1 atau 2 tombol di keyboard saja, maka perintah yang anda berikan pun bisa segera dibuka.

Shortcut penting dan bermanfaat di Windows 10

Saya telah merangkum beberapa shortcut penting ini untuk anda dimana beberapa diantaranya hampir selalu saya gunakan di lapton dan beberapa yang lainnya sesekali dipakai untuk jenis pekerjaan tertentu.

Simak selengkapnya shortcut Windows 10 dibawah ini untuk anda coba dan ingat agar berbagai kemudahan dalam penggunaannya selalu bisa membantu pekerjaan anda.

  1. Windows + i : Membuka pengaturan Windows atau Windows Settings yang dikenal sebagai Control Panel.
  2. Windows + X sama dengan melakukan klik kanan pada logo windows di taskbar.
  3. Windows + L untuk mengunci atau lock Windows.
  4. Windows + E untuk membuka Windows Explorer.
  5. Ctrl + Z untuk Undo yaitu untuk mengembalikan perubahan ke tindakan terakhir yang anda lakukan. Misalnya, sebelumnya anda merubah ekstensi file di Windows dan ingin mengembalikannya.
  6. Ctrl + Y untuk Redo yaitu kebalikan dari perintah pada poin ke-5 diatas.
  7. Fn + F2 atau F2 saja untuk merubah nama file maupun formatnya secara manual.
  8. F11 atau Fn + F11 untuk menampilkan layar penuh (fullscreen) pada aplikasi atau software yang terbuka.
  9. Ctrl + Shift + N untuk membuat folder baru.
  10. Shift + Tanda Panah untuk menyeleksi file atau folder.
  11. Alt + Tab untuk membuka task view dan melihat semua aplikasi yang sudah Anda buka sebelumnya serta berguna untuk berpindah ke aplikasi lainnya yang Anda pilih. Cara menggunakannya adalah dengan tetap menekan tombol Alt secara terus-menerus (tidak dilepas) sedangkan untuk tombol Tab bisa Anda tekan berkali-kali untuk memilih aplikasi mana yang akan dibuka. Cara lainnya adalah dengan menekan Ctrl + Alt + Tab. Sekali Anda menekan ketiga tombol tersebut, Anda bisa langsung melepasnya dan untuk memilih aplikasi mana yang akan ditampilkan, Anda bisa menggunakan tanda panah ke kiri dan ke kanan pada keyboard.
  12. Windows + M untuk me-minimize semua aplikasi yang terbuka ke taskbar.
  13. Windows + Shift + M untuk membuka semua aplikasi sebelumnya yang sudah di minimize atau kebalikan dari perintah pada poin ke-12 diatas .
  14. Windows + Tanda Panah Keatas untuk maximize layar aplikasi dan Windows + Tanda Panah Kebawah untuk mengecilkan (restore down) tampilan aplikasi.
  15. Ctrl +Shift + Escape untuk membuka Task Manager.

Bagaimana? Sudahkah anda mencoba beberapa shortcut diatas dan apakah ada yang hasilnya berbeda dengan yang sudah dijelaskan?

Masih banyak lagi shortcut penting lainnya yang bisa anda manfaatkan jika menggunakan WIndows 10 maupun versi sebelumnya dan semoga bisa tetap meng-update jalan pintas yang ada jika ada yang lupa atau baru ditemukan.

Silahkan bantu teman-teman dan rekan anda dengan menginformasikan shortcut penting di Windows ini agar merekapun bisa mendapatkan manfaat yang sama.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merubah Ekstensi File di Windows 10

Format atau ekstensi file di laptop Anda pasti akan sangat beragam. File dokumen bisa memiliki ekstensi .docx jika menggunakan WPS Office ataupun Microsoft Office Word, .txt, .pdf, .xlsx untuk dokumen Excel dan masih banyak lagi. Begitu juga foto/gambar dengan format .jpeg, .jpg, .png, maupun .gif dan sebagainya.

Sangat variatif karena banyaknya jenis file yang ada.

Cara Mengatur Mode Sleep di Windows 10

Untuk bisa mengatur mode Sleep di Windows 10 ini, caranya sangatlah mudah dilakukan untuk dilakukan.

Tujuan pengaturan ini bisa beragam.

Ada yang melakukannya untuk menghemat batrei laptop, antisipasi agar layar laptop bisa padam ketika ditinggal tidur namun tidak ingin shutdown laptop meskipun juga bisa dengan cara hibernate, dan lain sebagainya.

Cara Agar Ikon Folder Tidak Menampilkan Thumbnail File Didalamnya

Di Windows 10 dan versi sebelumnya, ketika menampilkan ikon folder dalam ukuran yang besar (large) biasanya juga akan menjadikan isi folder tersebut sebagai bagian dari bagaimana folder ditampilkan ke pengguna. Misalnya isi folder Anda adalah beberapa foto. Maka salah satu diantara foto tersebut akan menjadi thumbnail dari tampilan folder. Ikon folder yang awalnya seperti hanya terdiri dari 1 warna kemudian bercampur dengan berbagai warna bahkan foto yang ada didalamnya.