Langsung ke konten utama

Temu-Kangen Alumni: Mempererat Silaturahmi Sambil Beramal

Bulan Ramadhan yang baru saja lewat biasanya menjadi waktu dimana silaturahmi semakin sering terjalin erat dan juga dimana banyak diantara kita yang saya yakin akan semakin banyak yang beramal dan melakukan kebaikan. Selain itu, bulan mulia tersebut juga menjadi momen dimana budaya mudik atau pulang kampung akan sering diberitakan baik sebelum lebaran atau Idul Fitri maupun setelahnya yang menyangkut arus balik.

Budaya mudik tersebut juga akhirnya menjadi momen spesial tertentu untuk saling bertemu kembali tidak hanya bagi mereka yang tinggal dalam satu kampung, namun juga biasanya bagi alumni yang pernah bersekolah di tempat yang sama mulai dari tingkat SD, SMP hingga SMA.

Dan yang ingin saya ceritakan kali ini adalah bagaimana kegiatan temu-kangen alumni sekolah SMP saya dulu mempererat tali silaturahmi hingga berencana untuk patungan dan menyedekahkan hasilnya untuk istitusi pendidikan yang pernah menjadi tempat kami menimba ilmu.

Mudik dan pertemuan alumni untuk silaturahmi dan beramal

Saya bersyukur bahwa teman-teman SMP saya dulu akhirnya membuat sebuah grup WhatsApp. Entah sudah berapa lama grup WA-nya ada, yang jelas akhirnya beberapa diantara kami akhirnya mulai berkomunikasi kembali.

Yang awalnya saling tidak mengetahui kabar satu sama lain karena banyak juga yang merantau, akhirnya bisa saling menertawakan dan lucu-lucuan di grup.

Lebaran kemarin karena banyak yang pulang kampung, akhirnya ada ide dari teman-teman grup alumni SMP untuk melakukan 2 hal. Pertama adalah acara makan-makan sesama alumni dan juga patungan untuk membeli lemari agar bisa digunakan di mesjid yang ada di sekolah.

Meskipun waktu lebaran sudah usai dan lemari tersebut belum terbeli, Alhamdulillah uang patungan hingga jutaan rupiah sudah terkumpul. Bahkan melebihi uang untuk membeli lemari tersebut.

Bahkan tukang yang akan bertugas untuk membuatkan lemarinya pun sudah deal mengenai berapa hari waktu pengerjaan lemari hingga benar-benar bisa diambil.

Inilah menariknya momen mudik di Bulan Ramadahan hingga beberapa waktu menjelang selesainya Idul Fitri di kampung saya. Bahkan, banyak alumni juga yang melakukan hal yang sama terutama membuat acara makan-makan atau ngumpul bareng untuk menjalin kembali pertemuan yang sempat tertunda bahkan hingga bertahun-tahun lamanya.

Alumni sekolah lain juga tampak melakukan hal yang sama. Tapi tidak membeli lemari saja namun beramal pula dalam bentuk lain dan dilakukan secara berjamaah.

Temu-kangen alumni seperti ini tentu saja sangat menarik untuk dilakukan karena selain bisa bertemu lagi dan mengenang masa lalu, kita juga bisa sama-sama terlibat untuk melakukan kebaikan.

Menariknya model beramal dengan patungan seperti yang saya sampaikan diatas, bahkan mereka yang jauh dari kampung halaman dan belum sempat mudik tahun ini bisa tetap terlibat untuk beramal dengan mentransfer sejumlah uang sesuai keikhlasan masing-masing.

Bisa juga hanya menyumbang ide saja karena beramal itu tidak melulu harus uang. Apalagi, kegiatan amal yang sedang terlaksana saat ini pun bermula dari ide atau sebuah wacana yang disampaikan hingga benar-benar terwujud. Kalau saja tidak ada ide, bisa jadi tidak akan ada niat untuk beramal.

Jadi, jika anda ragu untuk beramal dalam bentuk uang, saya kira anda tidak harus membatasi diri untuk membantu dalam bentuk lainnya. Apalagi dalah hal beramal, kan yang penting bagaimana niat dalam diri kita sendiri.

Kita tidak boleh memandang remeh pentingnya sebuah ide dan juga niat, karena berapa banyak pun uangnya, jika niatnya jelek ya mending dipikir-pikir ulang lagi. Khawatirnya bukannya pahala yang didapat, justru malah sebaliknya.

Baca Juga: Skripsi Mahasiswa di Warnet Jogja Banyak Bertebaran

Saya sih berharapnya, mudah-mudahan baik saya, keluarga, teman-teman dan juga pembaca sekalian, apapun amal baik yang kita semua lakukan waktu bulan Ramadhan yang lalu hingga saat ini, baik saat sedang temu-kangen alumni maupun tidak, semoga itu semua bisa selalu membawa kebaikan, berkah dan rahmat dari Tuhan Yang Maha Esa untuk kita semua selamanya, aamiin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Merubah Ekstensi File di Windows 10

Format atau ekstensi file di laptop Anda pasti akan sangat beragam. File dokumen bisa memiliki ekstensi .docx jika menggunakan WPS Office ataupun Microsoft Office Word, .txt, .pdf, .xlsx untuk dokumen Excel dan masih banyak lagi. Begitu juga foto/gambar dengan format .jpeg, .jpg, .png, maupun .gif dan sebagainya.

Sangat variatif karena banyaknya jenis file yang ada.

Cara Mengatur Mode Sleep di Windows 10

Untuk bisa mengatur mode Sleep di Windows 10 ini, caranya sangatlah mudah dilakukan untuk dilakukan.

Tujuan pengaturan ini bisa beragam.

Ada yang melakukannya untuk menghemat batrei laptop, antisipasi agar layar laptop bisa padam ketika ditinggal tidur namun tidak ingin shutdown laptop meskipun juga bisa dengan cara hibernate, dan lain sebagainya.

Cara Agar Ikon Folder Tidak Menampilkan Thumbnail File Didalamnya

Di Windows 10 dan versi sebelumnya, ketika menampilkan ikon folder dalam ukuran yang besar (large) biasanya juga akan menjadikan isi folder tersebut sebagai bagian dari bagaimana folder ditampilkan ke pengguna. Misalnya isi folder Anda adalah beberapa foto. Maka salah satu diantara foto tersebut akan menjadi thumbnail dari tampilan folder. Ikon folder yang awalnya seperti hanya terdiri dari 1 warna kemudian bercampur dengan berbagai warna bahkan foto yang ada didalamnya.