5 Cara Cepat Membuka Control Panel Windows 10

Pada panduan kali ini, saya akan membeberkan 5 cara cepat untuk membuka Control Panel di Windows 10. Meskipun metode ini adalah salah satu bagian dasar dari penggunaan Windows terutama ketika melakukan berbagai pengaturan, terkadang salah satu cara mengalami error atau sebelumnya secara sengaja memilih untuk tidak menampilkannya pada bagian tertentu dan lupa bagaimana mengembalikannya.

Karena itu, Anda bisa memilih salah satu cara untuk mengakses Control Panel di Windows 10 jika salah satu metode yang sering Anda gunakan tidak bisa diaplikasikan.

Sebagai informasi tambahan, di Windows 10 sendiri memang sudah ada fitur Modern Settings sebagai pengganti Control Panel yang lama. Namun, sepertinya masih ada beberapa pengaturan yang belum bisa menggunakan fitur baru tersebut.
Baca juga: Cara Merubah Tampilan Windows Explorer Menjadi Gelap (Hitam)
Berikut beberapa cara untuk mengaksesnya.

1. Menggunakan fitur Search atau pencarian pada Taskbar

Pada bagian taskbar sebelah kanan logo Windows 10 Anda, terdapat fitur pencarian aplikasi, dokumen dan sebagainya yang bisa juga dimanfaatkan untuk membuka Control Panel. Silahkan gunakan fitur tersebut dengan mengetikkan apa yang Anda cari sesuai dengan nama file atau aplikasi yang ingin Anda buka.
cara membuka control panel windows 10 melalui search di taskbar
Jika ikon Control Panel sudah muncul seperti diatas, silahkan langsung klik untuk membukanya.

2. Membuka Control Panel melalui Windows Run

Cara kedua adalah dengan menggunakan Windows Run dengan menekan shortcut Windows + R. Ketikkan Control Panel ketika jendela aplikasi terbuka dan klik Ok.
cara mengakses Control Panel di Windows 10 menggunakan Windwos Run
Gampang dan cepat kan?

3. Akses Control Panel melalui Desktop

Biasanya, ketika laptop atau PC baru saja diinstal menggunakan sistem operasi Windows ini, fitur Control Panel juga ikut ditampilkan apda layar utama Desktop bersamaan dengan Recycle Bin dan sebagainya.

Anda pun bisa menggunakan cara tersebut untuk membuka Control Panel.

Namun, jika entah karena apa bahwa Control Panel tidak ditampilkan di layar utama desktop Anda, silahkan klik kanan layar desktop dan ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk menampilkannya kembali.
Cara menampilkan Control Panel di layar Desktop

4. Menggunakan Task Manager

Cara cepat membuka Control Panel Windows 10 selanjutnya adalah dengan menggunakan Task Manager. Jika aplikasi ini seringkali Anda gunakan untuk menutup paksa aplikasi yang sulit sekali untuk di-close, maka hal yang sebaliknya bisa dimanfaatkan untuk membuka software di laptop atau PC Anda.

Caranya adalah klik kanan taskbar di Windows dan memilih Task Manager atau bisa juga dengan menekan tombol Ctrl + Alt + Delete.

Jika sudah terbuka, pilih File > Run new task. Lalu akan muncul jendela baru yang sangat mirip dengan Windows Run pada cara kedua diatas.
metode membuka Control Panel Windows 10 menggunakan Task Manager

5. Mengakses Control Panel lewat Windows Explorer

Ketika Anda membuka Windows Explorer (Windows+E), pada bilah panel sebelah kiri yang menjadi lokasi drive (hardisk), secara default, Control Panel ini pun ditampilkan dan Anda tinggal meng-kliknya saja.

Namun jika tidak ditampilkan oleh sebab sebelumnya Anda mungkin pernah merubah pengaturannya dan Anda lupa caranya, silahkan ikuti beberapa tahapan pada gambar berikut ini.
membuka Control Panel lewat Windows Explorer
Menurut Anda, apakah ada yang kurang dari penjelasan diatas mengenai berbagai cara mengakses Control Panel Windows 10 ini? Beritahu saya di komentar ya.

Rekomendasi cara tercepat yang bisa Anda gunakan

Dari kelima cara diatas untuk membuka pengaturan utama Control Panel di Windows 10 ini, menurut saya cara yang paling cepat adalah membukanya lewat layar desktop sebagaimana cara ke-3 dan juga melalui Windows Explorer.
Jangan lewatkan: Cara Mengatur Mode Sleep di Windows 10
Namun, silahkan Anda sesuaikan dengan kebiasaan Anda sendiri jika apa yang baru saja saya rekomendasikan berbeda dengan keinginan Anda. Share artikel ini untuk memberikan manfaat kepada pengguna Windows 10 lainnya. Terima kasih.

*Tambahan:
Beberapa cara diatas tidak hanya bisa digunakan untuk membuka Control Panel di Windows 10 saja. Namun versi Windows 8 dan 7 pun masih bisa.


EmoticonEmoticon