Cara Gratis Cari Ide Kata Kunci Turunan Untuk Blog

Cara Gratis Cari Ide Kata Kunci Turunan Untuk Blog

Ada loh cara gratis dan juga otomatis untuk mendapatkan banyak ide kata kunci turunan untuk artikel SEO blog Anda.

Menjadi blogger pemula seperti saya yang baru belajar SEO, biasanya suka kebingungan melakukan riset kata kunci. Kalau untuk keyword utama artikel, biasanya dapat dengan mudah didapatkan karena hanya terdiri dari 2 atau 3 suku kata saja.

Beda halnya dengan kata kunci turunan, biasanya jumlah katanya akan melebihi dari kata kunci utama. Biasanya loh ini ya, meskipun tidak selamanya hanya seperti itu. Berikut contoh sederhananya:

  1. Keyword utama: Artikel SEO
  2. Keyword turunan:  Artikel SEO berkualitas, Apa Itu Artikel SEO, dan seterusnya.

Kalau dilakukan secara manual, ide keyword yang didapatkan tentu saja sangat sedikit karena kemampuan berpikir kita terbatas. Belum termasuk kemampuan menguasai topik tulisan yang akan dibahas dalam artikel nantinya.

Menggunakan mesin pencari Google atau bahkan Google Keyword Planner (GKP) dan tool premium yang ada pun tetap saja masih ada kekurangannya karena serba manual dan hasil yang ditampilkan juga sangat sedikit.

Untungnya, masa-masa sulit seperti itu tidak perlu Anda rasakan lagi. #ApaanSih.

Manfaat memasukkan kata kunci turunan dalam artikel blog

Cara mencari ide kata kunci turunan untuk artikel blog yang SEO

Salah satu manfaat mendapatkan dan menerapkan kata kunci turunan dalam artikel blog ini adalah agar artikel yang akan Anda publikasikan nantinya semakin kaya (banyak) mengandung kata kunci yang beragam.

Dan tentu saja juga bisa dimanfaatkan untuk mengurangi pengulangan kata kunci utama secara berlebihan (stuffing keywords).

Jadi jangan heran jika artikel blog Anda banyak ditemukan oleh pengunjung melalui mesin pencari, yang masuk ke situs Anda tidak menggunakan kata kunci utama yang sama persis dengan yang Anda targetkan. Tapi justru selainnya namun masih relevan dengan keyword utamanya.

Tingkat relevansi itulah yang salah satunya akan meningkatkan Page Authority (PA) sebuah halaman situs (URL) karena algoritma mesin pencari seperti Google selalu berusaha untuk menampilkan hasil yang sangat relevan dengan apa yang pengguna cari.

Rekomendasi: 6 Trik Rahasia Saya Diterima Daftar Gmail Tanpa Nomor HP

Coba saja cek data kata kunci blog Anda di Google Search Console atau di Google Analytic, pasti akan sangat beragam dan Anda kemungkinan akan tahu menuju halaman mana kata kunci tersebut di dalam blog Anda.

Gratis dan otomatis: cara mendapatkan ide kata kunci turunan untuk artikel blog

Untuk mulai melakukan riset kata kunci turunan secara otomatis, ada 3 hal yang perlu Anda lakukan.

Weitsss. Tenangkan diri Anda dulu, sayang! Ketiga caranya tidak ribet dan blogger pemula sekalipun insyaallah bisa dengan mudah untuk melakukannya. Berikut yang harus dilakukan:

  1. Tentukan topik utama yang akan menjadi kata kunci yang ditargetkan dalam artikel.
  2. Membuka situs keywordshitter.com. Disinilah keajaiban terjadi. Widiiiiiihhh.
  3. Riset kembali kata kunci yang didapatkan menggunakan GKP untuk mengetahui volume dan tingkat persaingan kata kunci turunan yang baru saja didapatkan.

Kata kunci utama yang sudah ada dalam kepala Anda atau bahkan yang sudah diriset di GKP sebelumnya tinggal dimasukkan saja di situs tersebut dan kemudian tunggu prosesnya berjalan.

Semakin banyak pengguna yang benar-benar mencari informasi di Google menggunakan kata kunci tersebut, maka keyword turunannya pun bisa sangat banyak dan beragam.

Untuk opsi pada poin ke-3 diatas, jika Anda mau melakukannya yah silahkan saja. Tidak juga, tidak masalah. Namun jika Anda benar-benar ingin mengetahui cara menulis artikel SEO di blog, tentu saja sangat disarankan untuk menggunakan GKP atau tool riset kata kunci lainnya dalam kaitannya dengan persaingan dan volume pencarian yang ada.

Sepertinya tidak perlu saya membagikan bagaimana cara menggunakan tool di keywordshitter.com. Karena meskipun situsnya berbahasa inggris, namun tampilannya sangat sederhana dan juga bisa Anda pahami dengan mudah.

Demikian cara saya mencari dan mendapatkan ide kata kunci turunan untuk artikel blog. Lebih dan kurangnya mohon dimaklumi. Namanya juga pemula. Masih banyak khilafnya, aing.


EmoticonEmoticon