Cara Jangka Panjang Mendapatkan Banyak Referral

Cara Jangka Panjang Mendapatkan Banyak Referral

Dalam artikel kali ini, cara jangka panjang mendapatkan referral dikhususkan untuk bisnis dengan sistem online. Saya mengatakan demikian karena sistem bisnis offline sebenarnya sudah lebih dulu menerapkannya. Contohnya adalah bisnis MLM dimana referral yang dimaksudkan biasanya disebut sebagai downline.

Bagi Anda yang mungkin belum tahu apa dan bagaimana sistem referral online itu bekerja, saya akan memberikan penjelasan atau gambaran singkat namun mudah-mudahan bisa membuat Anda lebih memahaminya secara gamblang.

Apa itu bisnis yang mengandalkan referral online dan bagaimana cara kerjanya?

Cara mendapatkan banyak referral
Sepanjang yang saya ketahui, referral itu berasal dari kata refer yang berarti merujuk atau merekomendasikan orang atau pihak lain yang bukan diri Anda sendiri meskipun hal itu juga masih memungkinkan.

Dalam konteks sebuah bisnis, berarti bahwa kita memberikan rujukan atau rekomendasi kepada pihak lain untuk melakukan aksi apapun yang terkait dengan bisnis yang kita tawarkan. Aksi yang dilakukan orang yang kita rekomendasikan tersebut bisa dalam bentuk banyak hal, misalnya:

  1. Pihak lain melakukan pendaftaran di situs online tertentu.
  2. Mendaftar untuk mengikuti sebuah kursus online.
  3. Menjual barang di marketplace seperti TokoPedia, Lazada, BukaLapak, dan sebagainya.
  4. Membeli sebuah produk atau jasa bisnis tertentu.
  5. Membantu mempromosikan suatu bisnis, dan masih banyak lagi.

Karena Anda akan mengeluarkan tenaga, waktu dan bahkan biaya untuk merekomendasikan suatu bisnis online kepada pihak lain, maka sudah barang tentu bahwa Anda pun akan diberikan komisi dalam banyak bentuk. Yang paling utama, tentu Anda akan mendapatkan penghasilan.

Cara kerjanya secara online adalah Anda melakukan pendaftaran di sebuah layanan bisnis, lalu kemudian Anda biasanya akan diberikan sebuah link referral Anda sendiri dan ketika Anda menyebarkannya dan ada yang melakukan klik pada link tersebut dan juga melakukan aksi sesuai yang disarankan, maka pihak tersebutlah yang menjadi referral Anda.

Jadi pada dasarnya, promosi online itu sangat penting.
Manfaat promosi untuk mendapatkan banyak referral
Jika didefinisikan secara sederhana, referral adalah orang yang Anda rekomendasikan tersebut dan sudah terdaftar di bisnis yang Anda tawarkan. Menariknya, semakin banyak orang yang Anda ajak menjadi referral Anda, maka peluang penghasilan Anda pun akan semakin besar. Terlebih anggota referral yang Anda rekrut dan berhasil menjalankan bisnis tersebut, maka penghasilan Anda juga tidak akan main-main jumlahnya.

Referral seperti ini biasanya disebut sebagai referral aktif dimana mereka tidak hanya mendaftar, namun memang benar-benar serius menjalankan bisnisnya sehingga mereka juga mendapatkan penghasilan dari kegiatan tersebut.

Misalnya, jika 1 referral Anda mendapatkan penghasilan $10, maka komisi Anda katakanlah $1. Jika ada 100 anggota yang bisa seperti itu yang berasal dari link atau tautan referral Anda, maka tinggal dikalikan saja penghasilan Anda.

Dan itu berlangsung terus-menerus sehingga Anda pun bisa tetap mendapatkan penghasilan yang seolah tidak ada batasnya. Contoh seperti diatas adalah salah satu contoh program afiliasi bisnis online. Nanti akan kita bahas secara lebih lanjut.

Untuk mempermudah Anda dalam memahami siapa yang akan menjadi referral Anda dan bagaimana cara kerjanya, pahami tahapan yang harus Anda lewati dibawah ini untuk bisa mulai mendapatkan penghasilan online:

  1. Anda mendaftar di layanan bisnis online tertentu.
  2. Anda biasanya akan mendapatkan alat promosi berupa link, gambar banner iklan dan sebagainya.
  3. Anda menyebarkan dan mempromosikan link dan banner tersebut.
  4. Link di klik oleh orang (prospek) yang Anda tawari bisnis tersebut.
  5. Prospek melakukan pembelian atau aksi lain yang terhitung sebagai kegiatan yang mendapatkan komisi.
  6. Anda mulai menghasilkan uang.

Secara sederhana, pada umumnya begitulah sistem yang berlaku. Namun, tentu saja layanan bisnis online memiliki persyaratan tertentu bagi anggota yang bergabung dan merekrut pihak lain. Jadi, baiknya Anda mengetahui dengan baik persyaratan dan peraturan bisnis yang akan Anda promosikan.

Bagaimana? Sudah paham kan apa itu bisnis referral online dan bagaimana Anda bisa mendapatkan penghasilan?

Cara jangka panjang untuk bisa berhasil mendapatkan banyak referral dan penghasilan bisnis online

Penulis biasanya tidak begitu percaya yang namanya bisnis online tanpa modal. Apalagi yang dipromosikan dengan mengatakan bahwa bisnis tersebut sangat mudah sehingga pihak yang melihatnya memiliki ekspektasi yang tinggi dan kebanyakan berujung kecewa atau tidak sesuai dengan ekspektasi awal.

Bisnis online berbasis referral pun menurut saya tidak akan semudah yang Anda bayangkan karena bukanlah sistem bisnis dengan skema kaya dalam semalam. Jika ada yang seperti itu, seharusnya kemiskinan bisa dengan mudah dihilangkan.

Namun begitulah bahasa promosi, kadang bahkan terlalu berlebihan sehingga alih-alih menarik perhatian orang, justru kesannya seolah sebagai sebuah penipuan atau pembohongan publik. Jadi, berhati-hatilah dengan iklan atau promosi dalam bentuk apapun yang terlalu melebih-lebihkan dari kondisi yang sebenarnya ada di dunia nyata.

Maka dari itu, menurut saya akan lebih realistis dan masuk akal jika Anda memiliki strategi jangka panjang untuk memulai bisnis berbasis referral. Karena, selain bisa membantu Anda untuk mencoba mendapatkan penghasilan dalam waktu yang singkat, untuk kedepannya pun mudah-mudahan Anda bisa tetap mendapatkan penghasilan yang Anda targetkan.

Idealnya lagi, proses yang akan Anda jalani nantinya adalah proses pembelajaran dimana pengalaman dan ilmunya bisa menjadi investasi tersendiri bagi masa depan Anda.

Untuk itu, jika Anda tertarik mengenai strategi jangka panjang dalam mendapatkan banyak referral dan tentunya penghasilan dari bisnis online ini, simak  selengkapnya apa yang bisa Anda mulai lakukan hingga saat ini.

1. Mulai bangun audiens atau pemirsa Anda melalui media sosial

Media sosial sebagai cara praktis mendapatkan referral
Karena mendapatkan penghasilan online dengan sistem referral ini sangat mengandalkan kuantitas dan juga kualitas, maka cara untuk mulai mempromosikan link referral Anda adalah dengan memanfaatkan Facebook, Twitter, Instagram dan berbagai media sosial lainnya.

Akan lebih baik lagi jika Anda fokus ke salah satu atau beberapa media sosial dimana Anda paling sering aktif disana karena akan ada kemungkinan besar interaksi yang terjadi dengan teman atau follower Anda.

Hal ini juga dilakukan karena peluang untuk mendapatkan referral pun bisa sedikit mudah terutama teman yang sudah mengenal Anda sejak lama.

Mereka pasti kemungkinan besar akan merasa aman untuk mendapatkan rekomendasi bisnis dari orang yang sudah mereka kenal lama ketimbang orang asing yang tidak pernah dikenalnya. Dengan begitu, kepercayaan bisa dengan mudah didapatkan dan mendapatkan referral pun bisa dimulai dengan media sosial dimana platform tersebut bukan lagi hal yang asing lagi bagi Anda untuk menggunakannya.

Ketika memanfaatkan sosial media untuk mendapatkan referral, pastikan juga Anda merencanakan membuat profil bisnis khusus seperti grup atau halaman di Facebook yang akan dikembangkan kedepannya untuk bisnis afiliasi yang akan Anda kembangkan.

Menggunakan akun pribadi memang juga sangat disarankan, namun karena konten yang akan dipublikasikan bisa berbeda-beda, maka hal itu bisa membingungkan audiens yang akan Anda bangun.

Pada tahapan ini, Anda tidak hanya akan merencanakan bagaimana Anda akan membangun media sosial tersebut namun juga Anda berkesempatan untuk mempelajari dan menerapkan apa yang disebut sebagai SMO (Social Media Optimization) yaitu bagaimana cara mengoptimasi halaman media sosial.
Rekomendasi: Sindrom FoMO: Sedikit Perilaku Kita Saat ber-Media Sosial Ria

2. Membangun sebuah blog atau situs untuk menjaring lebih banyak referral

Sumber referral dari blog atau situs
Baik media sosial maupun membangun sebuah blog dan situs, kedua strategi tersebut dimanfaatkan untuk menjangkau lebih banyak pemirsa atau calon anggota bisnis referral Anda.

Semakin banyak yang bisa Anda jangkau, semakin bagus karena akan semakin besar kesempatan bagi pemirsa Anda untuk meng-klik link referral dan melakukan aksi apapun yang disarankan dalam sistem bisnis yang Anda ikuti.

Keunggulan lain dengan membangun dan memiliki blog atau situs ini sendiri selain apa yang saya sebutkan diatas adalah dalam rangka untuk memanfaatkan kebiasaan pengguna ketika melakukan pencarian informasi bisnis apapun di internet.

Dan salah satu jawaban terpopulernya adalah kebanyakan dari kita, termasuk prospek bisnis Anda melakukan pencarian informasi menggunakan mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo dan sebagainya.

Dan kesempatan besarnya adalah, ketika Anda mampu bersaing di mesin pencari, maka konten blog bisnis yang sudah Anda publikasikan sebelumnya pun akan tetap bisa ditemukan selama masih ada atau online sehingga bisa secara terus-menerus berpeluang mendapatkan referral bahkan ketika Anda tidur sekalipun.

Saya tidak mengatakan bahwa hal itu mudah, namun tidak menggunakannya mulai dari sekarang tentu saja sama dengan Anda mengurangi jumlah jangkauan pemirsa yang harus Anda bangun.

Ketika Anda sudah mulai membuat blog, sangat disarankan bahwa Anda juga harus mulai mempelajari mengenai apa itu SEO (Search Engine Optimization) atau optimasi mesin pencari agar konten yang Anda publikasikan bisa tampil di halaman 1 Google dan dibaca oleh ribuan bahkan jutaan orang yang membutuhkannya.
Baca ini: 9 Cara Saya Menulis Artikel SEO di Blog
Tentu saja, Anda disarankan untuk bisa membuat artikel atau tulisan yang berkualitas dan salah satu cara paling utama untuk memulainya adalah dengan mulai menulis saat ini juga.

3. Memanfaatkan jaringan periklanan

Penggunaan jaringan periklanan untuk mengiklankan link referral
Sudah bukan hal yang baru lagi bahwa sebuah bisnis itu membutuhkan modal yang namanya uang. Bahkan untuk menjual permen eceran pun Anda harus membeli sebungkus permen terlebih dahulu.

Apalagi untuk berbisnis online. Come on. Being realistic, smart people!

Bahkan tidak berbisnis sekalipun, kegiatan Anda berinternet ria harus rela dibayar mahal. Anda harus membeli kuota internet atau berlangganan bulanan hanya sekedar menghabiskan waktu mengupdate status di Facebook atau Instagram dan berkomentar sana-sini.

Jika Anda bisa menghabiskan ratusan ribu Rupiah per-bulan hanya untuk membeli kuota, kenapa tidak merencanakan untuk mulai belajar dan juga menggunakan jaringan periklanan untuk mempromosikan bisnis referral Anda?

3 Jaringan periklana yang bisa Anda mulai pelajari adalah Facebook Ads, Instagram Ads dan juga Google Ads (Adwords). Jika tidak mau, Anda kalah jauh dengan layanan ilmu pelet yang diiklankan di Google Ads seperti yang pernah saya bahas sebelumnya.

Dengan Facebook Ads, saya bahkan pernah beriklan selama sekitar 6 hari dengan dana iklan hanya 60 ribu saja dan menjangkau hampir 4ribu pemirsa di Facebook. Jadi misalkan ada 4 ribu orang yang melihat iklan saya dengan dana 60 ribuan tersebut, maka biaya yang saya keluarkan adalah Rp. 15,- saja per orang (60.000/4.000=15).

Anda tahu tidak bahwa beriklan di Facebook itu hanya dibutuhkan dana minimal 10 ribu per hari saja?

Demikian strategi atau cara jangka panjang yang menurut saya lebih masuk akal untuk mendapatkan banyak referral. Dan, ketiga metode diatas pun sebenarnya adalah bagian penting dari sistem pemasaran digital (digital marketing).

Beberapa pebisnis online lainnya juga akan menyarankan Anda untuk menyebarkan link di grup Facebook atau forum online dan sebagainya yang juga bisa Anda coba. Hanya saja, ketimbang terlibat dan aktif di forum yang hanya mengembangkan platform milik orang lain, kenapa Anda tidak mengembangkan platform Anda sendiri saja seperti Halaman Facebook bisnis atau blog Anda?

Ada pertanyaan?


EmoticonEmoticon