Cara Menutup Paksa Program di Windows 10, 8, 7

Ada kalanya, laptop atau PC yang menggunakan Windows berjalan secara lambat saking banyaknya program atau aplikasi yang terbuka sehingga untuk menutup (close) pun menjadi sedikit kerepotan. Karena itu, satu-satunya cara untuk melakukannya adalah dengan menutupnya secara paksa baik menggunakan fitur bawaan di Windows maupun memanfaatkan fungsi keyboard.

Biasanya, menutup program yang tidak bisa ditutup ini juga dilakukan ketika muncul pesan pada aplikasi bernada not responding atau tidak ada respon apapun dari program tersebut.
Cara menutup paksa program di Windows 10, 8, 7
Dan selain bisa berhasil menutupnya, cara menghentikan aplikasi yang sedang berjalan di komputer ini juga bisa berguna untuk menutup program secara lebih cepat dibanding cara bawaan dengan menekan tombol close (X) pada program yang sedang terbuka.

Cara menutup program di Windows secara paksa

Setidaknya, ada 2 cara yang terkadang saya gunakan untuk melakukan hal ini dan kedua metode itulah yang juga akan saya bagikan dalam panduan sederhana ini untuk membantu Anda yang mungkin belum tahu.

Sebagai pengingat, kedua cara yang akan saya sampaikan ini juga bisa bekerja di Windows 10, 8 dan 7. Kayaknya Windows XP juga sih meskipun sepertinya penggunanya makin sedikit.

1. Munutup paksa program menggunakan shortcut keyboard

Cara pertama ini adalah yang tercepat menurut saya dan juga bisa sangat efektif untuk menutup aplikasi secara paksa. Pintasan keyboard yang digunakan adalah Alt + F4. Namun sebelum menggunakannya, ada 2 tahapan penting yang harus dilakukan yaitu:

  1. Pilih program yang akan ditutup secara paksa dan tampilkan paling depan pada layar desktop Anda.
  2. Tekan tombol Alt secara bersamaan dengan F4 untuk mulai menutup paksa aplikasi yang terbuka, kemudian lepaskan.

Perlu diingat bahwa tahapan pertama diatas sangat penting untuk dilakukan karena jika yang terbuka atau terpilih adalah aplikasi lain, maka itulah yang akan tertutup. Dan jika tidak ada satupun program yang terpilih, maka justru Windows atau laptopnyalah yang akan shut down meskipun masih bisa dibatalkan prosesnya.
Baca juga: Cara Mengatur Mode Sleep di Windows 10

2. Menutup paksa aplikasi menggunakan Task Manager

Cara kedua ini sudah banyak juga yang mengetahuinya dimana pengguna Windows bisa melihat, membuka dan juga menutup paksa semua proses (aplikasi) yang sedang berjalan.

Untuk membukanya, silahkan klik kanan pada taskbar atau gunakan pintasan Ctrl + Alt + Delete dan pilih Task Manager. Dan pada jendela yang terbuka, pastikan bahwa tab yang aktif atau Anda pilih adalah Processes.

Setelah itu, cari nama aplikasi yang akan ditutup secara paksa dan lakukan klik kanan kemudian pilih End Task (Akhiri Tugas/Proses). Lihat gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya.
Cara menutup paksa aplikasi yang tidak bisa ditutup di Windows
Selesai.

Ada juga beberapa cara lainnya yaitu menggunakan perintah di Command Prompt maupun Powershell. Namun, kadang harus dilakukan berkali-kali dan juga kadang tidak efektif. Kalau menurut saya pribadi, cara diatas bukan hanya karena sering saya gunakan, namun juga sangat cepat dan efektif sampai saat ini untuk berbagai versi Windows yang ingin ditutup aplikasi atau programnya yang ngeyel.

Bisa juga dengan memutuskan untuk menginstall aplikasi khusus untuk menutup paksa sebuah program. Akan tetapi, karena jarangnya hal tersebut terjadi, menurut saya hal itu juga tidak diperlukan sama sekali.
Semua keputusan ada di tangan Anda untuk menggunakan cara menutup software diatas secara paksa atau menggunakan cara lainnya yang belum saya ketahui. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon