Ide Bisnis Jasa Cetak Foto Polaroid Menguntungkan

Ide Bisnis Jasa Cetak Foto Polaroid Menguntungkan

Saya sebelumnya sedang nyari ide bisnis apa yang membutuhkan modal kecil dan salah satu cara saya melakukannya adalah dengan mencari inspirasi bisnis (produk dan layanan) yang ditawarkan di marketplace. Ada 3 situs yang saya kunjungi yaitu TokoPedia, Lazada dan juga Shopee. Perhatian saya tertuju pada Produk Terlaris yang tampil di halaman depan Shopee dimana salah satunya adalah Jasa Cetak Foto Polaroid.

Untuk lebuh meyakinkan Anda, saya sudah mengambil gambar  screenshot di laptop saya dan sudah sedikit saya edit. Tapi pada dasarnya, apa yang saya tampilkan adalah nyata terutama mengenai ide bisnis online dengan modal yang sangat sedikit sekali.

Lihat gambar berikut ini.
Ide bisnis modal kecil dengan membuka jasa cetak foto polaroid
Jasa Cetak Foto Polaroid via Shopee.co.id.
Sebelumnya, ketika berbicara mengenai bisnis di marketplace, pikiran saya selalunya mengarah pada stok berbagai macam produk fisik atau barang karena saya yakin disana pasti kebanyakan adalah jual beli produk.

Hal yang luput dari pikiran saya adalah bahwa marketplace seperti Shopee dan yang lainnya pun sebenarnya sangat memungkinkan bagi pengusaha dan pemburu Rupiah untuk menawarkan jasa atau sebuah layanan.

Jika Anda memiliki keahlian, Anda bisa juga menjualnya di marketplace.

Sama dengan jasa cetak foto polaroid diatas, meskipun berbentuk fisik sebuah produk yaitu foto yang sudah tecetak, namun yang ditawarkan adalah sebuah layanan pengeditan dan cetak saja. Tidak lebih. Karena memang penawarannya adalah layanan untuk mencetak gambar. Bukan menjual gambar polaroid.
Baca juga: Cari Uang Dengan Menjual Sampah Kertas
Saya kemudian membuka salah satu akun penjual (seller) yaitu penjual terlaris (Top 1) di Shopee dan menemukan 2 hal yang tidak kalah menariknya, yaitu:

  1. Saat artikel ini diturunkan, telah terjadi sebanyak 2.605.304 penjualan dalam 30 hari terakhir.
  2. Harga cetak foto per lembarnya hanya Rp. 300,- saja diamana yang bahkan termasuk sangat murah dibandingkan dengan harga permen. Artinya bisnisnya membutuhkan modal yang sangat sedikit saja.

Berikut gambar yang saya ambil dari akun penjual atas nama rezamarsono yang merupakan penjual terlaris jasa cetak foto polaroid tersebut.
Top 1 produk terlaris jasa cetak foto polaroid di Shopee
Akun penjual atas nama rezamarsono yang menawarkan layanan cetak foto Polaroid terlaris di Shopee.
Jika berkunjung kesana, coba lihat juga berapa banyak yang menjadikan jasa tersebut sebagai favorit pengguna lainnya dan juga jumlah ulasan positif yang didapatkan hingga berhasil meraih bintang 4.8 dari total 5 bintang yang menjadi popularitas dan tingkat kepercayaan pelanggan terhadap akun dan jasa tersebut.

Pokoknya akan semakin menarik lagi dan yang namanya bisnis, sudah barang tentu donk pasti menguntungkan dengan menawarkan jasa tersebut.

Saya juga sudah mulai tertarik sih sebenarnya. Namun masih mikir-mikir dulu karena jangan sampai saya hanya fokus ke bagaimana keberhasilan jasa cetak tersebut tanpa menganalisis bagaimana proses yang telah dilalui bisnis ini.
Rekomendasi: 6 Ide Bisnis Bagi Mahasiswa Dengan Modal Uang Minim
Tapi yang jelas, jika Anda pun tertarik dan sedang dalam tahap pencarian inspirasi ide bisnis dengan modal yang sangat dan super kecil, mungkin dengan membuka jasa cetak foto polaroid dan yang lainnya di Shopee atau marketplace lainnya bisa menjadi bahan pertimbangan Anda selanjutnya.

Jika Anda memiliki laptop namun tidak dengan printernaya, mungkin bisa dengan bekerjasama dengan jasa percetakan digital terdekat dari tempat Anda saat ini. Saya rasa Anda pasti sudah tahu bagaimana proses selanjutnya.

Untuk membantu Anda lebih jauh jika tertarik untuk menjalankan bisnis ini, penawaran atau apa yang diberikan oleh akun dengan nama tersebut diatas kepada pelanggannya adalah sebagai berikut:

  1. Ukuran foto polaroid yang digunakan adalah 2R (6x9).
  2. Jenis kertas foto yang dipakai adalah Art Karton 260 gsm.
  3. Menggunakan printer atau alat cetak berkualitas.
  4. Minimal pemesanan untuk jasa cetak fotonya adalah 25 lembar.
  5. Informasi mengenai lama pengerjaan yaitu 2-3 hari kerja setelah transfer atau transaksi dilakukan pembeli.
  6. Adanya bonus cetak untuk jumlah foto tertentu mulai dari 100 lembar foto yang dicetak, akan mendapatkan gratis 10 foto polaroid lainnya dan berlaku kelipatannya.
  7. Pilihan pengiriman foto untuk memudahkan pembeli mendapatkan hasil digitalnya yaitu melalui aplikasi seperti WhatsApp, Line, dan juga Email.
  8. Menerima reseller dimana akan semakin memudahkan promosi terhadap jasa cetak yang ditawarkan.

Jika Anda tertarik untuk teribat langsung dalam bisnis ini baik dengan membuat akun baru sebagai pemilik jasa cetak foto polaroid maupun reseller, silahkan mendaftar atau menuju marketplace Shopee terutama bagi yang ingin sekedar mencari nama akun diatas dan melihat-lihat apakah benar apa yang sudah saya sampaikan.

Semoga informasi ini bermanfaat dan sukses selalu untuk Anda.


EmoticonEmoticon