Kenapa Saya Harus Berhenti Mengelola Banyak Blog?

Kenapa Saya Harus Berhenti Mengelola Banyak Blog?

Awalnya, kegiatan ternak atau mengelola banyak blog menjadi tujuan yang ingin terus saya kembangkan untuk bisa mendapatkan penghasilan secara online. Hitung-hitungannya sederhana saja, jika 1 blog saja bisa menghasilkan minimal 100.000 per bulan, tinggal kalikan saja dengan jumlah blog yang dimiliki. Maka itulah penghasilan bulanan saya.

Faktanya, tidak sesederhana itu.

Dan harus saya akui bahwa perjalanan mengelola banyak blog yang saya lakukan ini justru menyita banyak waktu dan bahkan biaya. Pada akhirnya, beberapa minggu belakangan ini saya kemudian memutuskan untuk berhenti mengelola banyak blog.

Berhenti ternak blog setelah bertahun-tahun

Hingga tulisan ini sampai kepada anda, jumlah blog yang saya miliki setidaknya ada 19 yang saya ketahui. Dan masing-masing sudah memiliki cukup banyak artikel yang dipublikasikan mulai dari sejumlah beberapa artikel saja hingga ratusan tulisan yang diterbitkan.

Dalam proses perjalanan kesemua blog saya tersebut yang awalnya direncanakan untuk mendapatkan penghasilan online, berubah menjadi blog yang saya manfaatkan sebagai PBN (Private Blog Network) sebagai sumber backlink untuk beberapa blog utama pada Tier 1.

Dan dengan melakukan hal tersebut, berarti bahwa semua blog yang saya miliki tidak lagi ditargetkan sebagaimana tujuan awalnya melainkan hanya untuk mendukung beberapa blog utama yang memang sudah memiliki cukup banyak pengunjung dan juga hingga saat ini masih saya manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan dari Google Adsense.

Disisi lain, sebelumnya saya pernah mempublikasikan mengenai terlalu tingginya ekspektasi saya terhadap pendapatan dari jaringan periklanan Google Adsense. Karena jujur saja, tanpa strategi dan fokus yang maksimal terutama untuk mendapatkan banyak trafik setiap harinya, maka penghasilan impian pun masih sebatas impian saja.

Selama setahun terakhir, tak ada se-rupiah pun penghasilan yang saya dapatkan. Hal ini disebabkan karena terlalu banyaknya mengelola blog hingga saya kehilangan konsentrasi dan tidak banyak menerapkan strategi yang sudah seharusnya saya lakukan.

Akhirnya, dari hampir 20 blog tersebut, saya kemudian memutuskan untuk fokus ke beberapa saja. Mungkin hanya akan ada 3 atau 4 blog yang akan saya kelola dengan baik terutama yang sudah cukup stabil dalam mendapatkan pengunjung dari Google dan mulai ingin menerapkan strategi yang belum pernah saya lakukan sebelumnya.

Salah satunya adalah dengan membeli backlink dari blog lain yang aktif dan juga mendapatkan ribuan kunjungan per hari.

Bahkan beberapa hari yang lalu, saya baru saja mengeluarkan uang 200ribuan hanya untuk mempublikasikan 1 artikel di salah satu blog dengan jaminan akan ada minimal 1 backlink yang saya dapatkan menuju blog utama saya.
Rekomendasi: Cara Mendapatkan Backlink Gratis Dengan Hanya Modal Artikel
Keputusan untuk berhenti mengelola banyak blog ini juga didasari atas kondisi saya sendiri yang melakukan segala sesuatunya sendirian. Bukan tim atau bantuan dari pihak lain. Dan terus terang, semua itu melelahkan karena saya sendiri juga yang masih bekerja di salah satu perusahaan yang mewajibkan saya harus pulang sore hari bahkan terkadang malam.

Saya akhirnya sampai pada satu kesimpulan bahwa jika beberapa blog saya sudah berhasil mendapatkan sejumlah pengunjung, maka sudah seharusnya saya mengalokasikan waktu dan tenaga saya disana serta "mengistirahatkan" dahulu beberapa blog lainnya dengan tidak menulis dan mempublikasikan artikel.

Setidaknya, hal ini akan lebih memudahkan saya. Tidak hanya karena semakin sedikit blog yang akan saya fokuskan untuk dikelola, namun juga untuk lebih memaksimalkan blog-blog yang sudah saya anggap cukup potensial untuk dikembangkan.

Salah satu blog yang saya pasangi iklan Google Adsense sudah memiliki penghasilan sekitar 75ribuan. Meskipun masih sangatlah sedikit, saya pikir setidaknya ada sinyal positif bahwa peluang untuk mendapatkan penghasilan online itu ternyata masih ada. Terutama dari Google Adsense yang awalnya membuat saya cukup ragu karena sistemnya yang memang membutuhkan waktu dan juga harus tetap mengusahakan agar blog mendapatkan banyak pengunjung bahkan minimal ribuan per hari untuk blog berbahasa Indonesia.

Tujuan utama saya menuliskan ini juga adalah sebagai rekomendasi bagi pemula bahwa jangan terkecoh dengan istilah banyak blog, banyak penghasilan. Karena anda harus siap meluangkan banyak waktu dan juga memiliki banyak ide untuk dipublikasikan.

Jika sanggup, silahkan. Apalagi jika kedepannya memiliki tujuan untuk membuka layanan backlink murah atau layanan optimasi situs. Boleh-boleh saja. Namun jika tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan penghasilan online terutama dari jaringan periklanan, baiknya merencanakan strategi apa saja yang harus dilakukan selain memiliki banyak blog.

Untuk saya pribadi, saat ini saya yakin dan mantap memutuskan bahwa berhenti ternak blog ini adalah langkah yang tepat yang seharusnya sudah saya lakukan sejak tahun lalu. Jika anda memiliki pendapat lain, silahkan sampaikan lewat komentar dibawah. Terima kasih.


EmoticonEmoticon