Manfaat Daftar Email di ProtonMail dan Cara Membuatnya

Manfaat Daftar Email di ProtonMail dan Cara Membuatnya

Apakah Anda termasuk yang belum tahu bahwa salah satu penyedia layanan email gratis di internet yang bisa Anda buat atau daftarkan kapan saja adalah ProtonMail? Entah akan digunakan sebagai alternatif dari Gmail, Yahoo, Outlook dan sebagainya, bahkan sebagai layanan pesan elektronik utama Anda, keputusannya ada pada diri Anda sendiri.

Namun untuk membantu Anda dalam memutuskan apakah layanan surat elektronik ini akan menjadi yang utama atau sebagai alternatif saja dalam penggunaannya, akan ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan provider tersebut.
Manfaat dan cara daftar email di ProtonMail
Apalagi jika Anda adalah blogger yang mungkin sedang membutuhkan banyak akun email untuk berbagai kepentingan digital misalnya dalam membuat banyak akun blog selain blogspot menggunakan akun email yang berbeda-beda, maka ProtonMail patut untuk dipertimbangkan.

Manfaat membuat akun Email di ProtonMail

Dalam halaman utama websitenya yang beralamat di ProtonMail.com, setidaknya ada 6 keunggulan yang dipublikasikan oleh pihak ProtonMail. Diantaranya adalah:

  1. Privasi pengguna yang dijamin oleh Undang-Undang di Swiss yang ketat dan juga menjadi lokasi utama servernya.
  2. Enskripsi keamanan email secara otomatis (end-to-end encription) dimana bahkan pihak ProtonMail pun tidak dapat membaca atau mengetahui isi email penggunanya dan juga tidak dibagikan ke pihak ketiga sehingga privasi pengguna semakin terjaga.
  3. Mendukung anonimitas dimana bahkan Anda tidak memerlukan nomor hp atau menginformasikan data pribadi apapun ketika pertama kali mendaftar (akan kita bahas lebih lanjut). Pada tahapan ini, privasi pengguna masih menjadi prioritas penyedia.
  4. Bersifat open source dimana pengembangan penggunaan layanannya bisa dilakukan oleh penggunanya dan pihak terkait pun menyatakan bahwa kodenya dibagikan secara gratis dan jika ingin mendukung projek tersebut, bisa dilakukan dengan memberikan sumbangan atau memilih untuk upgrade ke akun berbayar.
  5. Mudah digunakan dan kompatibel dengan penyedia email lainnya. Manfaat yang ini mungkin ada di banyak penyedia email lainnya dan terkesan sederhana bahkan tidak penting. Namun tahu tidak bahwa penyedia email seperti Yandex terkadang tidak dapat menerima pesan masuk karena akun emailnya belum mem-verifikasi nomor hp? Dengan ProtonMail, Anda tidak perlu melakukan hal tersebut.
  6. Desain kotak masuk modern. Untuk saya sendiri, meskipun hal ini penting, tapi saya rasa kebanyakan penyedia email akan melakukan hal yang sama terkait bagaimana User Interface (UI) dapat mempengaruhi User Experience (UX).

Terkhusus poin pada manfaat ke-3 diatas, membuat akun untuk pertama kalinya di ProtonMail memang tidak memerlukan nomor hp sama sekali.

Namun, jika Anda akan membuat beberapa akun email dalam waktu yang berdekatan dan juga masih menggunakan browser yang sama, terkadang akan muncul informasi mengenai verifikasi menggunakan akun email alternatif maupun sms yang tentu akan membuthkan nomor hp atau email Anda lainnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa trik yang bisa Anda manfaatkan yang biasanya saya gunakan, yaitu sebagai berikut:
  1. Hapus riwayat dan cache browser.
  2. Gunakan browser lain.
  3. Terapkan langkah ke-1 diatas dan restart laptop atau PC Anda.
  4. Restart router Wi-Fi yang Anda gunakan.
  5. Shutdown laptop atau PC selama beberapa saat.

Silahkan kombinasikan beberapa metode diatas jika Anda membuthkan beberapa akun email yang bisa dibuat dalam sehari. Penjelasan tersebut juga sudah pernah saya bahas sebelumnya mengenai 6 Trik Rahasia Diterima Daftar Gmail Tanpa Nomor Hp. Silahkan dibaca.

Cara daftar Email baru di ProtonMail

Untuk mulai membuat akun Email baru menggunakan ProtonMail, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka situs protonmail.com. Bisa juga dengan menggunakan aplikasinya langsung jika masih ingin menambah aplikasi di hp Anda. Saya mah, ogah!

2. Pilih untuk menggunakan bahasa yang mana. Dalam panduan ini, saya menggunakan Bahasa Indonesia (ID - Inggris). Kemudian, klik Daftar.
Tahap pertama mendaftar akun email baru di ProtonMail
Jika sudah, nanti akan menuju halaman baru untuk tahapan registrasi selanjutnya. Lanjut!
3. Berikutnya, yang harus dilakukan adalah memilih jenis akun ProtonMail yang akan digunakan. Ada yang Bebas (Gratis) maupun berjenis akun premium dengan membayar sejumlah sumbangan tertentu. Pilih yang gratis bagi yang tidak mampu seperti saya.
Jenis akun saat pendaftaran email baru di ProtonMail
4. Tahap ke-4 ini adalah langsung mengisi formulir pendaftaran yang utamanya terdiri dari nama pengguna, kata kunci, dan juga email Anda yang sudah ada sebagai email pemulihan yang sifatnya opsional (bisa diisi maupun tidak. Berikut gambar tahapannya untuk lebih jelas lagi.
Formulir pendaftaran akun email di ProtonMail
5. Setelah memilih untuk membuat akun email baru di ProtonMail seperti diatas, maka biasanya akan muncul pesan peringatan yang disebabkan karena tidak adanya email pemulihan jika nantinya pengguna lupa password email tersebut. Klik Memastikan untuk melanjutkan.
Jika tidak yakin dengan mengosongkan email pemulihan pada langkah diatas, silahkan untuk diisi saja.
6. Selanjutnya adalah tahap terakhir dalam membuat email baru di ProtonMail. Yaitu dengan memverifikasi apakah Anda robot atau manusia. Maka dari itu, pilih CAPTCHA lalu pada kotak dialog dibawahnya silahkan centang untuk mengikuti langkah selanjutnya. Jika sdah, klik Setup Lengkap untuk mengakhiri proses pendaftaran akun email baru.
Proses akhir pendaftaran akun email baru di ProtonMail
Untuk proses verifikasi terakhir diatas, ketika Anda menggunakan browser yang sama dan belum dihaus history dan cache browsernya, kemudian memutuskan untuk membuat akun email baru lagi, biasanya verifikasi dengan pilihan CAPTCHA tidak disediakan lagi.

Karena itulah saya sebutkan kelima trik diatas sebelumnya. Karena kalau mau verifikasi lewat email pemulihan, harus login email lagi. Mau pakai SMS, berarti harus menggunakan nomor hp. Mau menyumbang? Silahkan saja.
Demikian manfaat dan cara membuat atau daftar akun email baru menggunakan layanan ProtonMail. Semoga bermanfaat.

1 comments:

terimaksih atas informasinya sangat bermanfaat


EmoticonEmoticon