Tanpa Aplikasi! Cara Menyimpan Halaman Web ke PDF

Ketika menemukan sebuah tulisan atau artikel di sebuah situs dan blog, kita terkadang ingin menyimpannya di laptop atau di hp Android dalam format PDF untuk dibaca kembali. Selain karena pentingnya tulisan tersebut untuk kita baca ketika kembali lagi ke rumah atau bisa diakses dimanapun, ide untuk menyimpan halaman web ini juga akan sangat membantu untuk membaca tulisan tanpa harus online atau mengurangi kuota internet.

Kan sayang, 1 artikel yang sudah kita buka sebelumnya harus mengurangi kuota internet di hp secara berulang kali kalau terus-terusan dibuka di browser. Yah, meskipun Anda mungkin kaya, akan lebih baik untuk menghemat saja kan?

Cara menyimpan halaman web ke format PDF di laptop dan hp Android tanpa aplikasi

Dalam panduan ini, akan ada 2 cara menyimpan halaman web ke PDF yaitu ketika menggunakan laptop maupun di hp Android Anda dan kedua cara tersebut murni tanpa aplikasi tambahan yang harus di-install.

Satu-satunya yang Anda butuhkan hanyalah browser Google Chrome saja. Hal ini dikarenakan browser tersebut memang secara otomatis sudah ada terutama di hp Android dan juga kemungkinan besar ada di laptop atau PC yang Anda gunakan karena ini adalah browser terpopuler di seluruh dunia dengan banyak pengguna.

1. Cara menyimpan halaman situs di hp Adroid tanpa aplikasi

Untuk mulai menyimpan artikel ke PDF, pastikan bahwa artikel tersebut sudah terbuka dengan sempurna atau dimuat semua isi halamannya terutama konten yang berisi deskripsi atau teks dan juga gambar di Google Chrome.

Kemudian, silahkan tap atau pilih ikon simbol titik tiga yang biasa digunakan untuk mengakses fitur pengaturan (setting) di Chrome lalu pilih Share > Print. Setelah itu, terapkan pengaturan mengenai pemilihan format file PDF dan ukuran kertas, warna, halaman yang ingin disimpan dan seterusnya.

Berikut gambar langkah-langkah tampilannya di hp android saya sendiri.
cara menyimpan halaman situs menjadi PDF di hp android
Jika sudah, klik tombol biru dengan ikon download PDF seperti yang ditampilkan gambar diatas dimana lokasi ikonnya berada paling bawah berwarna putih dan biru.

Silahkan tentukan di folder mana Anda akan menyimpan halaman web tersebut yang sudah berubah formatnya menjadi PDF di hp Android Anda.

Oh ya, untuk membuka file PDF di hp android dan juga untuk mengetik dokumen atau membuat file Excel, saya menyarankan untuk menggunakan aplikasi WPS Office sebagai alternatif dari Microsoft Office. Karena, selain bisa digunakan di hp secara gratis, software untuk penggunaan di laptop atau PC pun sudah ada dan juga gratis.

2. Save artikel situs atau blog di laptop menggunakan browser Google Chrome

Cara kedua ini kadang saya gunakan ketika berselancar di internet menggunakan laptop dan terkadang menemukan tulisan yang ingin saya baca berulang-ulang di hp dengan cara mengirimkan file PDF-nya agar semakin mudah diakses meskipun tidak memiliki kuota internet.

Untuk memulainya, silahkan buka salah satu halaman web yang ingin Anda ubah menjadi file PDF di laptop atau PC. Sangat disarankan untuk membukanya menggunakan Google Chrome. Namun meskipun Anda hanya memiliki browser Opera, Mozilla, dan sebagainya, caranya sama atau setidaknya mirip.

Paling hanya berbeda di penulisan nama fitur saja. Dan caranya pun memang sebenarnya hampir sama dengan menggunakan hp android seperti diatas.

Baiklah.

Jika halaman artikelnya sudah terbuka, langsung tekan Ctrl + P saja di keyboard laptop Anda atau klik kanan dan pilih Print.

Fitur print ini memungkinkan untuk mencetak halaman website ke printer yang sudah Anda hubungkan namun juga bisa untuk menyimpan file dalam bentuk PDF.

Silahkan perhatikan tahapannya dibawah ini dan juga baca keterangannya pada bagian bawah gambar yang sudah saya tulis.
cara menyimpan tulisan di situs menjadi file PDF di laptop
Keterangan:

  1. Print: Untuk mulai membuka fitur perubahan halaman situs menjadi PDF.
  2. Destination: Tujuan penggunaan fitur yaitu dengan memilih Save as PDF (Simpan sebagai PDF).
  3. Pages: Dalam 1 halaman web yang akan disimpan, terkadang file PDF-nya bisa memiliki 2 atau bahkan lebih jumlah halaman. Silahkan ditentukan apakah akan menyimpan semua halamannya atau hanya halaman tertentu saja. Untuk itu, perhatikan preview atau pratinjau halaman situs yang muncul disebelah kanan.
  4. Layout: Pilihan tampilan halaman yaitu Landscape (melebar/horisontal) dan Portrait (memanjang/vertikal).
  5. More settings: Pengaturan lainnya. Klik untuk mengetahui lebih lanjut.

Selesai. Bagaimana menurut Anda?
Baca juga: Cara Menyimpan dan Memasukkan Bookmark Situs di Google Chrome
Mudah bukan kedua cara diatas untuk menyimpan artikel blog atau tulisan lainnya dari web yang Anda kunjungi? Tinggal pilih saja mau disimpan di hp atau di laptop. Apakah ada yang ingin Anda tanyakan? Silahkan bagikan artikel ini untuk membantu yang lainnya.


EmoticonEmoticon