10 Alasan Kenapa Harus Jualan Online di Marketplace

Visiblespectrumblog.com — Dunia bisnis telah banyak berubah dengan semakin berkembangnya teknologi internet. Dari yang semula dilakukan secara konvensional dengan membuka toko, kini banyak yang kemudian beralih untuk jualan online di internet dengan memanfaatkan marketplace.

Jika Anda belum tahu apa itu marketplace, ini adalah merupakan suatu tempat di internet yang memfasilitasi begitu banyak toko untuk bisa berjualan di tempat yang sama.

Alasan memulai jualan online di marketplace

Biasanya, marketplace ini dalam bentuk situs atau website dimana kemudian dikembangkan secara lebih luas untuk memudahkan pebisnis dan konsumen lewat sebuah aplikasi di hp.

Kenapa mempertimbangkan untuk berjualan online di marketplace

Saking banyaknya bisnis online dan juga toko yang akhirnya membuka toko virtual (online) di marketplace, maka kehadirannya tidak bisa dipandang sebelah mata karena sudah banyak konsumen yang memanfaatkannya untuk bertransaksi mulai dari pembelian pakaian, pulsa, hingga peralatan dapur yang serba besar dan berat.

Bahkan alat-alat bangunan pun dijual disana dan berbagai keperluan hidup lainnya.

Jika Anda ingin memulai bisnis sendiri, Anda juga harus mulai mempertimbangkan untuk membuat akun di marketplace yang sudah ada terutama yang ada di Indonesia atau yang mendukung penggunaan Bahasa Indonesia jika target konsumen bisnismu dari negara kita tercinta.

Baca juga: Ide Bisnis Pariwisata Modal Facebook dan Mobil

Karena menggunakan marketplace sebagai platform bisnis online itu banyak untungnya dan itu juga yang akan menjadi alasan kenapa Anda perlu untuk terlibat disana.

1. Gratis dan mudah digunakan

Kemudahan yang menjadi keunggulan berjualan di marketplace

Jika ada biaya yang harus dikeluarkan untuk berjualan online di marketplace, paling-paling hanya kuota internet saja untuk memulai bisnis disana.

Dan saya rasa, hal itu bukan lagi menjadi beban yang perlu dikhawatirkan oleh pebisnis karena rata-rata biaya langganan internet saat ini sudah cukup terjangkau.

Penggunaannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu membuat akun dan melengkapi profil toko online se-profesional mungkin untuk mendapatkan kepercayaan dari konsumen.

Setelah itu, tinggal menyiapkan foto produk yang ingin dijual, upload dan lengkapi deskripsi setiap produk dan siap untuk berjualan saat itu juga.

Bayangkan jika harus membuat website yang harganya bisa berjuta-juta dan pengelolaannya pun membutuhkan kemampuan dan pengetahuan yang bagi orang tertentu terkadang membingungkan.

Baca juga: Apa Itu Digital Agency? Yuk Cari Tahu Disini!

Dengan marketplace, berjualan online bisa dimulai hanya dalam beberaa menit bahkan 1 atau 2 jam saja.

2. Jutaan konsumen juga berada di marketplace

Akun online di marketplace diperuntukkan bagi dua pihak yaitu pemilik bisnis yang ingin menjajakan produk dan layanannya disana dan juga jutaan konsumen yang ada disana setiap hari.

Bahkan, beberapa jam ketika produk bisnis Anda sudah diunggah di marketplace, biasanya akan ada beberapa konsumen yang sudah melihat-lihat produk yang Anda tawarkan sesuai dengan apa yang mereka cari.

Jangan lewatkan: 6 Ide Bisnis Bagi Mahasiswa Dengan Modal Uang Minim

Marketplace seumpama pasar yang sangat ramai sehingga toko baru pun akan mendapatkan limpahan konsumen di hari pertamanya ketika baru membuat toko disana. Kan tidak mungkin Anda akan berjualan online di tempat yang sepi kan? Apalagi persaingan bisnis online itu terkadang sangat memusingkan.

3. Marketplace dibangun dengan sistem transaksi yang aman sehingga Anda tidak perlu pusing dengan penipuan

Keuntungan lain kenapa berjualan online di marketplace adalah sistem keamanan secara keseluruhan termasuk sistem transaksi yang biasanya membuat ragu konsumen sangatlah bisa diandalkan. Sangat jarang kan ada yang mengeluh akibat penipuan jual beli online di marketplace?

Marketplace unggul dalam sistem keamananan untuk berjualan online

Dan ketika konsumen merasa aman dalam bertransaksi secara online, maka tempat jual beli tersebut juga akan semakin terpercaya di mata konsumen. Ini juga yang menjadi salah satu alasan kenapa ada jutaan konsumen tiap hari yang berkunjung ke marketplace daripada ke toko online di situs-situs resmi.

4. Jutaan produk dengan harga yang variatif

Mungkin tidak semua hal bisa dijual di marketplace, namun untuk banyak hal, kebanyakan memang sudah tersedia. Apapun yang Anda butuhkan, biasanya dapat ditemukan dengan mudah dan juga harganya yang cukup bersaing.

Menariknya lagi, bagi pemburu barang diskon, sangat mudah mendapatkan harga yang sangat murah di marketplace ketimbang berburu secara manual di beberapa situs yang harus dikunjungi. Wong perusahaan pemilik produk saja banyak yang berjualan di marketplace kok.

5. Tidak perlu repot mencari dan mengajukan kerjasama dengan pihak pengiriman barang

Beragam pilihan distribusi barang yang disediakan marketplace

Salah satu hal yang paling merepotkan pebisnis online adalah juga merencanakan jasa pengiriman barang yang mana yang akan digunakan dengan berbagai bentuk kerjasama yang bisa saja merepotkan bahkan harganya yang membuat pebisnis harus menaikkan harga produk yang dijual.

Jika Anda menjual barang online di marketplace, tidak perlu khawatir lagi akan hal itu karena Anda tinggal pilih saja layanan distribusi barang mana yang akan Anda gunakan.

Dan, pilihannya tidak hanya satu saja namun ada beberapa. Tinggal pilih saja.

Bahkan, baik pihak marketplace maupun pemilik toko dalam banyak kesempatan sudah sangat memungkinkan untuk menghadirkan layanan gratis biaya pengiriman. Siapa yang tidak tergiur untuk belanja disana coba?

6. Tidak usah repot-repot menyediakan banyak rekening bank untuk transfer dana penjualan

Marketplace juga sudah menyediakan beragam sistem pembayaran yang bisa dipilih oleh konsumen. Mulai dari transfer bank hingga sistem pembayaran online. Bahkan, bagi konsumen yang ingin menyicil barang yang akan dibeli juga sudah sangat memungkinkan sehingga semakin memudahkan konsumen untuk bertransaksi.

Baca juga: Ingin Buka Rekening Baru? Ini Bank Dengan Syarat Termudah [Pengalaman]

Dan tentunya, hal itu juga akan membantu bisnis online Anda sendiri dimana untuk mendapatkan hasil penjualan di toko online yang Anda buat, minimal Anda hanya menyiapkan satu rekening bank saja dan menurut saya itu sangat mudah dilakukan.

7. Semakin sering konsumen berbeanja di suatu marketplace, poinnya pun semakin besar dan bisa ditukarkan. Makin tertarik berjualan disana pastinya, kan?

Entah bagi pemilik toko, namun untuk konsumen yang menjadi pelanggan setia suatu maretplace, biasanya setiap transaksi yang terjadi akan mendapatkan hadiah berupa sejumlah poin tertentu yang bisa digunakan untuk diuangkan, membeli barang, mendapatkan kupon gratis atau diskon tertentu dan sebagainya.

Marketplace memberikan hadiah bagi konsumen yang bertransaksi

Adanya fitur tersebut tentu akan semakin menggiurkan para konsumen untuk tetap berbelanja di marketplace dan mencapai nilai poin tertentu untuk bisa ditukarkan dengan apapun yang telah ditetapkan oleh pihak marketplace.

8. Marketplace juga biasanya memiliki layanan periklanannya sendiri

Anda baru saja membuat toko dan tidak sabaran ingin produkmu dilihat oleh banyak konsumen? Cek apakah marketplace yang Anda gunakan sudah memiliki sistem periklanannya sendiri atau belum.

Tapi biasanya untuk marketplace yang sudah terkenal, saya cukup yakin bahwa kebanyakan bahkan mungkin semuanya sudah memungkinkan pemilik toko untuk memasang iklan. Caranya pun sudah disediakan dan bisa dengan mudah diikuti.

Dengan begitu, jangkauan produk dan layanan yang Anda tawarkan bisa lebih luas lagi dan harga iklannya pun sangatlah terjangkau serta layak untuk dicoba.

9. Jualan online di marketplace bisa dengan hanya mengandalkan hp saja

Sudah mudah untuk digunakan dan potensial untuk menjangau banyak konsumen, alat yang dibuthkan pun bahkan sudah Anda miliki yaitu hp.

Marketplace memungkinkan pemilik toko untuk mulai berjualan online dengan hanya menggunakan hp

Baik Anda sedang bekerja di kantor maupun jalan-jalan atau sambil nongkrong cantik dengan teman-teman dimanapun dan kapanpun, selama ada koneksi internet, Anda tetap bisa menjalankan bisnis yang sudah Anda tawarkan.

Apalagi kebanyakan sudah ada aplikasinya sehingga notifikasi mengenai pertanyaan konsumen maupun pemberitahuan penjualan bisa diakses dari smartphone yang Anda gunakan.

10. Kehabisan stok produk di tokomu? Jadi reseller atau dropshiper saja dulu

Namanya bisnis apalagi berjualan produk online, stok barang itu kalau bisa dapat tersedia dengan mudah dan cepat. Jika kehabisan, banyak marketplace yang sudah mengizinkan siapapun untuk menjadi reseller atau dropshiper dengan menjual produk dari toko online lainnya di marketplace yang sama.

Bahkan, Anda juga bisa menjual produk toko lain di marketplace yang berbeda untuk mensiasati kekurangan stok dan itu sangat mudah untuk dilakukan jika menurutmu hal itu dapat menguntungkan toko onlinemu sendiri.

Tertarik untuk merasakan segala keuntungan berjualan online di marketplace? Tunggu apalagi?


EmoticonEmoticon