Apa Itu Digital Agency? Yuk Cari Tahu Disini!

Visiblespectrumblog.Com - Pernah dengar tidak istilah Digital Agency (Agensi Digital)? Jika belum, mungkin Anda belum tahu juga kan apa yang dikerjakan oleh agensi tersebut?

Tapi tenang saja, karena saya pernah bekerja disana, saya akan informasikan sebisa saya mengenai pengalaman saya bekerja selama 1 tahun lebih di salah satu agency yang cukup terkenal di Indonesia. Tapi saya tidak akan sebut namanya ya, maklum, mantan soalnya.

Untuk menjelaskan apa itu agency digital, saya tidak akan muluk-muluk mengumbar teori penelitian apalagi definisi dan pendapat para ahli. Cukup dengan apa yang saya ketahui saja karena kadang, pengertian secara teori bisa sangat berbeda ketika terlibat langsung di industri bisnis yang dimaksud.

Apa itu digital agency?

Mengenal apa itu digital agency, definisniya serta bidang yang dikerjakan untuk membangun bisnis secara online

Jika mengartikannya secara bahasa, bisa saya definisikan bahwa ini adalah agensi yang menawarkan produk atau layanan berbasis digital. Bisa dibilang bukan produk fisik karena hasil utamanya bisa seperti hasil fotografi atau desain grafis dalam bentuk file, layanan periklanan online, pembuatan website, dan sebagainya.

Bahkan, digital agency ini banyak banget macamnya. Kalau hanya fokus di desain, maka banyak yang membangun bisnis yang menyebut diri mereka sendiri sebagai design agency. Kalau bergeraknya di pembuatan dan maintenance suatu website, disebut web agency dan seterusnya.

Industri ini sendiri sangat berkaitan dengan skill dan juga kreativitas. Oleh karena itu, banyak yang menjual bisnis tersebut dengan tagline "Creative Agency."

Pangsa pasar agensi digital sendiri sangat beragam. Misalnya jika ingin menyasar industri pariwisata, maka akan ada beberapa layanan yang bisa disediakan seperti fotografi dan videografi, periklanan, pembuatan website dan layanan SEO, dan masih banyak lagi.

Kalau di tempat saya bekerja sebelumnya, layanan yang diberikan ada beberapa mencakup:
  1. Brand Identity
  2. Desain grafis
  3. Fotografi
  4. Videografi
  5. Periklanan online (Facebook, Google Ads, Instagram)
  6. Manajemen sosial media
  7. Content Writing and production
  8. SEO, SEM dan sebagainya
Layanan intinya suatu agensi digital adalah bagaimana kehadirannya bisa membantu pemilik bisnis untuk memulai dan mengembangkan bisnisnya di dunia digital (internet/online) dengan memanfaatkan berbagai sumber daya digital yang ada yang mungkin belum diketahui.

Memulai bisnis ini tidak hanya membutuhkan kreativitas saja.

Namun seperti yang saya ungkapkan diawal bahwa skill yang mendukung juga sangat penting terutama mengenai perencanaan strategi bisnis secara digital untuk membantu bisnis yang dimiliki oleh klien.

Selain pelaku bisnis, digital agency juga bisa menjadikan pihak pemerintahan sebagai salah satu rekan atau target pasarnya.

Contohnya katakanlah dinas tertentu membutuhkan layanan pembuatan website profesional atau periklanan untuk mempromosikan destinasi wisata suatu wilayah.

Jadi, baik pihak swasta maupun pemerintahan, bisa dijadikan sebagai klien untuk bisnis digital yang menargetkan target pasar yang lebih spesifik bagi perkembangan bisnis kedepannya.

Apa yang dilakukan oleh agensi digital tidak akan jauh-jauh dari yang namanya membangun bisnis secara digital di internet dan aplikasi strategi pemasaran yang tepat untuk menjangkau pasar yang lebih tertarget baik melalui website yang teroptimasi dengan baik, media sosial maupun jaringan periklanan dan sebagainya.

Sederhananya, jika Anda punya modal dan ide bisnis di kepala namun tidak tahu bagaimana memulainya, maka yang bisa Anda lakukan salah satunya adalah menggunakan jasa digital agency agar tahu mau memulainya dari mana, apa saja yang dibutuhkan, alokasi modal untuk apa saja, target pasar yang akan dijangkau, dan lai sebagainya.

Tahu sendiri kan, kadang ada saja orang yang kaya atau bermodal tapi bingung mau berbisnis apa atau bagaimana mengembangkan bisnisnya secara online.

Jika Anda atau sanak-famili dalam keadaan seperti itu, maka salah satu jawabannya adalah mencari dimana lokasi agensi digital terdekat untuk mulai membicarakan mengenai kebutuhan bisnis yang ingin dimulai atau dikembangkan tersebut.

Jasa online-nya sih banyak, tapi terkadang kita juga bisa lebih yakin untuk datang langsung ke kantor dan mendengar langsung dari pihak agensi mengenai apa yang mereka bisa bantu kan?

Gratis kok kalau cuma konsultasi atau tanya-tanya. Dan cara ini juga supaya Anda bisa menilai langsung mengenai pekerjaan tim yang ada serta mengurangi tingkat penipuan kalau memakai layanan digital yang ditemukan di internet.

Oh iya, hal yang paling terkait dan populer atau trend hinnga saat ini juga adalah marketing agency. Karena layanan digital juga dimanfaatkan untuk memasarkan suatu bisnis secara online.


EmoticonEmoticon