Bisa Tidak Belajar Surfing Kalau Gak Tahu Berenang?

Surfing (berselancar) adalah salah satu olahraga air yang menuntut peminatnya untuk memiliki beberapa kemampuan (skill) dan berenang adalah salah satu skill paling dasar yang sudah seharusnya dimiliki. Namun, bagaimana jadinya jika misalnya Anda ingin tetap belajar menundukkan ombak dengan papan selancar tapi dalam kondisi tidak bisa berenang sama sekali?

Kedengarannya seperti ngotot sekali ya, ingin berselancar tapi tak mampu berenang.

Pertanyaan diatas meskipun terdengar konyol, akan tetap pada orang tertentu bisa jadi sangat masuk akal.

Tidak semua orang bisa berenang karena kondisi tempat tinggalnya yang mungkin jauh dari pesisir atau lokasi kolam renang berada. Dan mungkin diantara orang-orang tersebut, akan ada salah satu atau beberapa yang tertarik untuk menjadi peselancar pemula.

Belajar surfing tanpa harus punya kemampuan berenang?

Faktanya, pada dasarnya meskipun kemampuan berenang itu sangat penting dalam olahraga air ini, namun pada kondisi tertentu tidak menjadi sebuah masalah meskipun Anda tidak bisa berenang dan ingin berselancar.

Tapi, tergantung bagaimana cara berselancar yang harus Anda tempuh. Misalnya pada pembahasan mengenai apa itu surf camp sebelumnya, jika Anda dilatih oleh profesional, maka tidak bisa berenang pun bukanlah menjadi hambatan untuk belajar surfing.

Apalagi paket wisata surf camp sendiri bahkan bisa untuk anak-anak yang kebanyakan belum bisa berenang atau untuk orang tua yang kemampuan berenangnya sudah mulai berkurang karena faktor umur.

Jadi pada kondisi tersebut, tidak masalah tidak bisa berenang asalkan ada pendamping yang profesional.

Dan lagi, belajar surfing bagi pemula itu tidak wajib dilakukan di pantai saja karena beberapa penyedia layanan ini kadang menjadi kolam renang juga sebagai tempat awal mengenal dunia selancar.

Namun lain halnya jika Anda mau menjadi peselancar pemula dengan cara belajar sendiri di pantai.

Akan lebih baik untuk berhati-hati karena hantaman ombak bisa saja membuat Anda tidak bisa mengendalikan diri dan terbawa ke laut dalam.

Anda bisa saja mencari pantai yang dangkal dimana permukaan bawah lautnya berpasir (tidak berbatu) dengan ombaknya yang kecil yang menurut Anda masih bisa dikendalikan meskipun tidak bisa berenang. Tetapi, jangan pernah mencoba melakukannya sendirian untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

Baca juga: 4 Alasan Desa Wisata Menjadi Daya Tarik Lokal yang Perlu Dikembangkan

Jadi jawaban dari pertanyaan judul artikel ini adalah "Ya, bisa kok belajar surfing meskipun tidak tahu caranya berenang." Tapi ya itu tadi, berselancar itu tidak hanya untuk bersenang-senang saja, namun juga keamanan Anda tetap harus diutamakan.

Belajar berenang dulu baru belajar menjadi peselancar pemula

Saran saya satu saja, belajar dulu berenang karena jika ingin serius untuk mendalami dan memiliki kemampuan surfing yang profesional, maka Anda tidak akan cukup untuk belajar di pantai berpasir dan dangkal dengan ombak yang kecil saja.

Masih sangat banyak spot selancar yang ada di Indonesia dan dunia yang bisa dijelajahi dan semua tempat itu memungkinkan untuk Anda datangi dengan tujuan untuk surfing jika Anda sudah bisa berenang.

Bagi yang benar-benar pemula, bisa dengan memulai menyisihkan waktunya beberapa minggu untuk belajar berenang sembari sesekali berselancar. Hanya dengan itu, Anda sudah bisa memulai perjalanan surfing profesional Anda dimanapun.

Saya tidak akan sampai tega memberitahu Anda bahwa kalau tidak bisa berenang, jangan coba-coba menggunakan papan selancar. Namun jika itu bisa menyelamatkan Anda dari bahaya, saya akan tetap menyampaikannya se-ngotot apapun diri Anda untuk belajar.

Karena dalam banyak hal yang berkaitan dengan perjalanan wisata maupun olahraga, keselamatan harus selalu diutamakan.

Kan tidak lucu jika ceritanya Anda sok-sokan berselancar tanpa tahu caranya berenang. Alih-alih menikmati liburan yang menyenangkan, Anda justru malah menantang maut. Jangan, ah!


EmoticonEmoticon