5 Cara Berbuat Baik Dengan Memanfaatkan Internet

Beruat baik bisa pada siapa saja dan menggunakan alat apa saja. Karena penggunaan internet di Indonesia sendiri sudah semakin banyak yang mengenal dan memanfaatkannya untuk berbagai kebutuhan, kenapa kita tidak menggunakannya juga dengan tujuan kebaikan?

Siapapun Anda, jika sehari-hari menggunakan internet, sebagai sesama manusia saya hanya ingin mengingatkan untuk juga berbuat baik secara online menggunakan berbagai alat yang sebenarnya sudah kita miliki.
Cara berbuat baik menggunakan internet
Beberapa cara yang bisa Anda lakukan saat ini juga adalah sebagai berikut:

1. Share artikel ini untuk mulai mengingatkan yang lain!

Kalau Anda membagikan artikel ini ke teman atau keluargamu, meskipun mereka hanya membaca 1 paragraf pertama diatas dan juga menyadari 1 hal penting tentang penggunaan internet untuk kebaikan, bisa jadi mereka juga akan mulai membagikan sesuatu yang positif.

Jika apa yang mereka lakukan akan juga diikuti oleh orang yang lainnya, maka penyebaran informasi yang bermanfaat dan juga penyebaran kebaikan akan banyak terjadi di sekitar kita. Semua dimulai dari 1 orang dan orang yang lainnya akan mengikuti.

2. Jika menemukan artikel bermanfaat di blog ini maupun situs lainnya, jangan lupa juga untuk membagikannya di media sosial atau tempat lainnya

Tombol share di situs atau blog itu sebenarnya juga berguna memudahkan kita semua untuk membagikan informasi bermanfaat di media sosial yang kita gunakan. Tapi pastikan bahwa tulisannya masuk akal dan juga bukan berita palsu.

Hati-hati membagikan berita politik karena bisa jadi itu sebenarnya tidak benar meskipun dilakukan oleh media-media besar. Karena kita tidak pernah tahu kepentingan politik apa yang disebarkan melalui suatu pemberitaan.

Baca juga: 21 Tips dan Trik Menggunakan Google Chrome

Namun jika Anda menemukan tulisan di blog tentang panduan melakukan sesuatu dan Anda pikir panduan tersebut benar adanya, silahkan untuk dibagikan.

Saran saya, hati-hati juga dalam membagikan tulisan yang bermuatan foto yang mengumbar aurat baik laki-laki maupun perempuan. Takut dosa saja sih meskipun saya bukan orang alim.

3. Share informasi positif di internet juga bisa dilakukan menggunakan aplikasi WhatsApp dan sebagainya

Selain share tulisan di media sosial seperti Facebook, Anda juga bisa menyebarkan link tulisan ke WA teman atau keluarga.

Beberapa yang lainnya kadang meng-copy paste tulisan dan menyebarkannya. Boleh juga sih, tapi pastikan Anda minta izin dulu ke penulisnya ya.

Dengan aplikasi seperti WA dan lain-lain, Anda juga bisa memasang foto profil tentang hal yang positif seperti menggunakan foto sebuah kutipan yang memotivasi dan sebagainya. Bisa juga dengan meng-update status berupa gambar atau teks yang membantu orang lain seperti informasi bisnis tertentu, kutipan do'a dan masih banyak lagi.

4. Ingatkan orang lain untuk melakukan kebaikan di saluran YouTubemu

Selain media sosial dan aplikasi pengirim pesan, Anda juga bisa mengunggah video yang menginspirasi menggunakan saluran YouTube yang Anda bangun.

Apalagi jika Anda ingin jadi YouTuber tapi bingung mau merekam video apa, rekam saja video tentang cerita kebaikan yang pernah Anda lihat.

Atau mungkin saran tentang kebaikan seperti apa yang perlu kita lakukan untuk menjaga lingkungan? Saya kira banyak yang bisa kita lakukan.

Dan, hal itu juga selain bisa membantumu mendapatkan penghasilan, Anda juga bisa sambil melakukan kebaikan. Siapa tahu dengan hanya modal 1 video tentang kebaikan, pahalanya bisa mengalir terus untukmu.

5. Hindari menyebarkan informasi tentang aib seorang selebriti atau terlibat percakapan mengenai topik tersebut

Informasi mengenai apa yang dilakukan oleh selebriti biasanya kalau bukan prestasi, ya sesuatu yang kontroversi. Untuk hal yang kontroversi, baiknya dihindari karena pertanyaan utamana jika Anda terlibat hanya ada 1: Apa gunanya buat hidupmu?

Saya akui memang kita bahkan saya juga pernah sesekali terpancing untuk memberikan komentar tentang hal kontroversi yang dilakukan oleh artis tertentu. Namun ketika saya pikir ulang, yang saya lakukan itu tidak ada gunanya sama sekali.

Jadi, menghindari percakapan yang kontroversial juga bisa menjadi langkah tepat untuk melakukan kebaikan. Apalagi untuk selebriti yang hanya bermodal paras cantik atau ganteng tapi tidak ada prestasi sama sekali. Jauh-jauh deh!

Demikian yang bisa saya sampaikan saat ini. Dan sebenarnya masih banyak yang bisa kita lakukan untuk berbuat baik dengan memanfaatkan internet. Jika Anda setuju dengan apa yang baru saja saya tulis, silahkan mulai bagikan artikel ini. Semoga kita semua bisa tetap berbuat baik dimanapun dan dengan apapun.


EmoticonEmoticon